Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Apakah para karyawan penting bagi Anda? Bukankah ide yang bagus memberitahu orang-orang yang penting bagi Anda seberapa Anda menghargai mereka? Inilah enam cara menghargai karyawan yang bisa Anda ikuti:

1. Ucapkan TERIMA KASIH

say thank you

Cara pertama sangat sederhana, yang perlu Anda lakukan adalah menyampaikan rasa terima kasih kepada karyawan atas bantuan mereka. Mengucapkan terima kasih adalah bentuk ungkapan terima kasih paling sederhana namun paling ampuh.

Mengucapkan terima kasih menyiratkan bahwa Anda memperhatikan pekerjaan mereka dan Anda memberitahu mereka betapa apa yang mereka kerjakan penting bagi perusahaan. Namun tentu saja, Anda harus mengucapkannya secara personal dan dengan tulus, karena orang dapat membedakan ungkapan terima kasih yang tulus dan yang tak tulus.

uprint.id


2. Penuh perhatian

be all ears

Adakan acara di luar kantor. Tak perlu sangat sering, namun Anda harus melakukannya terkadang. Makan siang dengan para karyawan dan berbicara lah mengenai hal-hal yang tak ada hubungannya dengan kantor dan pekerjaan mereka.

Tanyakan mereka apa saja hasrat, mimpi dan tujuan masa depan mereka. Perhatikan dengan sungguh-sungguh, bagikan pikiran Anda dan beritahu mereka bagaimana Anda dapat membantu mereka.

Atau, Anda bisa menjadwalkan kegiatan-kegiatan menyenangkan dan menarik untuk dilakukan bersama-sama di luar jam kerja.

Melakukan kegiatan-kegiatan seperti yang telah dijelaskan akan membuat karyawan merasa lebih senang. Karyawan perlu tahu bahwa mereka dihargai dan dicintai.


3. Biarkan karyawan lain tahu

letting other employees know

Selain mengungkapkan rasa terima kasih secara pribadi, Anda juga dapat menghargai para karyawan di hadapan publik, seperti dalam rapat dengan tim. Pada saat mengadakan pertemuan, beritahukan kepada seluruh peserta bahwa Anda berterima kasih atas bantuan karyawan-karyawan yang telah membantu Anda. Pengakuan seperti itu menunjukkan apresiasi. Pada umumnya orang senang mendapatkan pujian. Tapi tentu saja, Anda harus menemukan cara agar apresiasi tersebut keluar secara alami pada saat rapat.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengubah Diri Menjadi Lebih Baik? 9 Ide Hebat untuk Mulai Kamu Lakukan!


4. Kesempatan karir

brock o hurn

Cara keren lainnya untuk menunjukkan kepada karyawan bahwa Anda menghargai mereka adalah dengan menemukan kesempatan karir bagi mereka. Beri mereka kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Biarkan mereka tahu Anda yakin akan kemampuan mereka, bahwa mereka akan mampu memberikan performa terbaik jika diberikan kesempatan.


5. Membiarkan pintu terbuka

open door policy

Interaksi dengan karyawan penting untuk menjaga hubungan baik. Seringlah mengobrol dengan karyawan Anda. Kapan pun memungkinkan, biarkan pintu ruangan Anda terbuka. Membiarkan pintu terbuka dan mengobrol dengan santai bersama karyawan menunjukkan bahwa Anda menghargai karyawan Anda bukan hanya sebagai karyawan, tetapi juga sebagai manusia.


6. Traktir

berliner-breakfast-bun-cake-41300

Mentraktir karyawan mungkin terdengar bodoh dan konyol di telinga Anda, namun tidak bagi karyawan Anda. Misalnya, Anda bisa membawakan mereka donat atau yang lainnya agar mereka tahu bahwa Anda menghargai kerja keras mereka. Mungkin sesederhana itu, tetapi orang menghargai hal-hal kecil. Hal-hal kecil lah yang paling penting.

Artikel lain: Cara Agar Tidak Mudah Lupa Ada 7, Apa Saja?