Melihat Peluang Bisnis Essential Oil yang Menarik dan Menguntungkan

Di Indonesia, aroma teraphy sudah banyak digunakan oleh masyarakat umum. Essential oil dikenal memiliki ragam khasiat. Sederet benefit yang bisa didapat dari minyak ini, mulai dari aroma harum, segar, hingga rasa hangat. Penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu meneteskannya ke diffuser berisi air bersih, lalu aromanya segera menguap dan tercium melalui udara yang menghembus keluar. Jika dilihat banyak manfaat yang akan di dapat, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka bisnis. Seperti berikut ini peluang bisnis essential oil yang perlu Anda ketahui sebelum membuka bisnis. Namun sebelumnya Anda harus mengetahui essential oil tersebut. Mulai dari essential oil hingga jenis dan manfaatnya.

1. Apa itu essential oil?

bisnis-essential-oil-02

Essential oil bukanlah minyak seperti pada umumnya, karena kandungan di dalamnya tidak mengandung asam lemak sedikitpun. Komponen essential oil benar-benar murni dari ekstrak tanaman yang jadi sumber olahannya. Adapun bagian tanaman yang diambil minyak astirinya meliputi daun, bunga, biji, akar, ranting, hingga kulit. Untuk memperoleh essential oil pada tanaman ada beberapa cara yang ditempuh, namun biasanya melalui penyulingan atau destilasi.

Prinsip destilasi adalah memisahkan komponen suatu cairan, berdasarkan tekanan uap atau titik didih masing-masing. Agak rumit memang jika mengikuti prosesnya lebih lengkap. Sumber dan proses inilah yang kemudian membuat harga essential oil tergolong mahal. Per botol ukuran 15 ml saja, bisa dibanderol lebih dari Rp 300 ribu. Melihat harga yang ditawarkan memang sangat menguntungkan. Terutama jika Anda memang hanya memfokuskan bisnis untuk menjual essential oil.

Baca juga : Tips Bikin Kartu Nama yang Kece untuk Pebisnis Muda

2. Manfaat Essential Oil yang Perlu Anda Ketahui

bisnis-essential-oil-01

Selain bermanfaat untuk relaksasi dan menenangkan pikiran karena aromanya, essential oil juga bisa jadi obat penawar berbagai penyakit. Untuk yang memiliki anak kecil, essential oil kerap dijadikan media alternatif penyembuh flu paling ampuh. Jika dilihat dari manfaat yang di dapat, Anda dapat menjadikannya peluang bisnis essential oil ini. Namun sebelum membeli essential oil untuk dijual kembali, pastikan Anda sudah mengetahui ragam manfaat dari setiap varian yang ada. Sehingga saat konsumen bertanya mengenai manfaat yang di dapat dari setiap varian tersebut, Anda dapat langsung menjawabnya.

  • Lavender : Atasi Sulit Tidur

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aroma lavender dapat meningkatkan gelombang alfa di otak yang terkait dengan relaksasi dan tidur nyenyak. Bahkan dengan mengoleskannya ke atas perut sembari dipijat, essential oil ini bisa juga meringankan meringankan gejala PMS (Premenstrual Syndrome).

  • Lemon : Perbaiki Mood

Berdasarkan penelitian di Jepang, aroma essential oil lemon dapat membantu mengendalikan gejala depresi. Bahkan, penggunaannya mampu kurangi pemakaian obat antidepresan pada penderita depresi. Karena aroma yang dihasilkan dapat menaikkan suasana hati, minyak yang satu ini juga baik untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi Anda. Selain itu, essential oil bisa juga dicampurkan bersama produk pembersih rumah, bahkan teh hangat. Namun lagi-lagi, sesuaikan dengan kebutuhan tubuh saat hendak menggunakannya.

  • Peppermint : Usir Masalah Pencernaan

Oil dengan ekstrak peppermint mengandung senyawa yang dapat menenangkan otot-otot pencernaan dan membantu mengeluarkan gas penyebab sakit perut. Jadi bila sedang mual, diare, atau kram perut, coba oleskan perut dengan peppermint oil ini.

  • Tea Tree : Mencegah Infeksi

Tea tree oil adalah salah satu essential oil yang banyak dipilih untuk melawan infeksi kulit berkat sifat antibakteri, antiseptik, dan antijamur. Untuk mengatasi ketombe misalnya, oleskan beberapa tetes essential oil ini di kepala secara langsung atau campurkan dengan shampoo sebelum digunakan untuk keramas.

3. Cara Memulai Bisnis Essential Oil

bisnis-essential-oil-05

Untuk bisnis yang satu ini memang cenderung memerlukan modal sedikit lebih banyak. Namun untuk menyiasati hal tersebut Anda dapat melakukan bisnis awal menjadi reseller. Meski modal yang dikeluarkan pertama kali lebih besar. Tapi modal tersebut bersifat produktif karena digunakan untuk membeli berbagai macam kebutuhan bisnis. Mulai dari minyak esensial, tungku pembakaran, lilin tealight, bunga-bunga dan batang-batang kering, pewarna bunga kering, packaging dan lain-lain. Peluang bisnis essential oil ini juga tidak kalah banyak menguntungkannya.

Baca juga : Hindari Kesalahan Bisnis Ini Jika Tidak Ingin Bangkrut

4. Keuntungan Bisnis Essential Oil

bisnis-essential-oil-03

Sebenarnya bisnis modal kecil ini terbilang minim kendala. Soal ketersediaan bahan baku, Indonesia sebagai penghasil rempah yang bergelimang tentu tidak akan mengalami krisis dalam hal tersebut. Hanya ada beberapa jenis essential oil saja yang kemungkinan perlu dibeli lewat importir lantaran keterbatasan jumlahnya, seperti lavender dan avocado. Rata-rata orang yang sudah menjajal bisnis essential oil, mereka bisa meraup keuntungan bersih sebanyak 40 persen dari omset. Dari keuntungan ini, banyak pula di antara mereka yang kemudian sudah balik modal pada tahun kedua usaha. Kesimpulannya, penggunaan aroma therapy kini sudah amat luas. Bukan lagi identik dengan tempat spa atau salon kelas menengah atas. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba peluang bisnis essential oil ini.

Itulah beberapa peluang bisnis essential oil yang menarik dan menguntungkan.  Anda dapat mencoba peruntungan di bisnis ini. Selain dapat menjadi peluang bisnis jangka panjang, menjual essential oil sudah pasti banyak yang mencarinya. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan branding dan kemasan atau packaging. Buatlah branding bisnis yang menarik perhatian konsumen atau calon konsumen. Setelah itu, pikirkan jenis packaging seperti apa yang ingin digunakan. Sebab branding dan packaging sudah menjadi satu kesatuan dalam membangun sebuah bisns.

Share post:

Popular

Artikel Lainnya
Serupa

Diet Sehat Dengan Mengatur Porsi Serta Takaran Antara Sayur dan Protein

Diet merupakan life goals bagi sebagian orang. Bahkan ada...

Penulis dan Hanya Penulis yang Akan Mengerti 7 Hal Ini

Hal-hal tertentu memang hanya untuk orang-orang tertentu. Apa saja...

5 Cara Sukses Bisnis Musiman yang Wajib Diketahui

Bisnis musiman sering sekali dikaitkan dengan kegagalan yang cepat....

Minuman Sehat Penyemangat Pagi Anti Ngantuk

Minuman sehat kini menjadi sebuah rutinitas yang mulai disadari...