Undangan Pernikahan – Membahas mengenai pernikahan tidak luput dari undangan pernikahan. Terutama desain yang akan digunakan hingga pemilihan model undangan. Tidak sedikit orang yang memilih jenis undangan pernikahan dengan bentuk atau model yang unik. Sebab, mereka berpikir bahwa pernikahan hanya dilakukan sekali seumur hidup sehingga harus memberikan sesuatu yang spesial. Seperti halnya ketika mendesain undangan pernikahan. Berikut ini ada beberapa inspirasi desain undangan pernikahan yang dapat digunakan.

Baca juga : Mudahnya Cetak Undangan Pernikahan di Uprint.id

1. Desain Undangan Pop-Up

inspirasi-desain-undangan-pernikahan-pop-up

Jenis undangan seperti ini dapat Anda gunakan untuk dijadikan inspirasi undangan pernikahan. Buatlah sesuatu yang muncul saat penerima undangan membaca. Misalnya, gambar Anda dan pasangan yang dijadikan miniatur pop-up. Kartu pop up sempat digandrungi sejak beberapa tahun terakhir karena menawarkan pengalaman yang tidak biasa kepada penerimanya. Melihat berbagai bentuk tiga dimensi saat membukanya, kartu pop up terlihat lebih cantik.

2. Desain Undangan Dress Code

inspirasi-desain-undangan-pernikahan-dress-code

Inspirasi desain undangan pernikahan selanjutnya yaitu jenis undangan dress code. Kalau Anda memiliki budget lebih dan ingin membuat undangan terasa berbeda, tidak ada salahnya membuat kotak berisi undangan dan aksesoris di dalamnya. Anda dapat menyisipkan pita, bros atau aksesoris yang bisa dikenakan tamu saat datang ke resepsi. Tidak hanya unik, aksesori ini juga bisa berperan sebagai souvenir sehingga tidak perlu lagi menyediakan souvenir tambahan. Hitung-hitung juga dapat menghemat biaya pengeluaran untuk souvenir.

3. Desain Undangan Gulung

inspirasi-desain-undangan-pernikahan-gulung

Pernah melihat film-film zaman kerajaan? Jika konsep pernikahan Anda mengusung tema kerajaan, tidak ada salahnya untuk menggunakan undangan pernikahan gulung. Undangan yang dicetak di atas kain dan digulung ini terkesan unik, lho. Anda dapat memanfaatkan keunikan tersebut agar pernikahan semakin berbeda.

4. Desain Undangan yang Dapat Ditanam

inspirasi-desain-undangan-pernikahan-bisa-ditanam

Jangan mengaku cinta lingkungan kalau belum coba desain undangan yang satu ini. Meski belum banyak, ternyata ada juga jenis kertas yang dapat ditanam. Kertas tersebut sudah mengandung bibit tanaman sehingga, jika dibasahi dan ditanam lama-lama akan tumbuh bunga. Tidak hanya unik, undangan yang bisa ditanam juga menyampaikan pesan dan doa supaya pernikahan Anda dan pasangan akan selalu harmonis dan bersemi.

5. Desain Undangan Puzzle

inspirasi-desain-undangan-pernikahan-puzzel

Cetaklah undangan pernikahan dalam bentuk potongan-potongan puzzle dan biarkan mereka menyusunnya sendiri. Desain seperti ini dapat dijadikan hiburan bagi penerima. Tidak banyak para pasangan yang memilih desain undangan seperti ini. Jadi, ini adalah kesempatan Anda untuk memberikan undangan unik.

6. Desain Undangan Pernikahan Akrilik

inspirasi-desain-undangan-pernikahan-akrilik

Akrilik merupakan media seperti plastik dengan ukuran tebal dan bening. Di beberapa negara, ada yang sudah menggunakan akrilik untuk dijadikan undangan pernikahan. Undangan dengan desain seperti ini sangatlah unik. Anda dapat mencobanya jika memiliki budget lebih untuk undangan.

Itulah beberapa inspirasi undangan pernikahan yang dapat menjadi panduan sebelum mencetak. Pastikan Anda dan pasangan memiliki kesepakatan bersama mengenai kebutuhan pernikahan, seperti undangan.

Baca juga : Undangan Pernikahan Unik Menjadi Trend Tersendiri Bagi Calon Pengantin

Sebelum Anda memutuskan untuk mencetak undangan pernikahan, ada baiknya coba simak beberapa tips mendesain undangan berikut ini.

  • Memilih Style

Anda dapat memilih beberapa style yang disuka. Misalnya, perpaduan antara Anda dengan pasangan atau dapat meniru style yang sudah ada. Seperti berikut ini beberapa style undangan yang dapat digunakan tradisional dan elegan, art deco, mid century retro. Memilih gaya adalah langkah yang tepat untuk memulai desain Anda. Bahkan jika Anda memulai dari tradisional, dan menambahkan sentuhan Art Deco dengan inspirasi font tahun 1920-an, memadukan beberapa gaya gendre dengan gaya utama akan membuat karakter undangan Anda dapat dikenali langsung dan khas.

  • Memilih Jenis Huruf

inspirasi-desain-undangan-pernikahan-font

Sebuah huruf dapat membuat atau merusak desain undangan. Dengan cara menjauhi hal-hal yang baru, keluar dari gaya kepenulisan, dan memilih jenis huruf yang bertahan lama. Formal klasik seperti Fournier dan Caslon terbukti menjadi abadi ketika pasangan menarik undangan pernikahan mereka dalam dekade terakhir, dan tulisan elegan seperti Allura atau Manglayang Script bisa selalu terlihat sesuai. Carilah jenis huruf yang memiliki bermacam-macam jenis. Anda mungkin jatuh cinta dengan huruf jenis reguler, tapi pastikan tersedia juga italic dan bentuk tebal juga.

  • Mengutamakan Kepraktisan

inspirasi-desain-undangan-pernikahan-02

Anda harus memikirkan kepraktisan dalam membuat undangan. Jangan sampai undangan terlalu ribet dan informasi yang akan disampaikan tidak dapat terbaca. Itu kan membuat Anda rugi.

  • Menggunakan Desain Bunga-bunga untuk Kesan Modern

inspirasi-desain-undangan-pernikahan-01

Undangan pernikahan dengan gaya ini dapat dijadikan contoh sempurna dari motif bunga dieksekusi dengan sentuhan modern. Background hitam membuat kontras dengan gaya cat air bunga yang pink lembut dan hijau. Fitur membuat itu modern, agar tidak terlihat kuno Anda dapat membuat bingkai putih di sekitar perbatasan desain.

  • Pertimbangkan untuk Menggunakan Foto

inspirasi-desain-undangan-pernikahan-03

Foto jarang digunakan di undangan pernikahan. Desain cenderung memiliki tipografi atau fokus ilustrasi sebagai gantinya. Jika ingin membuat undangan pernikahan yang tampak unik, pertimbangakan untuk menampilkan foto ke dalam desain undangan. Ini akan membuat undangan terlihat modern dan segar, ideal untuk Anda yang tidak suka dengan gaya vintage.

Jika Anda ingin mencetak undangan dengan desain sendiri serta, sesuai keingin dapat langsung mencetaknya secara custom dan online di Uprint.id. Bahkan Anda dapat memilih dan menggunakan beragam template yang disediakan secara gratis. Sehingga Uprint.id menawarkan kemudahan bagi Anda yang ingin mencetak undangan pernikahan dan lain sebagainya.