Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Masakan Indonesia selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang melihat keunikan Indonesia. Bahkan beberapa warga negara asing menyukai beberapa masakan Indonesia. Mereka mengakui bahwa masakan Indonesia memiliki cita rasa yang unik dan menarik, sebab aneka rempah-rempah terasa di setiap masakannya. Keunggulan rasa rempah-rempah memang selalu menjadi ciri khas tersendiri dari makanan Indonesia. Seperti berikut ini 25 makanan khas Indonesia yang dapat Anda coba.

1. Empal Gentong

masakan khas indonesia-empal gentong

Masakan khas Indonesia yang satu ini berasal dari Jawa Barat. Berbahan dasar daging sapi dengan kuah santan dan campuran rempah-rempah yang menjadikan makanan ini penuh cita rasa menyegarkan. Penyajiannya yang selalu panas, menambah selera makan.

Baca juga : 15 Gambar Makanan Khas Indonesia Terlezat yang Membuatmu Mau Makan Terus

2. Soto Betawi

masakan khas indonesia-soto betawi

Makanan berkuah ini berasal dari Jakarta dan memiliki banyak penggemarnya. Soto betawi ini merupakan makanan khas Indonesia yang berbahan dasar sama seperti empal gentong, yaitu potongan daging sapi dan campuran kuah santan yang gurih.

3. Gabus Pucung

masakan khas indonesia-gabus pucung

Masakan khas Indonesia lainnya adalah gabus pucung. Makanan betawi dengan berbahan dasar ikan gabus yang diberikan kuah seperti sayur rawon memberikan kesan gurih dan segar. Campuran buah kluwak yang menjadikan kuah gabus pucung menjadi hitam pekat.

4. Rujak Cingur

masakan khas indonesia-rujak cingur

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Surabaya yang satu ini. Rujak cingur, yang berbahan dasar daging cingur sapi dan ditambah dengan aneka sayuran kemudian disiram kuah yang sudah ditambahkan petis sebagai bumbu rahasia. Rasanya yang gurih dan manis memberikan cita rasa berbeda. Terutama bagi Anda penggemar petis, makanan yang satu ini siap dicoba.

5. Tahu Campur

masakan khas indonesia-tahu campur

Jika Anda ingin mencoba olahan petis lainnya silakan mencicipi tahu campur khas Surabaya. Kuahnya yang segar dengan campuran petis, ditambah dengan aneka toping seperti mie kuning serta sayuran sebagai pelengkap. Paling ditunggu saat menyantap tahu campur ini adalah kuah gurih dari soto Surabaya yang dicampur dengan petis, sehingga sensasi gurih udang sangat terasa.

6. Soto Lamongan

masakan khas indonesia-soto lamongan

Penggemar masakan khas Indonesia yang berkuah pasti sudah tidak asing lagi dengan soto lamongan. Kuah bening yang dicampur dengan perasan jeruk nipis menjadikan cita rasa gurih dan asam segar. Soto lamongan terdiri dari beberapa daging ayam yang disuwir untuk dijadikan toping.

7. Gudeg

masakan khas indonesia-gudeg

Masakan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah ini selalu menjadi ciri khas kota Yogyakarta. Berbahan dasar buah nangka dan campuran daging ayam atau sapi, serta rasa yang manis menjadikan gudeg memiliki cita rasa yang unik. Bahkan jika disajikan dengan aneka menu masakan lainnya akan menambahkan beragam rasa yang membaur jadi satu.

Baca juga : Makanan Indonesia yang Wajib Dicoba Saat Asian Games 2018 Berlangsung

8. Jadah Tempe

masakan khas indonesia-jadah tempe

Makanan yang satu ini cocoknya dijadikan cemilan saat pagi hari. Komposisi jadah tempe ini adalah berupa ketan yang serupa dengan uli kemudian dimakan bersamaan tempe atau tahu bacem.

9. Soto Mie

masakan khas indonesia-soto mie

Masakan khas Indonesia tepatnya di daerah Bogor Jawa Barat ini selalu dicari untuk makan penghangat. Sebab kuahnya yang gurih serta campuran mie kuning dan aneka sayuran segar, tidak lupa juga dengan irisan kikil dan risol. Menjadikan soto mie sangat segar bisa disantap saat siang hari. Meski hangat namun kesegarannya tidak mengubah sensasi makan.

10. Kerak Telor

masakan khas indonesia-kerak telor

Makanan asal Jakarta ini juga seunik dengan namanya. Kerak telur, bagi sebagian orang mendengarkan namanya saja sudah terasa betapa gurihnya makanan yang satu ini. Namun, ternyata, nama dengan rasanya sesuai dengan yang dibayangkan. Masakan khas Indonesia yang berbahan dasar ketan dengan campuran abon dan telur ini membuat cita rasa gurih membaur jadi satu.

Itulah beberapa masakan khas Indonesia yang dapat Anda coba. Bahkan, beberapa jenis masakan tersebut dapat dibuat sendiri di rumah. Sehingga bisa makan sepuasnya deh. Masakan yang mana nih favorit Anda?