Hidup yang teratur akan membuat Anda dapat melakukan berbagai hal dengan lebih baik. Akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan daftar prioritas jika Anda memiliki pola hidup yang terarah. Nah, bagaimana biasanya Anda mengatur kehidupan Anda? Jika selama ini Anda telah beralih menggunakan kalender digital namun masih saja terasa tidak tepat, mungkin Anda membutuhkan sesuatu yang lebih simpel tapi bermanfaat: notebook. Melalui notebook, Anda juga tidak akan mudah lupa karena Anda telah menuliskannya secara langsung. Notebook bisa Anda gunakan sebagai jurnal, penampung ide-ide yang terlintas dalam pikiran Anda, hingga berbagai hal sederhana lainnya seperti list belanjaan ataupun catatan harian. Berikut informasi lengkap tentang memanfaatkan notebook !

1. Temukan notebook yang tepat

memanfaatkan_notebook

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu Anda perlu memilih notebook yang Anda sukai, lengkap dengan pulpen yang nyaman Anda gunakan. Anda bisa memilih notebook sesuai kebutuhan ataupun keinginan, seperti notebook yang memiliki kualitas kertas yang baik dan tidak mudah robek. Atau mungkin Anda butuh notebook berukuran kecil yang mudah dibawa ke mana-mana. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda sekaligus pulpen dengan warna senada agar lebih menyenangkan dalam memanfaatkan notebook.

2. Rencanakan tipe hari ideal Anda

memanfaatkan_notebook

Pastinya Anda memiliki tipe hari yang ideal menurut Anda. Misalnya, Anda ingin menyelesaikan load pekerjaan minggu lalu atau menepati janji bertemu dengan teman kuliah akhir pekan ini. Tuliskanlah berbagai hal yang ingin Anda selesaikan setiap harinya dalam notebook Anda. Jika Anda bisa menjadi versi terbaik dari diri Anda sendiri, bagaimana tepatnya Anda ingin menghabiskan waktu dari bangun tidur hingga tidur lagi?

Baca Juga : 5 Alasan Anda Harus Membawa Notebook ke Mana Pun

3. Buat daftar keinginan Anda

memanfaatkan_notebook

Apabila Anda sudah selesai membuat tipe hari ideal, selanjutnya Anda bisa membuat daftar aspirasi. Tulislah berbagai hal yang Anda cita-citakan. Tak perlu hal yang besar, mulailah dengan hal-hal sederhana seperti menjadi pendengar yang baik, seseorang yang berpikiran positif, ataupun menjadi lebih bersemangat. Anda juga bisa menambahkan hal umum yang ingin Anda lakukan seperti lebih banyak bergerak hingga mulai serius berpikir soal pernikahan.

4. Meeting mingguan

memanfaatkan_notebook

Pilihlah waktu sekali dalam seminggu untuk mengadakan meeting dan menyusun rencana mingguan dengan diri Anda sendiri. Bukalah dua halaman kosong di notebook Anda dan tuliskan nama dan tanggal hari dalam seminggu, kemudian buat daftar hal spesifik yang harus Anda selesaikan di hari tertentu. Cara ini akan membuat Anda lebih mudah mengorganisir hidup Anda karena dalam waktu seminggu ke depan Anda sudah memiliki rencana apa hal apa saja yang harus Anda selesaikan.

5. Organisir kehidupan sehari-hari Anda dengan memanfaatkan waktu luang

memanfaatkan_notebook

Sebaiknya Anda menuliskan daftar kegiatan yang harus dilakukan setiap harinya apabila Anda sudah mengetahui dengan jelas hari Anda akan seperti apa. Jika Anda memiliki banyak hal yang harus diselesaikan dalam waktu satu hari, Anda tentunya harus mempertimbangkan jumlah waktu yang bisa Anda gunakan. Cara ini akan lebih efektif untuk mengatur jadwal Anda setiap harinya karena Anda sudah tahu apa yang bisa atau belum bisa Anda lakukan dalam waktu sehari.

Menggunakan notebook yang simpel dan tak mahal ternyata bisa membuat hidup Anda lebih teratur, bukan? Yang Anda butuhkan hanyalah kemauan dan kedisiplinan. Good luck dalam memanfaatkan notebook !