Semua orang sudah mengetahui bahaya yang ditimbulkan oleh karbohidrat seperti nasi ini. Jika dikonsumsi berlebih, tidak akan mendapatkan manfaat yan baik bagi tubuh. Seperti, dengan mudah terjangkit penyakit yang namanya diabetes. Untuk itu cobalah mengganti asupan karbohidrat tersebut dengan menu istimewa yang satu ini ubi jalar.

mengganti asupan karbohidrat 02

Mendengar kata ubi jalar, pasti Anda akan berpikir mengenai umbi yang berwarna oranye, ungu, dan kuning ini. Ubi jalar memang memiliki warna yang berbeda, perbedaan warna tersebut diakibatkan oleh kandungan fitonutrisi dan phytonutrient, keduanya merupakan senyawa kimia yang biasa ada pada tumbuhan. Ubi jalar yang berwarna ungu memiliki kandungan antosianin yang dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah. Sedangkan ubi jalar yang berwarna oranye memiliki kandungan beta-karoten dan antioksidan yang tinggi. Apapun warna ubi jalar dapat menjadi alternantif untuk mengganti asupan karbohidrat dari nasi yang kurang menyehatkan.

Baca juga : 5 Fakta Menakjubkan Terjadi Pada Tubuh Saat Menjadi Vegan

mengganti asupan karbohidrat 03

Jika Anda secara rutin mengkonsumsi ubi jalar untuk mengganti asupan karbohidrat, akan meningkatkan daya pengelihatan karena mengandung banyak vitamin A. Selain itu mengkonsumsi ubi jalar secara rutin juga akan membantu melindungi sistem imun tubuh karena mengandung vitamin C yang tinggi. Meski memiliki banyak vitamin rasa yang dikeluarkan dari ubi jalar ini terasa manis, namun manis yang dihasilkan dari ubi tersebut adalah rasa manis alami bukan buatan.

mengganti asupan karbohidrat 04

Oleh sebab itu, bagi penderita diabetes mengganti asupan karbohidrat dengan mengkonsumsi ubi jalar sangat disarankan. Manisnya rasa ubi jalar ini, tidak mempengaruhi kadar gula bagi penderita diabetes. Justru disarankan untuk selalu mengkonsumsi ubi jalar sebagai pengganti nasi. Selain mengandung banyak vitamin, ubi jalar ini memiliki kandungan yang baik bagi penderita diabetes seperti kandungan glikemik yang rendah dan serat yang tinggi. Dengan begitu ubi jalar akan menyerap kadar manisnya gula darah dengan perlahan jadi akan mencegah kenaikan gula darah secara mendadak.

Baca juga: 6 Alasan Kamu Harus Mulai Bergaya Hidup Sehat

mengganti asupan karbohidrat 05

Jika Anda tidak ingin mengkonsumsi ubi jalar secara langsung tanpa di olah, Anda dapat membuat beberapa masakan yang mengandung bahan dasar dari ubi jalar ini. Biasanya orang mengkonsumsi ubi jalar dengan cara dikukus, jika Anda tidak ingin mengukus cobalah untuk bereksperimen dengan olahan ubi jalar. Selamat mencoba!