Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Jika Anda ingin mencari inspirasi ketika hendak memulai bisnis, cobalah ikuti langkah figur hari ini. Ia adalah seorang bos e-commerce Bukalapak.com, namanya Achmad Zaky pemilik sekaligus CEO yang memiliki semangat luar biasa dalam bisnis. Nah, Anda dapat mencontoh semangat serta kegigihan Zaky dalam membangun bisnis e-commerce ini. Bahkan figur hari ini, dapat menjadi contoh untuk menambah semangat dan niat Anda membangun sebuah bisnis. Awalnya Zaky membuka Bukalapak.com dengan tujuan untuk memberikan fasilitas untuk para pegiat UMKM yang ingin bisnisnya dikenal masyarakat luas. Dia hanya fokus dengan para pebisnis UMKM, hingga akhirnya terpikir untuk membuat sebuah wadah berkumpulnya para pebinis kecil.

Baca juga : Tips Penting yang Harus Dipelajari Jika Ingin Menjadi Pebisnis. Salah Satunya Penting Banget!

Pria lulusan Teknik Informatika di Institut Teknologi Bandung ini mengalami kejadian yang membuatnya dapat membuka pikiran untuk mulai berbisnis. Kejadian inilah awal dari Bukalapak.com. Ia sama seperti pemuda pada umumnya, setelah lulus kuliah memutuskan untuk bekerja. Namun, yang ia dapatkan adalah berbagai penolakan dari beberapa perusahaan yang dilamarnya. Kemudian, Zaky juga memiliki keahlian dan kesukaan tersendiri untuk membuat sesuatu atau bereksperimen. Ia bercerita bahwa dirinya sejak kecil sudah menyukai hal-hal baru yang bahkan belum pernah ditemuinya. Hingga akhirnya ia menunggu adanya lowongan kerja yang berhasil diapply dan diterima bekerja sambil melakukan kegiatan yang disukainya. Salah satunya yang ia hasilkan adalah Bukalapak.com ini.

Achmad Zaky lahir di Sragen, Jawa Tengah pada 24 Agustus 1986. Zaky mengatakan bahwa Bukalapak.com awalnya didirikan di sebuah kos-kosan pada awal 2010. Bersama teman kuliahnya, ia berusaha untuk membangun e-commerce ini menjadi sesuatu yang memiliki nilai lebih demi kemajuan UMKM. Dirinya mengaku tidak ingin berekspetasi lebih dengan apa yang dikerjakan, yang penting para pegiat bisnis UMKM dapat menjalankan bisnisnya lebih fokus dan tersalurkan. Karena ingin tetap melihat UMKM maju dan lebih berkembang, akhirnya ia tetap fokus mengembangkan Bukalapak.com. Padahal ia sempat terpikir untuk menutup platfrom e-commerce tersebut, namun gagal ia lakukan. Pada awalnya, Bukalapak.com ini didirikan hanya dengan modal Rp 80.000 saja, dengan alasan saat itu Zaky dan temannya tidak memiliki banyak dana untuk membeli domain. Hingga akhirnya ia mencari dan membeli domain dengan harga murah. Ternyata Bukalapak merupakan domain yang murah dan mudah diingat. Akhirnya terpilihlah domain dengan nama Bukalapak.com.

Baca juga : Trik Mempromosikan Bisnis dengan Melakukan Pemasaran Konten yang Berpengaruh Penting

figur hari ini 02

Dulu dua bulan sebelum memutuskan untuk menutup Bukalapak.com ia mendapatkan kabar yang luar biasa. Tiba-tiba ada investor yang tertarik untuk bekerjasama dengannya. Investor asal Jepang ini memberikan dana sebesar 2 Milyar Rupiah. Tanpa pikir panjang ia menerima tawaran tersebut untuk mengembangkan wadah untuk pegiat  UMKM ini. Sedikit harapan sudah mulai memancar ketika investor hadir memberikan dana tersebut. Mulailah ia dan temannya memperbaiki website dan lain-lain hingga menjadi sempurna dan semakin bertambah orang yang percaya dengan e-commerce mereka. Hingga akhirnya, ia merekrut 7 orang untuk dijadikan karyawan, dan kantornya pun hanya di sebuah kos-kosan. Awalnya sebuah harapan untuk memiliki karyawan lebih dari 7 dan sekarang Zaky memiliki sebanyak 2000 karyawan, jumlah yang luar biasa. Kendati sudah sukses, Zaky masih tetap banyak belajar dari prosesnya dan terutama para karyawannya. Ia juga tidak ingin berpuas diri, sebab masih banyak yang ingin ia eksplor untuk kesuksesan Bukalapak.com.

Inilah kisah figur hari ini yang dapat menjadi contoh ketika Anda belum mendapatkan pekerjaan tetap tidak ada salahnya untuk membuat sesuatu yang baru dan sesuai dengan apa yang Anda sukai. Selain itu, jangan pernah berhenti untuk mencoba dan terus bangkit jika ingin impian atau khayalan Anda terwujud sesuai rencana.