Punya bidang dinding yang masih kosong di rumah? Jika ingin mendekorasinya tapi bingung harus dengan cara apa, photo wall dapat menjadi opsi yang oke. Lebih dari sekadar pajangan, photo wall juga bisa menjadi media untuk menunjukkan momen-momen berharga Anda dengan orang-orang tersayang. Nah, agar photo wall terlihat cantik dan menyatu dengan interior ruangan, Anda bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini.

1. Tentukan Tema Photo Wall

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika berniat memasang photo wall adalah menentukan tema. Pilihan tema ini bisa bermacam-macam, mulai dari foto liburan keluarga, foto bersama teman-teman, foto bernuansa hitam dan putih, atau foto yang hanya menampilkan lanskap kota. Adanya tema akan memudahkan Anda untuk memilih foto apa saja yang akan dipajang di dinding nanti.

2. Gunakan Satu Jenis Bingkai Foto

Setelah menentukan tema dan memilih foto-foto yang sesuai, kini saatnya Anda membingkai foto tersebut. Nah, untuk menghasilkan dekorasi photo wall yang terlihat seragam dan simetris, usahakan untuk menggunakan satu jenis bingkai foto saja. Jenis bingkai foto ini bisa Anda pilih berdasarkan banyak hal, misalnya berdasarkan bahan pembuatan seperti bingkai kayu atau metal. Bisa juga dipilih berdasarkan warna bingkai yang Anda sukai.

3. Pilih Style Photo Wall yang Disukai

Ada beragam style yang bisa Anda pilih untuk diterapkan pada photo wall. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah desain simetris. Untuk style ini, idealnya Anda harus menggunakan bingkai yang benar-benar seragam, mulai dari warna, ukuran, bahan, dan bentuknya. Desain photowall yang simetris akan membuat interior rumah Anda terlihat “bersih”.

Style photo wall yang juga tak kalah populer adalah yang dipajang di sepanjang tangga. Anda bisa mengatur foto-foto sedemikian rupa sehingga menyampaikan suatu cerita. Misalnya, pada bagian bawah tangga, pajanglah foto anak saat ia masih berusia setahun. Semakin ke atas, semakin bertambah pula usia anak dalam foto yang Anda pajang.

4. Atur Dulu Tata Letaknya Sebelum Dipasang di Dinding

Tata letak seperti apa yang ingin Anda terapkan dalam pemasangan photo wall? Jangan buru-buru langsung memasangnya di dinding. Sebaiknya, atur dulu bingkai-bingkainya di atas lantai atau menggambar denah peletakannya pada secarik kertas. Jika sudah menemukan tata letak yang paling sesuai, ukur jarak antar bingkai foto dan tandai dinding untuk memudahkan Anda memasang photo wall.

5. Letakkan Bingkai Terbesar di Bagian Tengah

Apabila Anda menggunakan bingkai foto dengan beragam ukuran, sebaiknya letakkan bingkai ukuran terbesar di bagian tengah photo wall. Baru setelah itu pasang bingkai berukuran lebih kecil di sekitarnya. Hal ini akan membuat photowall Anda tampak seimbang.

6. Tidak Harus Selalu Menggunakan Foto

Tergantung dari tema yang diterapkan pada photowall, penting pula untuk diingat bahwa photo wall tidak harus selalu menggunakan foto. Jika menginginkan sedikit variasi, Anda bisa menambahkan lukisan, cetakan poster, atau cermin di sela-sela photo wall Anda. Adanya variasi dapat memberikan sentuhan yang lebih stylish pada photo wall.

Photowall dapat menjadi alternatif bagus bagi Anda yang ingin mendekorasi dinding rumah. Jangan lupa menerapkan berbagai tips di atas agar photowall Anda terlihat rapi dan cantik.