Tahukah Anda bahwa Harvard, menjadi salah satu universitas paling bergengsi di dunia. Materi pembelajaran apa yang paling populer dan sukses mengajarkan Anda cara belajar menjadi lebih bahagia?

Di universitas Harvard kelas Psikologi Positif yang diajarkan oleh Ben Shahar menarik 1400 siswa per semester dan 20% lulusan Harvard mengambil kursus elektif ini. Menurut Ben Shahar, kelas yang berfokus pada kebahagiaan, harga diri dan motivasi ini memberikan pembelajaran siswa untuk sukses dan menghadapi hidup dengan lebih bahagia. Guru berusia 45 tahun ini, dianggap oleh beberapa orang sebagai “guru kebahagiaan”. Sebab, ia memiliki 15 kiat untuk mendapatkan kebahagiaan dan menjadi pribadi yang lebih baik. Berikut ini kiat-kiat untuk menggapai kebahagiaan dalam hidup :

1. Bersyukur

kiat kebahagiaan 01 - bersyukur

Tuliskan 10 hal yang Anda miliki dalam hidup dan yang memberikan kebahagiaan. Fokus pada hal-hal yang baik. Jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada Tuhan atas semua yang telah diberikan.

2. Berolahraga

kiat kebahagiaan 02 - berolahraga

Para ahli berkata bahwa berolahraga membantu meningkatkan suasana hati. 30 menit latihan adalah penangkal terbaik melawan kesedihan dan stres.

3. Sarapan

kiat kebahagiaan 03 - sarapan

Beberapa orang melewatkan sarapan karena kekurangan waktu atau takut menjadi gemuk. Studi menunjukkan bahwa sarapan memberi Anda energi, membantu Anda berpikir dan melakukan aktivitas Anda dengan sukses.

Baca juga : 7 Ide Sarapan Sehat dan Cepat pada Pagi yang Sibuk

4. Asertif atau Bersikap Tegas

kiat kebahagiaan 04 - bersikap asertif

Tanyakan apa yang Anda inginkan dan katakan apa yang Anda pikirkan. Bersikap asertif membantu meningkatkan harga diri Anda. Tertinggal dan berdiam diri malah menciptakan kesedihan dan keputusasaan.

5. Mengeluarkan Uang untuk Pengalaman

kiat kebahagiaan 05 - shopping

Sebuah penelitian menemukan bahwa 75% orang merasa lebih bahagia ketika mereka menginvestasikan uang mereka dalam perjalanan, kursus, dan kelas. Sementara sisanya mengatakan mereka merasa lebih senang saat membeli sesuatu.

6. Hadapi Tantangan

kiat kebahagiaan 06 - hadapi tantangan

Studi menunjukkan bahwa semakin Anda menunda sesuatu, semakin banyak kecemasan dan ketegangan yang Anda hasilkan. Tulis daftar tugas mingguan pendek dan selesaikan dengan segera.

7. Simpan Kenangan

kiat kebahagiaan 07 - menyimpan kenangan

Siapa sangka, menyimpan kenangan akan membuat Anda bahagia. Jika kenangan buruk akan membawa Anda lebih semangat setelah menghadapi kenangan tersebut. Sehingga dapat menjadi bukti, bahwa Anda telah berhasil melalui masa-masa itu. Semua hal dalam hidup merupakan kenangan.

8. Selalu Menyapa dan Bersikap Baik Kepada Orang Lain

kiat kebahagiaan 08 - senyum

Lebih dari 100 pertanyaan menyatakan bahwa hanya tersenyum mengubah suasana hati. Anda dapat mencobanya mulai sekarang. Selalu jadikan kegiatan tersenyum ini di pagi hari, saat Anda bercermin dan bertemu dengan teman atau orang yang melakukan hal sama.

9. Pakailah Sepatu yang Nyaman

kiat kebahagiaan 09 - sepatu yang nyaman

Jangan salah, ternyata penampilan atau sesuatu yang kita gunakan dapat membuat bahagia. Seperti yang dikatakan oleh Dr. Keinth Wapner sebagai Presiden Asosiasi Ortopedi Amerika, ketika Anda menggunakan alas kaki yang tidak nyaman, maka akan menimbulkan suasana hati yang buruk. Sehingga kebahagiaan menjadi tertunda. Untuk itu, jangan pernah mengabaikan hal kecil yang merusak kebahagiaan.

10. Jagalah Postur Tubuh Anda

kiat kebahagiaan 10 - percaya diri

Cobalah menjaga postur tubuh dengan cara berjalanlah lurus dan bahu sedikit ke belakang. Sebab penampilan di awal akan membantu menjaga suasana hati yang baik, dan meningkatkan kepercayaan diri.

Baca juga : Rahasia Menghadapi Hari Senin Lebih Menyenangkan dengan Cara Ini

11. Dengarkan Musik

kiat kebahagiaan 11 - mendengarkan musik

Terbukti bahwa mendengarkan musik membangkitkan Anda untuk bernyanyi, ini akan membuat hidup Anda bahagia. Terutama, jika mendengarkan musik favorit.

12. Memilih Menu Makanan yang Tepat

kiat kebahagiaan 12 - menu makan

Jangan melewatkan makan, makan ringan setiap 3 sampai 4 jam dan menjaga kadar glukosa tetap stabil. Hindari tepung dan gula berlebih. Ternyata, rasa bahagia juga dapat dilihat dari menu makan kita.

13. Percaya Diri

kiat kebahagiaan 13

70% orang mengatakan bahwa mereka merasa lebih bahagia ketika mereka berpikir mereka terlihat bagus. Itulah alasan mengapa kita harus merasakan percaya diri, untuk membuat hari-hari selalu bahagia.

14. Jujur percaya pada Tuhan

gkdi artikel 02 - memiliki tuhan

Dengan dia tidak ada yang mustahil! Selalu sertakan Tuhan dalam melakukan aktivitas atau kegiatan apapun. Percaya kepadaNya dan bersikaplah jujur. Sebab, manusia hanya berencana sedangkan Tuhan yang maha mengabulkan.

15. Kembangkan Rasa Humor yang Baik

kiat kebahagiaan 14 - menertawakan kegagalan dan bangkit

Belajar untuk menertawakan masalah, khususnya ketika hal-hal tidak berjalan dengan baik untuk Anda. Dengan begitu, Anda akan mudah mengalahkan masalah lainnya. Sebab sudah dapat menaklukan masalah sebelumnya.

Kebahagiaan itu seperti pengendali jarak jauh. Terkadang kebahagiaan menghilang, namun terkadang kebahagiaan tidak disadari oleh kita.Memiliki hidup bahagia tanpa syarat! Adalah keinginan bahkan harapan semua orang. Untuk itu, cobalah mulai mengubah pemikiran terhadap sesuatu hal.