Hari raya Idul Fitri merupakan perayaan yang paling banyak ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia, termasuk anak-anak. Mereka selalu antusias menyambut bulan suci ramadhan setiap tahunnya. Bagi orang dewasa momen yang satu ini dapat dijadikan ajang untuk bersilahturahmi kepada saudara, teman, atau tetangga. Nah, bagi anak-anak momen lebaran tidak hanya untuk silahturahmi tapi juga momen mendapatkan uang saku atau THR lebaran. Momen sangat pas untuk Anda para orang tua mengajarkan anak mengelola uang lebaran, dan dibantu dengan 5 cara berikut.

1. Membantu Anak-anak untuk Membelanjakan Uang Mereka

mengelola uang lebaran 02

Agar uang yang mereka miliki tidak sia-sia dan habis begitu saja, dampingilah mereka dalam membelanjakan uangnya untuk hal-hal yang bermanfaat. Arahkan mereka ke barang-barang yang berguna kemudian mintalah mereka untuk memilih apa yang sedang dibutuhkan. Nah, di saat seperti itu tugas Anda sebagai orang tua adalah memberikan saran kepada si anak jika barang yang ia pilih kurang bermanfaat, agar mereka tidak merasa selalu dilarang.

Baca juga : Tips Mengajarkan Anak Cara Menabung Sejak Dini

2. Memberikan Kepercayaan Kepada Anak-anak Untuk Menyimpan Uang Sendiri

mengelola uang lebaran 04

Pada saat menghitung uang lebaran mereka, berikanlah kepercayaan kepadanya untuk menyimpan uangnya sendiri. Hal itu akan memberikan pelajaran kepada mereka untuk bertanggung jawab dan menghargai penggunaan uang yang tepat.

3. Mengajarkan Mereka untuk Berbagi Kepada Sesama

mengelola uang lebaran 05

Sebagai orang tua yang harus Anda lakukan adalah memberikan pengertian dan pengarahan kepada mereka untuk memberikan sebagian uang kepada yang membutuhkan. Dengan begitu, Anda sudah mengajarkan mereka untuk peduli kepada orang lain yang lebih membutuhkan dan mengajarkan mereka untuk bersedekah.

4. Mengajarkan Anak-anak untuk Menabung

mengelola uang lebaran 03

Cara yang satu ini memang tergolong agak sulit bagi orang tua yang menginginkan anaknya untuk mengelola uang lebaran dengan cara menabung. Tapi tidak perlu khawatir, Anda berikanlah pandangan ke depan kepada mereka mengenai nikmatnya menabung, dan nikmatnya membeli barang dari hasil tabungan mereka. Dengan begitu, mereka akan perlahan menyisihkan atau bahkan menyimpan semua uang lebaran.

5. Mengajarkan Mereka untuk Melakukan Kegiatan Berwirausaha Sederhana

mengelola uang lebaran 01

Agar lebih bermanfaat lagi dan memberikan pengalaman tersendiri kepada mereka, buatlah tantangan untuk berwirausaha. Peran Anda sebagai orang tua sangat diperlukan, tanyalah mereka mengenai wirausaha, dan apa yang diinginkan. Setelah itu, berilah penjelasan dan bukalah bisnis kecil-kecilan bersama Anda. Dengan begitu, Anda sudah mengajarkan mereka untuk hidup mandiri dengan mencari uang dan menabung dari usaha mereka.

Itulah 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengajarkan anak-anak mengelola uang lebaran dengan lebih baik lagi dan tentunya lebih bermanfaat.