Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Investasi saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat yang paham akan pentingnya kehidupan di masa depan. Termasuk para generasi muda, yang sudah mulai mempersiapkan kehidupannya. Ada banyak jenis investasi yang perlu dipelajari, agar tidak terjadi hal-hal buruk. Seperti penipuan hingga investasi di tempat yang salah. Banyak cara investasi yang perlu dipelajari dan memiliki keuntungan secara nyata. Seperti jenis investasi berikut ini.

1. Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan

investasi-pertanian

Ketiga sektor ini merupakan yang paling diutamakan oleh pemerintah. Terutama misi yang akan dilakukan adalah untuk tidak mengekspor atau membeli barang-barang dari luar. Oleh sebab itu, investasi dalam ketiga sektor ini dapat dikatakan paling menguntungkan. Anda dapat mencoba salah satu dari ketiga hal tersebut. Bahkan dalam meningkatkan swasembada pangan untuk Indonesia, pemerintah telah menyiapkan kurang lebih sekitar 2 juta lahan untuk dimanfaatkan oleh para investor. Melalui penanaman modal dalam negeri atau luar negeri inilah pemerintah menyiapkan ragam fasilitas. Anda dapat mencoba untuk berinvestasi melalui tiga sektor tersebut. Dengan begitu, Anda dapat membantu perputaran perekonomian agar menjadi lebih baik. Bahkan, Indonesia merupakan negara dengan kualitas tanah terbaik, sehingga mampu menghasilkan banyak jenis tanaman bahkan bahan-bahan pangan lainnya.

Baca juga : 5 Manfaat Berinvestasi Sejak Dini yang Perlu Diketahui

2. Pasar Saham

investasi-pasar-saham

Siapa yang tidak kenal dengan berinvestasi di pasar saham ini. Bahkan pasar saham dapat diperkirakan akan mendulang keuntungan lebih bagi para investor. Selain keuangan akan selalu diputar dan dapat menghasilkan sesuatu. Berinvestasi di pasar saham akan memberikan keuntungan melebihi instrumen investasi yang memiliki risiko lebih kecil seperti reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang. Ketika Anda menginvestasikan beberapa dana ke dalam pasar saham, ada baiknya untuk selalu mengikuti perkembangan saham setiap harinya. Dengan begitu, Anda akan mudah mengetahui perkembangan dana yang telah diinvestasikan.

3. Startup

investasi-startup

Seiring berkembangnya zaman akan kemajuan teknologi, tidak jarang saat ini sudah banyak perusahaan startup yang dapat menjadi wadah investasi. Bahkan perusahan-perusahaan startup ini sudah mulai dilirik oleh para pengusaha asing. Jika Anda tertarik untuk melakukan investasi di perusahaan startup, ada baiknya untuk memperhatikan tracking atau biografi perusahaan hingga pemiliknya. Jangan lupa juga untuk mencari dan melihat perkembangan perusahaan tersebut. Jika dilihat perkembangannya bagus dan stabil bahkan selalu meningkat, Anda boleh mengajukan diri untuk investasi di perusahaan startup tersebut. Pilihlah beberapa perusahaan startup yang memang sudah memiliki jejak rekam bagus dalam hal pengelolaan dan lain sebagainya. Anda dapat, menginvestasikan dana ke beberapa perusahaan startup seperti Gojek, Grab, Tokopedia, atau bahkan BukaLapak, dan lain sebagainya.

4. Franchise

Anda juga dapat berinvestasi di bisnis franchise. Bisnis ini masih membuka peluang lebar di Indonesia. Selain itu, Anda juga tidak perlu bingung ketika akan berinvestasi di bisnis ini. Sebab banyak ragam franchise yang bisa Anda jadikan wadah investasi. Pastikan sebelum memutuskan Anda sudah melihat rekam jejak bisnis dari franchise tersebut. Jangan sampai dana yang sudah diinvestasikan hangus begitu saja, tanpa adanya balik modal.

Baca juga : 6 Cara untuk Memaksimalkan Bisnis Sampingan Anda

5. Reksadana

investasi-reksadana

Banyak orang yang berlomba-lomba untuk menginvestasikan sebagian dana mereka ke dalam reksadana. Selain dapat keuntungan berulang, Anda juga akan merasa aman ketika berinvestasi di bidang yang satu ini. Reksadana offshore atau yang dikenal dengan nama reksa dana global adalah produk reksa dana yang berbasis investasi di luar negeri. Reksadana offshore tersebut juga didukung oleh kebijakan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sudah banyak perusahaan pengelola investasi yang menerbitkan reksadana tersebut seperti PT BNP Paribas Investment Partners, PT Schroder Investment Management Indonesia (Schroders Indonesia) dan PT Manulife Asset Management (MAMI), dan lainnya. Jangan lupa untuk selalu melihat perkembangan dana Anda.

Itulah beberapa jenis investasi yang menarik dan perlu diketahui sebelum memutuskan. Satu hal yang paling terpenting dalam berinvestasi adalah, mencari tahu terlebih dahulu, kemudian melihat perkembangan, dan mulailah berinvestasi. Pastikan perusahaan atau bisnis yang akan menjadi wadah investasi Anda memang benar terpercaya dan dilindungi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sebab, berinvestasi merupakan hal yang berisiko tinggi, terutama jika Anda investasi dalam jumlah besar. Jangan sampai uang hilang dan hangus begitu saja.

Selain mempersiapkan dan melihat perusahaan yang akan menjadi wadah investasi, Anda juga harus membuat sebuah proposal atau materi presentasi yang akan meyakinkan perusahaan tersebut. Memberikan materi presentasi sebelum melakukan invesatasi merupakan hal yang perlu dilakukan. Dengan begitu, perusahaan akan mengetahui apa yang Anda inginkan dari kegiatan invesatsi tersbeut. Buatlah materi presentasi yang menarik di Uprint.id. Selain dapat membuat percaya diri, Anda juga dapat lebih meyakinkan keseriusan terhadap kegiatan tersebut. Dengan membuat materi presentasi di Uprint.id, Anda akan menemukan banyak ragam desain serta template yang dapat digunakan secara gratis.