Membahas mengenai keuangan memang menjadi hal yang sangat penting. Dengan begitu akan memudahkan Anda untuk menghindari manajemen keuangan buruk. Apalagi Anda merasakan tanda-tanda berikut ini, maka dapat dipastikan bahwa memiliki manajemen keuangan yang buruk. Untuk itu segeralah mengubahnya.

1. Tidak Memiliki Tabungan

manajemen keuangan yang buruk 01

Apabila Anda merasakan bekerja sudah bertahun-tahun lamanya, tapi tidak memiliki tabungan. Nah, jangan-jangan sistem manajemen keuangan yang buruk. Sehingga, Anda tidak pernah memiliki uang lebih untuk tabungan. Segeralah periksakan keuangan Anda setelah menerima gaji. Kemudian, lakukanlah perubahan dengan cara menyisihkan sebagian gaji untuk ditabung. Anda dapat menyisihkan beberapa persen dari gaji tersebut. Setidaknya, ada uang simpanan ketika terjadi sesuatu hal yang dadakan.

2. Tidak Pernah Menghitung Pengeluaran

manajemen keuangan yang buruk 02

Tidak sedikit yang mengabaikan hal seperti ini. Padahal ini merupakan hal terpenting agar keuangan tetap membaik. Kegiatan tidak menghitung pengeluaran ini merupakan manajemen keuangan yang buruk. Apabila selama ini Anda kurang teratur untuk menghitung pengeluaran,cobalah mulai menghitung pengeluaran dalam sebulan. Dengan begitu Anda akan mengetahui berapa banyak uang yang dikeluarkan dalam jangka waktu sebulan ini.

Baca Juga : Tips Mengatur Keuangan Agar Lebih Teratur Hingga Gajian Lagi

3. Belum Pernah Menyisihkan Pendapatan untuk Orang Tua

manajemen keuangan yang buruk 03

Bila Anda pernah merasakan selama bekerja dan menerima gaji, belum pernah memberikan sebagian dari pendapatan Anda untuk orang tua. Berarti Anda melakukan manajemen keuangan yang buruk. Nah, mulai saat ini jika sudah mengatur keuangan kembali, cobalah untuk menyisihkan sebagian dari pendapatan  dan berikan kepada orang tua.

4. Tagihan Kartu Kredit Lebih Besar dari Gaji

manajemen keuangan yang buruk 04

Jika Anda menggunakan kartu kredit juga harus hati-hati. Jangan sampai nominal yang digunakan lebih besar dari pendapatan Anda. Jika nominal tagihan lebih besar berarti Anda melakukan kesalahan dalam mengatur keuangan.

Baca juga : Orang yang Selalu Bahagia Akan Mengatur Keuangan dengan Cara Seperti ini

5. Mengikuti Gaya Hidup Konsumtif

manajemen keuangan yang buruk 05

Tidak hanya remaja saja yang mengalami hal seperti ini. Orang dewasa pun sering mengalaminya. Gaya hidup yang konsumtif saat ini lebih cenderung membuat orang membelanjakan sesuatu di luar kemampuan keuanganmereka. Nah, jika Anda merasakan hal seperti ini sebaiknya cepat-cepat diubah. Sebab, mengikuti gaya hidup akan membuat manajemen keuang menjadi buruk. Sehingga untuk menyisihkan uang tabungan saja tidak bisa dilakukan.

Itulah tanda-tanda jika Anda memiliki manajemen keuangan yang buruk. Segeralah mengubah pola kehidupan Anda, dan cobalah hidup sederhana. Kebahagiaan juga dapat terjadi saat Anda melakukan beberapa kegiatan sederhana.