Percaya atau tidak, ruangan yang Anda tempati bisa mempengaruhi performa Anda dalam bekerja. Ruangan kerja yang memiliki atmosfer baik akan membuat Anda semakin bersemangat dalam bekerja. Sebaliknya, ruangan yang berantakan dan acak-acakan selain membuat Anda enggan untuk memandangnya, tentunya juga bisa menurunkan semangat kerja Anda. Oleh sebab itu, penting untuk mengatur dekorasi ruangan kerja. Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat mendekorasi ruang kerja Anda.

1. Ganti Suasana Ruangan Kerja Secara Berkala 

Mengganti tema ruang kerja sesuai pergantian musim bisa menghindarkan Anda dari kebosanan. Pergantian warna juga akan mempengaruhi mood Anda dalam bekerja. Warna yang senantiasa terbarui akan membuat diri lebih bersemangat sehingga Anda pun bisa lebih produktif.

2. Beri Sentuhan Konsep Tertentu 

Agar suasana ruang kerja lebih “hidup”, usung tema tertentu untuk ruang kerja Anda. Pastikan tema yang Anda pilih untuk ruangan bisa membuat siapa saja yang berada di dalamnya merasa nyaman. Adanya konsep khusus yang Anda terapkan pada ruang kerja akan membuat siapa pun yang memasukinya menemukan ciri khas.

3. Segarkan Ruangan dengan Tanaman Hias 

Ada satu yang tak boleh ketinggalan. Setelah siap dengan tema musiman dan konsep tertentu, Anda juga tidak boleh melupakan sentuhan alam. Letakkan vas bunga di sudut ruangan atau dekat jendela. Bukan bunga hiasan, tetapi tanaman asli. Pilih yang menggunakan media tanam air, bukan tanah. Pastikan tanaman ini mendapatkan cahaya matahari agar bisa tumbuh dengan segar dan tidak layu. Penting juga untuk mengganti air dalam vas bunga secara berkala. Dengan begitu, ruangan Anda akan tetap segar.

4. Pencahayaan itu Penting! 

Agar dapat bekerja maksimal, pencahayaan yang Anda dapatkan harus sesuai. Pencahayaan yang tepat bisa membuat Anda tetap fokus dan merasa terinspirasi untuk mengembangkan ide-ide baru. Selain itu, pencahayaan yang tepat akan membuat indera penglihatan Anda tetap sehat. Sebaliknya, jika cahaya yang Anda dapatkan terlalu terang atau gelap, maka tidak menutup kemungkinan bisa menyebabkan kepala pusing dan cepat lelah. Di saat cuaca sedang cerah, manfaatkan cahaya matahari dan gunakan lampu menjelang sore atau ketika cuaca mendung.

5. Aroma Ruangan Kerja 

Masih kurang sempurna jika ruangan kerja sudah memenuhi “standar kenyamanan” menurut Anda sendiri, tetapi atmosfer di dalamnya pengap. Untuk mengatasi hal itu, Anda memerlukan pengharum ruangan. Pengharum ruangan bisa berupa spray yang harus Anda semprotkan secara berkala maupun kemasan yang digantungkan pada badan AC. Ruangan akan semakin terasa nyaman dengan aromaterapi yang menyegarkan.

6. Jaga Kebersihan 

Tak hanya indah dipandang mata, ruang kerja juga harus bersih. Ruang kerja yang kurang dijaga kebersihannya akan menjadi berdebu dan ini akan berdampak pada udara yang Anda hirup. Ruangan yang kotor akan membuat atmosfer di dalamnya pengap.

Anda butuh merasa nyaman tak hanya ketika berada di rumah, tapi juga saat bekerja. Bagi Anda yang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan, tentu penting untuk memperhatikan penataan ruang agar tidak mudah bosan dan Anda pun bisa bekerja secara maksimal.