Membahas tentang dunia percetakan memang tidak semua orang paham, dari mulai jenis kertasnya hingga finishing apa saja yang digunakan dalam percetakan. Mengerti nama-nama kertas juga hanya sebatas yang diketahui. Nah, pernah melihat kalender dinding, isi majalah, poster dan sejenisnya, kertas yang digunakan adalah jenis art paper.

Jenis yang satu ini memiliki tekstur kertas yang berbeda dari kertas pada umumnya, art paper memilik permukaan yang halus, dan memiliki efek glossy. Sebab itu pemilihan kertas yang satu ini lebih banyak digunakan untuk pembuatan kalender dinding, poster, brosur, flyer dan isi majalah yang full colour. Bahan art paper tidak cocok jika digunakan untuk media menulis, sebab teksturnya yang licin dan lambat untuk menyerap tinta. Biasanya jenis kertas seperti ini digunakan untuk bebrapa jenis produksi di percetakan seperti, kalender dinding, brosur, flyer, atau poster.

Permukaannya yang mengkilap dan halus, akan memperindah hasil desain yang diinginkan. Berikut ini contoh-contoh hasil yang dicetak menggunakan art paper.

1. Kalendar Dinding

art paper 01

Art paper sangat cocok digunakan untuk mencetak kalendar dinding, dengan bahan yang sulit menyerap kotoran dan debu. Sehingga tetap menampilkan kualitas gambar serta bahan yang bagus. Jenis kertas yang satu ini memilii tekstur couted paper, yaitu jenis kertas yang tahan dengan kelembaban, sulit untuk menyerap kotoran, akan menimbulkan warna cetakan yang lebih tajam.

Kemampuan menyerap tinta yang sulit, menjadikan jenis kertas yang satu ini lebih mudah melakukan proses pengeringan sehingga warna yang dihasilkan akan lebih tajam. Sangat bagus untuk mencetak gambar-gambar dengan detail yang tajam dan kompleks, sebab tintanya berada pada permukaan kertas.

Baca juga : Memahami Karakteristik Jenis Kertas dalam Dunia Percetakan

2. Poster

art paper 03

Pada pembuatan poster juga sangat bagus jika menggunakan jenis kertas art paper, sebab kertas jenis ini akan menampilkan gambar yang lebih tajam dan detail.

Selain penggunaan art paper, Anda dapat menggunakan art carton yaitu jenis kertas yang sama namun lebih tebal dan biasanya digunakan untuk table tent, gift tag, product tag, atau kartu ucapan. Selain itu art carton dan art paper memiliki ketebalan yang berbeda, untuk art paper memiliki ketebalan 100 gr, 115 gr, 120 gr, dan 150 gr sementara art carton memiliki ketebalan 190 gr, 210 gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr.

Baca juga : Membuat Poster Berdesain Minimalis dengan Efek Maksimal

3. Table Tent

art paper 04

4. Product Tag

art paper 05

5. Greeting Card

art paper 06

Itulah kegunaan dari art paper dan art carton yang harus Anda ketahui sebelum mencetak. Jika ingin mencetak gift tag untuk acara ulang tahun atau pernikahan, Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan waktu khusus untuk memulai mencetak. Saat ini, sudah ada jasa percetakan online seperti Uprint.id yang akan memudahkan Anda.