Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Bisnis coffee shop selalu diinginkan oleh sebagian orang, termasuk para anak muda yang melihat ada sebuah keuntungan dari kopi. Banyak keuntungan yang didapat, namun banyak juga yang harus Anda lakukan ketika ingin membangun bisnis coffee shop ini. Jadi tidak sembarangan membangun dan mengelola bisnis. Anda harus mempersiapkan ragam hal dengan perencanaan yang matang. Bahkan, perencanaan itu akan menentukan hasil dari sebuah bisnis.

Misalnya, Anda ingin bisnis berjangka panjang, yang harus dilakukan adalah melakukan perencanaan untuk jangka panjang. Jika ingin membangun bisnis yang sementara, yang harus dilakukan adalah membuat dua perencanaan berbeda. Bisnis sementara ini, sama halnya dengan berbisnis hanya untuk mencoba peruntungan. Apakah cocok di bisnis tersebut atau tidak. Untuk itu, tidak sedikit orang yang berbisnis hanya dalam hitungan bulan saja, setelah itu menghilang. Jika tidak ingin melakukan bisnis seperti ini sebaiknya Anda melakukan perencanaan yang matang dan jangka panjang. Jangan lupa juga untuk melakukan beberapa hal ini sebelum membangun bisnis coffee shop.

1. Persiapkan Modal

bisnis-coffee-shop-mempersiapkan-modal

Dalam membangun sebuah usaha atau bisnis yang pertama dilakukan adalah mempersiapkan modal. Sama halnya jika Anda ingin membangun bisnis coffee shop yang harus dipersiapkan adalah modal. Hitunglah secara keseluruhan berapa modal yang akan Anda gunakan. Pastikan semua harus terhitung dengan detail, sehingga tidak ada yang terlewatkan. Ini tidak hanya untuk bisnis coffee shop saja, melainkan dalam melakukan bisnis apapun Anda harus menghitung secara keseluruhan yang akan dibutuhkan sebagai modal awal. Bahkan dari modal, Anda akan mendapatkan uang tambahan sebagai cadangan pada kas bisnis. Untuk itu, perhatikan cara menghitung dengan benar dan tepat.

Baca juga : Persiapkan Beberapa Hal Ini Jika Ingin Membangun Bisnis Cafe atau Restoran

2. Menentukan Lokasi

Membahas mengenai lokasi. Ini merupakan hal paling penting dan utama yang perlu diperhatikan. Sebab, lokasi dapat menentukan kemajuan bisnis tersebut. Carilah lokasi yang tidak jauh dari pusat kota atau bahkan di pusat kota, dengan konsekuensi harganya juga sudah pasti mahal. Namun jika itu dapat menjanjikan kemajuan bisnis, kenapa tidak untuk membuka bisnis di sana. Pertama yang diperhatikan adalah, akses menuju lokasi bisnis Anda, kemudian lahan parkir juga tersedia. Dua hal ini yang utama dan perlu diperhatikan. Setelah itu, Anda dapat menambah fasilitas lainnya seperti mushola dan toilet.

3. Mengurus Perizinan

bisnis-coffee-shop-mengurus-perizinan

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan sebelum membangun bisnis coffee shop adalah mengurus perizinan. Setelah tempat atau lokasi sudah pasti ditempati, saatnya Anda mengurus berkas-berkas untuk perizinan. Memang sedikit repot dan ribet dalam mengurus perizinan, namun jika perizinan sudah lengkap Anda membangun bisnis dapat dengan tenang menjalaninya. Anda pasti tidak ingin, ketika bisnis sedang berjalan, tiba-tiba harus diberhentikan karena tidak memiliki perizinan.

4. Menentukan Konsep

bisnis-coffee-shop-menentukan-konsep

Setelah perizinan selesai, Anda dapat menentukan konsep sebelum membangun coffee shop. Cobalah membuat konsep yang unik dan berbeda dari biasanya, tentunya instagramable. Sebab, jika dilihat dari antusias para masyarakat yang lebih memilih coffee shop dengan konsep modern minimalis. Anda dapat mencoba membuat konsep coffee shop, yang lebih klasik atau minimalis dan modern. Jangan lupa juga untuk memberikan interior yang memiliki tema sama dengan konsep coffee shop.

Baca juga : 5 Kesalahan Berbisnis yang Perlu Diperhatikan Sebelum Semuanya Terlambat

5. Pilihan Menu

Anda dapat membuat menu dengan ragam pilihan menu kopi dan makanan lainnya sebelum membangun bisnis coffee shop. Buatlah menu yang juga berbeda dari coffee shop pada umumnya. Anda dapat memberikan menu yang spesial yang tersedia di coffee shop tersebut. Dengan begitu, konsumen akan lebih tertarik memesan sesuatu yang spesial. Jangan lupa untuk mengemas pilihan menu dengan sesuatu yang berbeda, seperti kemasan yang digunakan, hingga tent card untuk diletakan di atas meja. Jika Anda mencetak tent card dengan desain yang memiliki konsep, akan lebih menarik konsumen. Untuk itu, cobalah mencetak tent card dengan desain dan template yang unik di Uprint.id. Tersedia ragam bahan, ukuran, hingga harga yang dapat Anda lihat di website.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum membangun bisnis coffee shop yang perlu diketahui. Pastikan Anda merencanakan ini semua dengan matang dan untuk jangka panjang selanjutnya. Perhatikan semua hal, sebelum memutuskan meMbangun bisnis.