Ajang olahraga se-Asia ini akan berlangsung pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018, kemudian akan diadakan di Jakarta dan Palembang. Nah, saat Asian Games berlangsung akan banyak juga kuliner-kuliner yang beraneka ragam. Bahkan, dapat menjadi sebuah kuliner andalan saat menyaksikan ajang olahraga tersebut. Seperti berikut ini makanan Indonesia yang dapat dicoba saat ajang Asian Games 2018.

1. Kerak Telor

makanan indonesia 01

Jajanan atau makanan khas Jakarta ini dapat menjadi andalan Anda saat sedang menyaksikan ajang olahraga Asian Games di Jakarta. Makanan Indonesia yang berbahan dasar ketan dengan campuran telur dan abon yang semakin menambah cita rasa gurih ini dapat menjadi makanan pilihan.

2. Es Selendang Mayang

makanan indonesia 02

Es selendang mayang ini juga merupakan makanan Indonesia dari Jakarta yang dapat Anda cicipi selama Asian Games berlangsung. Makanan yang terbuat dari tepung beras dengan campuran air sirup yang manis serta kuah santan yang gurih, menjadikan hidang ini sangat menyegarkan. Terutama bila dikonsumsi saat siang hari. Tidak ada salahnya untuk Anda mencoba beberapa hidangan khas Jakarta yang satu ini.

Baca juga : 7 Ide Sarapan Sehat dan Cepat pada Pagi yang Sibuk

3. Asinan Betawi

makanan indonesia 03

Makan Indonesia yang satu ini berbahan dasar tauge dengan campuran sayuran lainnya dan disiram dengan kuah kacang hingga menghasilkan sebuah rasa menarik. Memang terdengar aneh dengan namanya, namun sekali Anda mencicipi siap-siap untuk ketagihan. Kesegaran dari sayuran yang fresh dan sedikit asam menjadikan rasa asinan ini menjadi lebih nikmat.

4. Pempek

makanan indonesia 04

Makanan indonesia khas Palembang ini juga dapat Anda rasakan saat menyaksikan ajang olahraga di Palembang. Jajanan khas Palembang yang satu ini terbuat dari sagu dengan campuran daging ikan sebagai perasa. Kemudian tambahan kuah cuko yang menjadi pelengkap hidangan pempek tersebut.

5. Kue Gandus

makanan indonesia 05

Makanan khas Palembang ini dapat Anda coba selama berada di Palembang. Kue berbahan dasar tepung beras dan tepung kanji ini dapat dijadikan makanan Indonesia yang disajikan sebagai hidangan camilan. Biasanya kue yang satu ini dihidangkan pagi hari dengan taburan toping abon atau ebi dan tidak lupa juga menyiapkan cabai merah sebagai penambah sensasi pedas.

6. Kerupuk Kemplang

makanan indonesia 06

Makanan ringan berupa kerupuk ini dapat menjadi pendamping ketika Anda sedang menyaksikan pertandingan Asian Games di Palembang.makanan Indonesia ini di produksi dengan cara dibakar bukan di goreng. Sehingga menghasilkan tekstur yang lebih unik dan tidak seperti kerupuk pada umumnya.

7. Tekwan

makanan indonesia 07

Makanan Indonesia khas Palembang yang satu ini juga menjadi primadona setelah pempek. Walau bahan utama pembuatan tekwan sama dengan pempek. Hanya saja yang membedakan adalah siraman kuah dengan menggunakan kaldu udang. Sehingga menghasilkan rasa gurih dan segar.

Baca juga : Makanan dan Minuman yang Menjadi Primadona Setiap Tahun

8. Es Kacang Merah

makanan indonesia 08

Minuman yang menyegarkan ini mengandung komposisi kacang merah dengan es serut yang ditambahkan susu krimer sebagai pemanis tambahan. minuman yang satu ini menu wajib yang harus dicicipi ketika berkunjung ke Palembang. Untuk itu jika Anda berada di Palembang, jangan lupa untuk mencicipi hidangan satu ini.

Itulah beberapa makanan Indonesia yang dapat Anda coba saat Asian Games berlangsung. Walaupun tidak dalam rangka ajang olahraga semua makanan ini pasti tersedia, tapi akan lebih istimewa lagi ketika diadakan beberapa kegiatan. Sebab, akan menjadi wadah untuk mempromoskan kebudayaan hingga kuliner khas setiap daerah.