Memiliki sebuah bisnis merupakan impian semua orang. Terutama bagi mereka yang tidak ingin bekerja dengan orang lain bisnis dapat menjadi pilihan kedua. Bagi pemula, banyak hal yang harus dipelajari sebelum masuk lebih dalam ke dunia bisnis. Termasuk 7 kesalahan bisnis berikut ini yang harus dihindari, jika tidak ingin bangkrut di awal bisnis.

1.Tidak Membuat Bisnis Plan

kesalahan-bisnis-tidak-membuat-bisnis-plan

Untuk memulai suatu bisnis, sebaiknya Anda membuat business plan atau rencana bisnis. Buatlah rencana dan konsep bisnis dengan baik dan matang. Bahkan rencana ini harus Anda buat sebelum terjun dalam dunia bisnis. Buatlah rencana bisnis yang mencakup tujuan dari bisnis Anda, langkah apa yang harus dilakukan, strategi-strategi dalam pemasaran, rencana preventif yang mungkin akan terjadi, dan hal-hal lain yang penting tentunya. Sebagai seorang pengusaha memang harus berani menghadapi segala macam resiko yang terjadi. Tapi bukan berarti hanya bermodalkan nekat saja. Oleh sebab itu, dengan adanya bisnis plan akan memudahkan Anda dalam menjalankan sebuah bisnis.

Baca juga : Tips Membuka Toko Offline dengan Modal Kecil yang Dapat Menjadi Panduan Memulai Bisnis

2. Terlambat Masuk Pasar

kesalahan-bisnis-telat-masuk-pasar

Setelah menguji ide bisnis yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah, mewujudkannya dalam kenyataan. Jangan terlalu lama memikirkan ide tersebut sukses atau tidak. Jika Anda terlalu memikirkan, maka akan semakin memperlambat gerak bisnis menuju pasar. Dengan begitu, kesempatan untuk mengembangkan bisnis menjadi terlambat. Cobalah untuk berpikir secara cepat jika ingin mengembangkan ide bisnis Anda. Ingatlah, dalam dunia bisnis bukan hanya pemainnya, ada banyak pesaing dan kompetitor berbisnis.

3. Ide Bisnis yang Tidak Rasional

kesalahan-bisnis-ide-yang-tidak-rasional

Ide merupakan gerbang awal sebelum membangun sebuah bisnis. Jika dirasa ide itu merupakan gagasan paling cemerlang, Anda tetap harus melihat bisnis tersebut rasional atau hanya menghasilkan keuntungan saja. Oleh karena itu, sebelum merealisasikan ide bisnis, ada baiknya Anda melakukan riset kecil-kecilan dan kemudian mengevaluasi hasil dari riset tersebut. Selain itu untuk mengetes ide, cobalah untuk melakukan konsultasi dengan konsultan bisnis atau pengusaha yang sudah memiliki jam terbang yang tinggi.

4. Manajemen Keuangan yang Buruk

kesalahan-bisnis-menajemen-keuangan-buruk

Meskipun Anda baru memulai suatu bisnis, melakukan pengelolaan keuangan juga harus diperhatikan dengan benar. Perhatikan modal yang diperlukan dan jangan mencampur urusan keuangan bisnis Anda dengan keuangan pribadi. Jika merasa kesulitan, Anda dapat mencari pendanaan keluar. Aturlah sedemikian rupa keuangan Anda dengan baik bahkan sejak bisnis belum dimulai. Sehingga Anda tidak akan mengalami masalah keuangan pada saat berbisnis. Manajemen keuangan yang buruk akan memperburuk kondisi bisnis Anda. ini merupakan kesalahan bisnis yang paling sering tidak disadari para pebisnis.

5. Tidak Menerima Kritik dan Saran

kesalahan-bisnis-tidak-mau-terima-feedback

Tidak sedikit juga pebisnis baru yang merasa bahwa tindakan tersebut sudah benar. Sehingga mereka cenderung menutup diri dan tidak menerima kritik atau saran dari orang lain. Padahal, sebagai pebisnis pemula, Anda harus dapat menerima kritik dan saran demi kemajuan bisnis. Bahkan, kritik dan saran yang membangun, dapat menjadi gerbang bisnis selanjutnya sehingga dapat berpeluang maju dan sukses. Justru perusahaan yang memiliki jejak karir bisnis bagus, itu karena mereka mau mendengarkan kritik dan saran dari orang lain atau pun konsumen.

6. Memilih Partner Kerja yang Salah

kesalahan-bisnis-salah-memilih-partner-bisnis

Jika Anda berbisnis dengan teman atau bekerja sama dengan orang lain, pilihlah partner yang benar. Benar disini artinya teman yang Anda pilih memiliki komitmen dan tekad untuk bekerjasama. Selain itu, akan lebih baik lagi jika partner Anda memahami tentang dunia bisnis dan mengerti bidang bisnis yang digeluti. Selain itu memilih partner juga harus memiliki sikap jujur dan dapat dipercaya juga menjadi kelengkapan. Intinya adalah carilah partner yang dapat saling melengkapi dengan diri Anda. Sehingga dapat menjalankan bisnis dengan seimbang karena sudah memahami tujuan dari bisnis tersebut.

7. Tidak Memiliki Jaringan

kesalahan-bisnis-tidak-memiliki-jaringan

Kesalahan lain yang sering dilakukan oleh pemula yakni jaringan yang sedikit, atau bahkan tidak memiliki jaringan sama sekali. Untuk membuka usaha bisnis, sebaiknya Anda memiliki jaringan yang banyak. Jika belum memiliki jaringan maka bersifatlah terbuka untuk berkenalan dengan orang lain. Dengan memiliki jaringan pertemanan yang luas, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Salah satunya yaitu untuk mengembangkan bisnis Anda.

Baca juga : Tips Sukses Membangun Bisnis Katering Pernikahan yang Perlu Diketahui

8. Tidak Tekun

kesalahan-bisnis-tidak-tekun

Menjalankan sebuah bisnis harus dilakukan dengan sepenuh hati dan menjalankannya dengan tekun. Namun sebagian besar pebisnis pemula, justru tidak tekun dalam menjalankan bisnis. Ketika bisnis pertama tidak berkembang, kemudian Anda memutuskan untuk beralih bisnis. Ini akan membuat bisnis tidak stabil. Anda harus mencoba mencari cara lain untuk melanjutkan karir dalam bisnis tersebut. Hal ini harus dilakukan jika ingin mengetahui bisnis Anda menghasilkan dan berjalan lancar atau tidak. Selain itu, jangan terburu-buru untuk membuka cabang yang lain. Ini merupakan kesalahan dalam berbisnis yang masih sering dilakukan. Sebab, jika Anda memiliki banyak cabang maka pikiran akan terbagi untuk memajukan beberapa bisnis tersebut. Sehingga konsentrasi menjadi terbagi.

Itulah beberapa kesalahan bisnis yang harus dihindari, namun masih sering dilakukan. Jika Anda ingin membuka bisnis, pastikan terlebih dahulu ide serta tujuan bisnis. Kemudian, jangan pernah melakukan kesalahan bisnis seperti yang dijelaskan sebelumnya.