Suatu hal yang rutin dilakukan menjelang musim liburan adalah mengirimkan ucapan kepada kerabat. Selain dilakukan oleh pribadi atau perorangan, kartu ucapan selamat Natal dan Tahun Baru juga dapat dikirimkan kepada rekan bisnis bahkan klien yang pernah bekerja sama dengan Anda. Selain dapat menjadi sebuah perwujudan ucapan terima kasih perusahaan, kartu ucapan juga dapat mempererat hubungan antara dua perusahaan.

Selain itu, mengirimkan kartu ucapan Natal dan Tahun Baru dapat menjadi media untuk menjalin hubungan baik dengan rekanan, sekaligus menjaga citra perusahaan agar tetap baik di mata mereka. Anda harus mampu menyampaikan ucapan yang efektif, tepat sasaran, serta mampu untuk menjaga kesinambungan hubungan baik yang telah terjalin. Jika Anda ingin membuat atau mencetak kartu ucapan Natal dan Tahun Baru ada baiknya simak tips berikut ini agar sesuai yang diinginkan.

1. Jangan Terlalu Lama Menunggu Momen

kartu-ucapan-natal-dan-tahun-baru-01-menunggu

Biasanya perusahaan menunggu momen perayaan beberapa hari sebelumnya, setelah itu baru mengirimkan kartu ucapan Natal dan Tahun Baru. Jika Anda menunggu momen akan membuat desain kartu ucapan Natal dan Tahun Baru tidak terasa spesial. Sebab, Anda tidak mempersiapkannya dari jauh-jauh hari sebelumnya.

Untuk itu, Cobalah mulai menyusun daftar penerima ucapan, serta desain dan material kartu ucapan yang cocok untuk merepresentasikan perusahaan. Anda juga dapat memanfaatkan jeda waktu untuk melakukan personalisasi setiap ucapan yang akan dikirim. Dengan ini, setiap penerima ucapan akan merasa spesial, karena seluruh ucapan masing-masing dibuat dengan ciri khas tersendiri dari penerima. Selain itu, dapat menghasilkan sesuatu yang unik dan bernilai lebih dimata penerima.

Baca juga : Kumpulan Ide Desain Cetak Kartu Ucapan Natal dan Tahun Baru

2. Membuat Kemasan Ucapan yang Terbaik

kartu-ucapan-natal-dan-tahun-baru-02-bingkisan

Anda tidak perlu memilih jenis kartu ucapan yang paling mahal, namun yang harus diperhatikan adalah kualitas dari kartu tersebut. Hal ini dilakukan karena bagi sebagian orang, kartu ucapan adalah sebuah refleksi dari bagaimana Anda menghargai si penerima ucapan. Meskipun Anda dapat mengirimkan kartu ucapan Natal dan Tahun Baru melalui email dan media sosial lainnya, namun tidak ada yang seindah kartu ucapan Natal dan Tahun Baru. Kartu ucapan yang didesain secara personal akan terasa jauh lebih berkesan ketika Anda menuliskannya sendiri dan mempercantiknya dengan ornamen unik.

Untuk menambah semarak Natal dan Tahun Baru, Anda dapat memberikan bingkisan yang dikirim bersama dengan kartu ucapan tersebut. Bingkisan itu seperti parcel, kue-kue, atau sekadar souvenir sebagai perwujudan betapa Anda sangat menghargai kerja sama antara kedua belah pihak.

3. Menuliskan Pesan Pribadi

kartu-ucapan-natal-dan-tahun-baru-03-menulis-pesan-pribadi

Walaupun nama Anda dan perusahaan sudah terpampang di bagian depan kartu ucapan, namun tidak ada salahnya jika memberikan sedikit pesan pribadi di dalamnya. Ucapkan terima kasih atas hubungan bisnis yang baik selama ini. Berikan ungkapan bahagia saat perayaan Natal dan Tahun Baru paling tulus kepada para rekanan yang merayakannya. Ucapkan harapan Anda di tahun yang akan datang. Apa pun yang dapat dituliskan agar penerima ucapan merasa bahwa Anda juga turut berbahagia atas momen yang mereka rayakan.

4. Hindari Penggunaan Kalimat yang Bersifat Menyinggung

kartu-ucapan-natal-dan-tahun-baru-04

Sebelum Anda memutuskan untuk mengirim kartu ucapan Natal dan Tahun Baru, pastikan terlebih dahulu isi surat yang tertulis di dalam kartu. Jangan sampaikan Anda menuliskan sebuah kalimat atau kata-kata yang dapat menyinggung perasaan penerima. Sebab perayaan dari sebuah keyakinan merupakan hal yang sangat sensitif dan sedikit agak tricky jika Anda salah dalam penyampaian kalimat.

Anda juga dapat memilih desain kartu ucapan yang bersifat sekuler, artinya desain kartu tersebut tidak bernuansa agamis dengan tetap menjaga nuansa perayaan pada kartu tersebut. Seperti kartu ucapan Idul Fitri yang menampilkan gambar ketupat, atau kartu ucapan Natal yang bernuansa hijau merah lengkap dengan pohon natal dan ornamen-ornamennya. Apabila Anda ingin memberikan bingkisan bersama dengan ucapan yang dibuat, ada baiknya untuk memastikan kembali tidak ada hal-hal yang berpotensi menyinggung si penerima di dalam bingkisan tersebut.

Baca juga : Inspirasi Desain Kartu Ucapan Natal dan Tahun Baru

5. Buatlah Setiap Kartu Ucapan Lebih Personal

kartu-ucapan-natal-dan-tahun-baru-05

Jika Anda mempersiapkan semuanya jauh hari, maka akan mudah memesan kepada percetakan untuk membuat kartu ucapan terlihat lebih personal. Bahkan bila memungkinkan, mintalah supplier mencetak nama dan perusahaan Anda langsung pada kartu ucapan. Untuk menambah sentuhan yang lebih personal, Anda dapat membubuhkan tanda tangan secara manual. Ketika kamu telah menerima kiriman kartu ucapan dari supplier, mulailah menuliskan alamat atau nama tujuan dengan tangan. Tulisan tangan akan membuat penerima kartu ucapan merasa spesial.

Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk mengerjakan hal ini, cobalah untuk meminta bantuan seseorang atau anggota keluargamu untuk mengerjakan hal ini. Ketika Anda sedang menuliskan nama penerima di kartu ucapan, jangan lupakan gelar personal yang mereka miliki, seperti, Bapak, Ibu, Mr., Ms., Mrs., dan lainnya. Mencantumkan gelar akademis penerima sangat beresiko terjadi kesalahan, jika Anda ragu dalam menuliskannya ada baiknya untuk tidak mencantumkan. Sebab hal ini tidak diwajibkan dalam mengisi atau menuliskan kartu ucapan.

Itulah 5 tips mengirim kartu ucapan Natal dan Tahun Baru serta fungsi atau tujuan dari mengirimnya. Walau terlihat sederhana, kita harus menjaga tradisi ini agar hubungan baik antara perusahaan dengan rekanan dapat terus terjalin. Apalah artinya sebuah ucapan jika kita tidak melakukannya dengan tulus dan dengan niat baik menjaga silaturahmi. Apa kantor Anda sedang mengurusi proses pengiriman kartu ucapan kepada klien di akhir tahun ini? Semoga tips di atas dapat membantumu dalam pengerjaannya. Selain itu, Anda dapat membuat kartu ucapan Natal dan Tahun Baru secara online di Uprint.id. Beragam desain serta template dapat Anda gunakan. Bahkan, Anda dapat menggunakan desain sendiri agar lebih personal dan spesial.

uprint percetakan online indonesia