Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Merayakan tahun baru Imlek bersama keluarga, kerabat, serta pasangan akan menjadi sebuah perayaan yang mengesankan. Tahun ini, Imlek jatuh pada tanggal 5 Februari 2019, untuk itu jangan lupa memberikan hadiah Imlek kepada mereka. Namun, sebelum memberikannya pastikan Anda tidak memberikan hadiah dengan ragam hal seperti berikut ini.

1. Payung dan Benda Tajam (Simbol Putus Hubungan)

hadiah-imlek-02

Kata payung memiliki arti dan makna yang berbeda-beda. Jika orang jawa mengartikan payung sebagai pelindung, berbeda dengan orang tionghoa yang mengartikan payung sebagai lambang putus hubungan. Sama halnya dengan memberikan benda tajam, kedua hal ini tidak boleh diberikan sebagai hadiah Imlek.

Baca juga : Cetak Kartu Ucapan Imlek Secara Custom di Sini!

2. Jam Tangan atau Jam Dinding (kehabisan waktu)

hadiah-imlek-04

Biasanya orang memberikan hadiah berupa jam tangan kepada pasangan, kerabat, atau sahabat saat hari spesial. Namun, jangan coba-coba memberikan jam tangan atau jam dinding untuk dijadikan hadiah Imlek. Sebab, jam tangan atau jam dinding memberikan simbol kehabisan waktu. Bahkan, memberikan hadiah jam sama seperti menghadiri sebuah ritual pemakaman. Jadi jangan pernah sekali-sekali coba memberikan hadiah jam tangan atau jam dinding saat Imlek tiba.

3. Saputangan (simbol selamat tinggal)

hadiah-imlek-03

Jangan pernah juga memberikan hadiah Imlek berupa saputangan. Sudah sejak lama, benda yang satu ini identik dengan perpisahan. Orang biasanya memberikan saputangan saat akhir sebuah pemakaman dengan tujuan mengucapkan selamat tinggal selamanya. Itulah kenapa jangan pernah memberikan hadiah berupa saputangan di hari perayaan apa pun itu.

4. Cermin (simbol mengundang roh)

hadiah-imlek-05

Cermin adalah benda yang tidak wajar jika dijadikan sebagai hadiah, terutama hadiah Imlek. Sebab, tidak sedikit orang yang percaya bahwa cermin akan mmebawa nasib buruk dan mengundang roh-roh jahat. Cermin merupakan benda yang mudah pecah, dan memecahkan barang dianggap akan membawa nasib buruk. Untuk itu, jangan pernah memberikan hadiah Imlek berupa cermin jiak tidak ingin membuat orang lain kesal atau marah di hari spesial.

Baca juga: Bisnis Menguntungkan Jelang Hari Raya Imlek

5. Bunga (hadiah pemakaman)

hadiah-imlek-06

Biasanya memberikan seseorang berupa bunga adalah hal yang membahagiakan. Namun tidak jika diberikan pada saat Imlek. Pemberian bunga ini akan menjadikan simbol kesedihan. Sebab biasanya orang memberikan bunga saat menghadiri acara pemakaman yang sifatnya berduka. Untuk itu, jangan pernah sekali-kali memberikan hadiah imlek berupa bunga kepada orang tersayang.

6. Angka 4 (simbol kematian)

hadiah-imlek-07

Angka 4 bagi masyarakat Tionghoa merupakan simbol kematian. Hindari memebrikan hadiah yang berisikian 4 macam atau 4 benda. Apapun yang melambangkan angka 4 sebaiknya jangan pernah memberikannya. Seperti memberikan 4 buah jeruk dalam kotak, sebaiknya jangan pernah dilakukan.

7. Sepatu (simbol kejahatan)

hadiah-imlek-08

Hadiah yang satu ini diibaratkan sebagai hadiah terburuk. Terutama posisi sepatu yang selalu diinjak, sehingga ada mitos bahwa orang yang diberikan hadiah ini akan selalu mengalami kemalangan. Terutama dalam kehidupannya yang selalu terinjak-injak. Jika Anda mmepercayai akan mitos atau hal ini, sebaiknya jangan pernah memberikan hadiah Imlek berupa sepatu.

8. Benda Berwarna Hitam atau Putih (nasib buruk)

hadiah-imlek-09

Hindari memberikan hadiah, kertas pembungkus, amplop, atau pun memakai baju yang sebagian besar berwarna hitam atau putih, karena warna-warna tersebut dipakai saat pemakaman. Selain memancarkan aura duka, warna ini dipercaya akan mendatangkan nasib buruk bagi pemiliknya.

Baca juga : Ternyata Ini Penjelasan Mengenai Makanan Khas Tahun Baru Imlek

9. Buah Pear (melambangkan Perpisahan)

hadiah-imlek-10

Siapa sangka ternyata makanan segar yang satu ini merupakan hadiah Imlek terburuk. Pasalnya, bagi kepercayan warga Tiongkok buah pear menjadi simbol perpisahan. Berawal dari pengucapan atau pelafalan dalam bahasa mandarin, buah pear terdengar seperti mengucap perpisahan. Sehingga mereka lebih suka mendapatkan buah jeruk, yang melambangkan kemakmuran.

Iitulah jenis-jenis hadiah Imlek yang tidak baik diberikan. Justru sangat ditolak jika ada yang memberikan hadiah tersebut pada saat melakukan perayaan Imlek. Untuk itu, sebelum memberikan hadiah ada baiknya pertimbangkan terlebih dahulu.