Setiap orang yang membangun atau mendirikan bisnis pasti ingin memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen. Selain itu, yang paling diinginkan adalah mempertahankan pelanggan. Ini merupakan hal yang tidak mudah dilakukan, karena sifat masing-masing pelanggan memiliki kesukaan lain-lain. Nah, bagi para pebisnis selalu mencari cara mempertahankan pelanggan demi kualitas bisnis mereka. Seperti berikut ini cara mempertahankan pelanggan untuk bisnis Anda.
1. Memahami Keinginan Pelanggan
Sebagai seorang pengusaha memahami keinginan pelanggan memang harus dilakukan. Sebab, itu merupakan feed back dari konsumen kepada bisnis Anda. Jika dirasa keinginan mereka baik untuk kemajuan bisnis Anda, silakan dicoba. Namun jika keinginan konsumen didasarkan pada keinginan diri sendiri maka dapat dipertimbangan terlebih dahulu. Dengan memahami keinginan pelanggan, maka Anda telah menjalankan cara mempertahankan pelanggan.
Baca juga : Sukses Berbisnis Kuliner dengan Menampilkan Keunikan Dari Bentuk Hingga Kemasan
2. Menentukan Tujuan
Jangan pernah ragu untuk menentukan tujuan dari perubahan bisnis Anda. Misalnya ingin menambahkan sesuatu produk yang baru atau sistem terbaru sebaiknya dipikirkan secara matang. Sebab, ketika adanya perubahan biasanya pelanggan cenderung ragu dengan sesuatu yang baru. Namun, ada juga yang antusias dengan sesuatu yang baru tersebut. Cara mempertahankan pelanggan seperti ini juga efektif, sebab Anda sebagai pebisnis akan menemukan banyak hal yang dapat memajukan dan menurunkan kualitas bisnis Anda.
3. Mengetahui Batasan
Sebelum Anda memberikan sesuatu yang baru, jangan lupa juga untuk mengetahui batasan Anda. Jangan sampai hanya karena ingin membahagiakan pelanggan, justru menyulitkan bisnis Anda. Hal seperti ini justru membuat bisnis Anda merugi dan tidak memiliki harapan. Untuk itu tidak ada salahnya memilih saran dan masukan dari pelanggan, cobalah jika memang baik untuk bisnis, namun jangan dicoba atau Anda dapat menyimpan masukan yang belum dapat direalisasikan dalam waktu dekat.
4. Berkomitmen
Dalam membangun atau mendirikan bisnis, hal yang terpenting lainnya adalah berkomitmen. Cara mempertahan pelanggan seperti ini sudah pasti wajib dilakukan. Sebab, pelanggan menentukan kemajuan bisnis Anda yang harus dilakukan adalah berkomitmen. Terutama untuk Anda yang membangun bisnis dalam hal atau bidang kuliner. Soal rasa harus menjadi komitmen utama dalam bisnis kuliner. Sekali saja Anda merubah komposisi makanan, maka akan berubah juga keinginan pelanggan. Boleh saja menambahkan menu, namun mempertahankan rasa itu yang sulit. Untuk itu, berkomitmen sangatlah dibutuhkan bagi siapa saja yang mendirikan sebuah bisnis.
Baca juga : Lakukan Bisnis Dengan Modal Rp 0 Ini, Namun Memiliki Untung Besar
5. Bersikap Ramah
Sikap dalam melayani pelanggan juga merupakan cara mempertahankan pelanggan. Sekali saja Anda melakukan kesalahan dalam melayani, misalnya melayani dengan judes atau kasar maka reputasi bisnis Anda akan merosot alias menurun. Sebab, pelanggan akan mengatakan bahwa pelayanan yang buruk mencerminkan kualitas suatu bisnis yang buruk juga. Untuk itu, cobalah memeberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Ungkapan pelanggan adalah raja memang benar, namun tidak selalu dirajakan. Sebab, Anda memiliki tujuan dalam membangun bisnis, bukan mereka.
Itulah beberapa cara mempertahankan pelanggan agar tetap menjadi pelanggan dalam bisnis Anda. selain itu, berikanlah hadiah kecil untuk mereka yang setia menjadi pelanggan Anda. Misalnya, memberikan diskon atau gratisan sebagai tanda terima kasih Anda dan hadiah bagi pelanggan. Dengan melakukan hal seperti itu, siap-siap pelanggan akan semakin bertambah. Sebab, pelanggan akan merasa diperhatikan oleh Anda dan merasakan senang.