Merasa marah adalah hal biasa karena kita adalah manusia. Namun, kita tidak bisa membiarkan amarah menang sepanjang waktu, kita tidak bisa membiarkan amarah mengendalikan diri kita. Kita lah yang harus mengendalikan amarah. Jadi bagaimana cara mengendalikan amarah? Ini sembilan tips sederhana yang bisa kamu lakukan sehari-hari:

1. Tarik napas dan istirahat sebentar

control anger

Cara mengendalikan amarah yang paling pertama, sebelum mencoba melakukan yang lain, adalah dengan tarik napas panjang. Kendalikan tubuhmu.

Selanjutnya, luangkan waktu sejenak untuk istirahat. Waktu istirahat bukan hanya untuk anak kecil saja, kamu tahu itu bukan? Izinkan dirimu untuk istirahat saat kamu cenderung merasa stres atau tertekan, yang merangsang munculnya amarah. Terkadang waktu tenang adalah yang kamu butuhkan untuk menjernihkan dan menenangkan pikiran.


2. Tenangkan diri sendiri

calm yourself - controlling anger

Bayangkan sesuatu yang kamu suka, sesuatu yang membuatmu merasakan ketenangan. Saat kamu merasa marah, cobalah untuk membayangkan sesuatu tersebut hingga kamu merasa tenang. Begitu kamu tenang, kamu dapat mengungkapkan kemarahanmu, tapi ungkapkan dengan jelas dan langsung tanpa mengucapkan kata-kata yang menyakiti orang lain.

Ingatlah untuk berpikir sebelum berbicara karena begitu kata-kata tersebut keluar dari mulutmu, kamu tak bisa menariknya kembali.

jasa cetak di jakarta


3. Minum air

drink some water - controlling anger

Tubuhmu akan tenang saat kamu minum air. Jadi kapan pun kamu mulai merasa marah, ambil dan minum air. Cara mengendalikan amarah yang sangat sederhana.


4. Olahraga

exercise - controlling anger

Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas-aktivitas fisik dapat membantu mengurangi stres, yang mungkin merupakan penyebab amarah. Kamu tidak harus melakukan olahraga berat. Cukup berlari atau berjalan cepat saat kamu merasa amarahmu memuncak.


5. Meditasi

meditation to control anger

Latih pikiranmu melalui meditasi. Keluarkan kebijaksanaan batinmu, tolak pikiran-pikiran negatif. Jika kamu memiliki pikiran yang terlatih, kamu akan mampu menangani segala macam situasi secara rasional dan bijaksana.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengubah Diri Menjadi Lebih Baik? 9 Ide Hebat untuk Mulai Kamu Lakukan!


6. Tertawa lebih sering

laugh more often - controlling anger

Tertawa memiliki pengaruh positif untuk tubuhmu. Kamu perlu tertawa lebih sering. Temukan alasan-alasan untuk tertawa.


7. Apa pemicunya?

think about your triggers - controlling anger

Gunakan waktu untuk duduk dan merenung. Pikirkan semua aktivitas yang memiliki kemungkinan besar untuk memicu amarah dalam dirimu, bisa berupa apa saja. Berjanjilah pada diri sendiri bahwa kamu akan berusaha yang terbaik untuk mengeliminasi semua pemicunya. Kamu hidup hanya satu kali, jadi jalani hidup yang bahagia.


8. Apa hasratmu?

channel anger into passion

Cara mengendalikan amarah yang lainnya adalah dengan menyalurkan amarahmu seperti kamu menyalurkan hasratmu. Hasrat adalah sesuatu yang mengagumkan. Kamu memerlukan hasrat dalam menjalani hidup, karena tanpa hasrat hidup tak akan bermakna.

Walaupun berbeda dari hasrat, kemarahan juga dapat disalurkan dengan cara yang sama. Kamu bisa mulai memanfaatkan amarah untuk menjadi lebih produktif, untuk menghasilkan sesuatu.


9. Membantu orang lain

help other people - controlling anger

Rasanya sangat menyenangkan saat kamu membantu orang lain tanpa memikirkan diri sendiri. Misalnya, kamu dapat menghabiskan waktu di sebuah kafe bersama seorang teman, dengarkan keluh kesah mereka. Jaga hubungan baik dengan orang lain.

Artikel terkait: 7 Cara Memaafkan Diri Sendiri dan Tak Lagi Hidup pada Masa Lalu