Ketika lebaran datang, maka pasukan kue kering akan berhamburan datang untuk siap disantap. Siapa sih yang bisa menolak pesona kue kering? Meski di luar lebaran kita juga masih bisa mencicipinya, tapi kue kering lebaran seperti punya sentuhan tersendiri. Namun ternyata nggak cuma kue kering lo yang dicari di saat lebaran, 3 cemilan khas lebaran berikut ini juga punya die hard fans. Apa sajakah cemilan tersebut?

1. Kacang Bawang

cemilan khas lebaran kacang bawang

Olahan kacang tanah ini selalu jadi rebutan saat lebaran tiba. Bahkan ada yang sampai menyembunyikan setoples kacang bawang saking takutnya nggak kebagian. Kita bisa lo bikin sendiri kalau mau. Caranya begini; kacang tanah direbus dengan santan dan ulekan bawang putih serta garam. Setelah santan dan bumbu meresap, tiriskan dan biarkan dulu beberapa jam. Setelah meresap, panaskan minyak. Goreng kacang hingga keemasan. Jika sudah dingin, masukkan ke toples. Jangan lupa taburi bawang goreng agar lebih nikmat.

Baca juga: Tidak Mau Bosan Saat Mudik Lebaran? Ikuti 7 Tips Ini!

2. Cheese Stick

cemilan khas lebaran cheese stick

Cemilan khas lebaran berikutnya yang juga selalu jadi rebutan yaitu cheese stick. Kalau sudah mengunyah cemilan ini, mulut rasanya pahit kalau berhenti. Jadi biar nggak pahit, lanjut terus deh ngemilnya. Sambil nunggu berbuka puasa, yuk kita bikin cheese stick sendiri. Siapkan tepung terigu, sagu, garam, kaldu bubuk dan keju, lalu campur ke dalam baskom, aduk hingga rata. Setelah itu masukkan telur, aduk lagi hingga rata. Secara perlahan, masukkan margarin ke dalam adonan. Lalu aduk rata dan uleni hingga kalis. Kalau adonan terlalu kering, tambahkan air sedikit demi sedikit.

Baca juga: Makan Sehat Saat Perayaan Lebaran? Bagaimana Caranya?

Setelah adonan siap, giling adonan hingga tipis atau sesuaikan saja dengan selera kita. Setelah itu taburkan tepung sagu. Adonan pun siap dipotong-potong dengan pisau hingga berbentuk stick. Tahap terakhir, panaskan minyak lalu goreng stick dengan api kecil hingga kuning kecoklatan. Voilaaa, cheese stick kita siap disantap. Jangan sampai kalap lo ya, takutnya lebaran belum datang, cheese stick sudah hilang.

3. Kembang Goyang

cemilan khas lebaran kembang goyang

Kalau dua cemilan di atas masih cukup mudah dicari, nah cemilan yang ini sudah cukup langka. Nggak di semua rumah kita bisa menemukannya. Kalaupun ada, biasanya citarasa sudah berbeda dengan kembang goyang yang banyak kita temui waktu kecil dulu. Biar nggak kecewa, sepertinya lebih asyik bikin sendiri ya.

Siapkan tepung beras, tepung tapioka, tepung terigu, telur, santan, gula pasir, garam dan vanili. Siapkan juga cetakan kembang goyangnya ya. Masukkan semua bahan itu menjadi satu di wadah, aduk hingga rata. Jangan sampai menggumpal. Panaskan minyak, celupkan cetakan ke dalam minyak sebentar, lalu celup cetakan ke dalam adonan. Jangan sampai tenggelam, angkat, lalu masukkan cetakan yang sudah ada adonannya ke dalam minyak. Goyang-goyang agar adonan terlepas dari cetakan. Ulangi terus hingga adonan habis. Goreng adonan hingga warnanya kuning keemasan. Angkat dan tiriskan, kalau sudah dingin bisa disajikan di toples.

Baca juga: Takut Makan Opor Ayam? Tak Perlu Lagi Setelah Tahu 5 Manfaatnya

Di antara ketiga cemilan khas lebaran di atas, manakah yang sahabat Uprint.id paling sukai? Selamat menikmati lebaran spesial bersama keluarga. Jangan lupa jika butuh kartu lebaran, cetak saja di Uprint.id.