Indonesia itu luas lho Brother! Dari Sabang sampai Merauke semua bisa dikunjungi saat liburan. Akan tetapi, banyak orang yang menghambur-hambur uang demi liburan dan akhirnya kehabisan tabungan. Jadi kamu bisa sesuaikan dengan budget yang dimiliki, kalau memang pas-pasan jangan mencoba untuk mengunjungi destinasi yang jauh dari tempat tinggalmu.
Ingin berlibur tapi masih terhalang masalah dana, nih ? Deretan destinasi liburan hemat di kantong bagi mahasiswa ini patut dicoba. Don’t worry to be happy!

1. Yogyakarta

liburan-hemat-5
Sudah bukan rahasia lagi kalau kota pelajar, Yogyakarta, memang merupakan destinasi liburan yang ramah di kantong. Mulai dari penginapan, transportasi, makanan, serta oleh-oleh cantik semua dibanderol dengan harga yang terjangkau. Di Jogja Brother juga bisa mengunjungi Malioboro, Candi Prambanan, Candi Borobudur, Keraton, Alun-alun, Pantai Parangtritis, Pantai Baron, Pantai Indrayanti, serta kawasan Wisata Mangunan yang belakangan ini hits di kalangan pengguna Instagram.

2. Surabaya 

liburan-hemat-6
Surabaya adalah kota terbesar kedua setelah Ibukota Jakarta. Tak heran jika pengunjung yang datang untuk berlibur selalu bertambah setiap harinya. Apalagi saat ini pembangunan kota Surabaya sedang getol-getolnya. Ada banyak pusat perbelanjaan harga grosir, juga beberapa tempat rekreasi yang menarik. Seperti, Suroboyo Carnival & Night Market, Monumen Kapal Selam, Museum Tugu Pahlawan, Museum Rokok House of Sampoerna serta yang paling baru, Jembatan Suroboyo.

3. Batu – Malang

liburan-hemat-3
Selain Surabaya, Jawa Timur juga punya kota wisata lain yang saying untuk dilewatkan. Coba saja kunjungi kota Batu – Malang, bro. Berbeda dari kota sebelumnya, Batu – Malang ini banyak menyediakan wisata alam yang menyejukkan mata dan hati. Dua diantaranya yang tengah populer adalah Coban Rais dan Coban Talun. Meski sama-sama menawarkan wisata berupa air terjun, masing-masing menyediakan spot foto yang menarik untuk dibagikan di media sosial.

4. Bandung

liburan-hemat-1
Kota wisata hemat bagi mahasiswa yang selanjutnya jatuh pada kota Bandung. Udara sejuk dan dingin kota ini tentunya bisa mengobati lelah. Di Bandung brother bisa mencoba beberapa destinasi wisata menarik. Mulai dari Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih, Ranca Upas, Gedung Sate, hingga Trans Studio.
Soal makanan pun Bandung punya beragam jajanan khas yang murah meriah, seperti cimol, batagor, siomay, dan seblak. Ingin membeli buah tangan? Tak perlu khawatir, banyak fashion outlet di kawasan Dago.

5. Bali

liburan-hemat-2
Pulau Bali memang paling popular sebagai destinasi liburan banyak orang. Tak heran, banyak turis mancanegara yang rela datang jauh-jauh untuk menikmati pemandangan laut di sana. Meskipun tidak sepenuhnya ramah di kantong, toh Bali masih menjadi tempat favorit para mahasiswa untuk berlibur. Ada banyak pantai yang bisa dikunjungi, Kuta, Dreamland, Padang-Padang, dan Lovina, atau lainnya.
Untuk menghemat biaya, cobalah untuk menjadi seorang Backpacker. Pilih akomodasi yang benar-benar murah. Seperti menginap di hostel, makan di tempat kaki lima, dan untuk transportasi sewa motor saja. Menarik untuk dicoba, bukan?

6. Lombok

liburan-hemat-4
Nah, bagi mahasiswa yang tinggal di Bali dan bosan dengan destinasi-destinasi tadi, cobalah untuk mengunjungi pulau seberang. Di Nusa Tenggara Barat, khususnya Lombok, ada banyak juga tempat menarik yang bisa didatangi. Bawa saja kendaraan pribadi sehingga bisa keliling Lombok dengan biaya yang lebih terjangkau. Untuk tempat menginap, ada banyak hostel atau guest house yang bisa disewa. Datang ramai-ramai bisa jadi liburan hemat!

Bagaimana ? Sudah rencanakan destinasi liburan hemat terdekat?