Apa aset paling berharga dari perusahaan Anda? Para karyawan. Itulah mengapa Anda harus membuat mereka merasa spesial dan berharga. Perlakukan mereka sebagaimana mestinya. Inilah enam cara menjaga hubungan baik dengan karyawan yang terbukti ampuh:
1. Anda bosnya, tapi tidak perlu bertingkah seperti seorang bos
Para karyawan sudah tahu bahwa Anda adalah bosnya, Anda memiliki kewenangan. Tapi Anda tak perlu menekankan fakta dengan bertingkah superior di depan karyawan Anda. Jangan membuat karyawan merasa rendah. Mereka akan takut terhadap Anda, tapi mereka tidak menghormati Anda.
Rasa hormat itu dihasilkan, bukan diberikan. Perlakukan orang sebagaimana Anda sendiri ingin diperlakukan. Jika Anda tidak menghormati dan menghargai karyawan Anda, bagaimana Anda bisa berharap mereka menghormati Anda? Misalnya, jika Anda tiba di kantor dan tak pernah atau jarang menyapa karyawan, jangan berharap mereka akan menyapa Anda.
2. Anda harus terbuka dengan para karyawan
Cara menjaga hubungan baik dengan karyawan yang berikutnya adalah dengan tidak menyimpan rahasia dari mereka, kecuali jika itu adalah sesuatu yang memiliki aturan tentang kerahasiaan.
Kepercayaan adalah sebuah faktor penting dalam membangun hubungan baik, bukan hanya dengan karyawan, tetapi dengan orang lain pada umumnya. Jadi berbagilah informasi dengan mereka, terbukalah.
3. Biarkan para karyawan tahu Anda dapat mengandalkan mereka
Membiarkan para karyawan tahu bahwa mereka dapat diandalkan adalah cara menjaga hubungan baik dengan karyawan selanjutnya. Pastikan Anda memberitahu mereka bahwa Anda dapat bergantung kepada mereka. Berikan karyawan tanggung jawab yang jelas. Beritahu mereka bahwa mereka memegang peranan penting dalam membawa keberhasilan lebih banyak terhadap perusahaan.
4. Lebih banyak energi positif
Anda sebaiknya lebih banyak menebarkan energi positif di kantor. Emosi, seperti sebuah virus, sangat mudah menyebar. Jika Anda menebarkan emosi negatif, seperti amarah dan frustrasi, maka karyawan Anda akan merasakan hal yang sama juga. Sebaliknya, jika Anda menebarkan energi positif, seperti optimisme, maka akan terdapat energi baik di kantor. Apa yang Anda rasakan dapat memengaruhi orang lain.
5. Mintalah pendapat dari karyawan dan berusaha dengan nyata untuk berubah
Banyak pemimpin atau bos yang merasa mereka sangat disukai, padahal pada kenyataannya tidak. Anda mungkin merasa diri Anda mudah untuk disukai, tetapi itu hanyalah persepsi Anda sendiri.
Cobalah untuk meminta pendapat dari para karyawan, dan minta mereka untuk menjawab dengan jujur. Anda akan terkejut saat membaca atau mendengar jawaban jujur mereka. Berikutnya, belajarlah untuk menerima saran dan kritik, jangan Anda sangkal. Buatlah usaha nyata untuk berubah sehingga Anda menjadi lebih disukai dari sebelumnya.
6. Cukup jadi diri Anda sendiri
Saran terakhir, jadilah diri Anda sendiri. Jangan berpura-pura menjadi seseorang yang bukan Anda. Jangan menjadi palsu. Jika Anda adalah orang yang hebat, para karyawan akan mencintai kehebatan Anda. Jika Anda memiliki kelemahan, para karyawan akan mengerti, karena tak ada manusia yang sempurna. Tapi Anda harus mencoba untuk memperbaiki diri sendiri demi diri Anda dan perusahaan Anda.
Baca juga: 6 Cara Keren Agar Karyawan Tahu Anda Menghargai Mereka