Sebagai pebisnis online, Anda pastinya ingin menjual produk sebanyak mungkin. Oleh sebab itu, tak hanya mengandalkan desain website, Anda juga perlu memiliki kemampuan marketing. Untuk produk baru, karena masih belum banyak referensi yang mengarah ke produk Anda, jadi orang pun juga belum seberapa mengenal produk tersebut. Nah, berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan penjualan pertama dalam waktu sepuluh hari.
1. Pemasaran Melalui Email
Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah pemasaran melalui email. Untuk hal ini, Anda perlu memiliki data email dari para pengunjung situs Anda. Anda bisa meminta pengunjung untuk mengisi form singkat tentang data diri, salah satunya email. Tapi ingat, form-nya jangan terlalu panjang agar orang tidak malas mengisinya. Cukup terdiri dari nama dan alamat email saja. Setelah mendapatkan alamat email pengunjung, Anda pun bisa mengirimkan email secara berkala untuk menawarkan produk baru Anda.
2. Manfaatkan Google Shopping
Menunggu pembeli datang ke website Anda untuk menemukan barang yang mereka cari tentunya bukan hal yang pasti, bukan? Daripada menunggu hal yang tak pasti seperti ini, akan jauh lebih baik jika Anda melakukan cara sebaliknya. Bukannya membuat pembeli mencari produk Anda, tapi Andalah yang menunjukkan produk pada pembeli. Caranya, Anda bisa menggunakan Google Shopping. Google Shopping memungkinkan Anda mencantumkan produk dan ketika ada pembeli yang mencari produk serupa, maka Google akan memunculkan toko Anda di mesin pencari.
3. Media Sosial
Lagi-lagi media sosial. Banyaknya jumlah orang yang mengakses media sosial menjadikannya media yang sangat tepat untuk kegiatan marketing. Anda harus memiliki akun media sosial untuk ini. Melalui media sosial, Anda bisa mengenalkan produk baru, baik melalui Instagram maupun Facebook bahkan Twitter. Instagram dan Facebook memiliki cukup banyak pengguna aktif. Kalau Anda ingin melakukan penjualan, lakukan lewat dua media sosial ini. Selain me-review produk secara singkat, Anda juga perlu mencantumkan konten visual berupa gambar atau video terkait produk Anda. Konten visual mampu menarik lebih banyak calon pembeli dibanding kumpulan teks biasa.
4. SEO
Google AdWords adalah fitur yang dimiliki Google untuk membantu Anda mendapatkan keyword yang tepat. Pilih keyword dengan search terbanyak agar semakin besar peluang produk Anda muncul di mesin pencarian Google. Semakin banyak orang yang mengeklik tautan tersebut, akan semakin sering website Anda dikunjungi. Untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam mesin pencarian, long tail keyword juga perlu Anda pertimbangkan. Pasang keyword ini di seluruh situs Anda, mulai dari webpage copy, tulisan di blog, hingga homepage. Jika perlu, sertakan juga keyword pada caption gambar dan deskripsi meta.
Kunci untuk mendapatkan penjualan pertama dalam waktu sepuluh hari adalah Anda harus gencar mengenalkan produk pada konsumen, baik melalui SEO, media sosial, email, dan Google Shopping. Semakin banyak produk Anda muncul di keempat tempat tadi, maka semakin dikenal produk Anda dan berpeluang untuk terjual.