Makalah, merupakan jenis karya tulis ilmiah yang memiliki tema tertentu. Biasanya yang membuat makalah ini berasal dari kalangan pelajar serta mahasiswa. Melalui riset serta penelitian yang menghasilkan data valid. Jika Anda sedang mencari referensi untuk membuat makalah cobalah melihat contoh makalah dalam bentuk video berikut.

Baca juga : Manfaat dan Fungsi Buku Agenda untuk Kehidupan Lebih Teratur

Makalah berisikan tulisan yang membahas beragam karya ilmiah. Setelah selesai membuat makalah hal selanjutnya yang dilakukan adalah mempresentasikan hasil riset Anda tersebut. Membuat makalah juga dapat memiliki beragam fungsi seperti :

  1. Memperluas wawasan ilmiah si penulis.
  2. Melatih penulis agar mampu menghasilkan karya tulis yang baik dan benar.
  3. Memberikan manfaat bagi perkembangan konsep keilmuan dan dapat menjadi pemecah permasalahan yang sedang diteliti.
  4. Memberikan sumbangan pemikiran baik itu praktis maupun secara teoritis.

Selain fungsi, pembuatan makalah yang baik dan benar juga memiliki beragam unsur seperti berikut :

  1. Makalah yang dibuat harus original, dan memang dibuat langsung oleh penulis.
  2. Jika mengambil dari berbagai sumber, di dalam makalah harus menyertakan sumber yang menjadi referensi. Dengan begitu tidak akan ada unsur plagiarisme.
  3. Makalah harus menggunakan bahasa yang jelas, sederhana, namun informasi yang diberikan dapat tersampaikan kepada pembaca.
  4. Data dalam makalah yang digunakan juga harus memiliki nilai validitas yang tinggi serta analisis dan interpretasi yang objektif.
  5. Buatlah makalah yang sistematis, sehingga mempermudah para pembaca ketika mereka membutuhkan referensi.

Baca juga : 5 Karakter yang Umumnya Dimiliki Freelancer Sukses

Secara umum, makalah terdiri dari cover, kata pengantar, daftar isi, bab 1 pendahuluan (latar belakang, rumusan masalah, maksud dan tujuan), bab 2 pembahasan, bab 3 penutup, daftar pustaka, dan yang terakhir adalah lampiran. Dalam bab 2 pembahasan Anda dapat membahas semua penelitian yang sudah dilakukan. Buatlah pembahasan yang simpel tidak bertele-tele dan terutama harus to do point. Sehingga memudahkan Anda saat mempresentasikan makalah tersebut. Namun pada bab sebelumnya, Anda juga diminta menuliskan alasan memilih topik tersebut, menjelaskan permasalahannya secara singkat seperti sinopsis, kemudian maksud dan tujuan Anda membahas topik tersebut. Buatlah tema atau topik yang menarik dan belum pernah digunakan oleh peneliti lainnya.

Nah, contoh makalah ini akan membantu dan meberi tahukan Anda mengenai langkah-langkah membuat makalah yang baik dan benar. Namun, tidak lupa juga untuk memberikan data-data yang valid dan memang sesuai dengan pokok permasalahannya.

Contoh Makalah