Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id
 

Bahkan jika kamu bukanlah seseorang yang terlahir sebagai penjual dan pembicara yang hebat, kamu tetap dapat mempromosikan ide-idemu secara efektif dengan rencana yang baik. Lihatlah kiat-kiat berikut ini yang bisa meningkatkan angka penjualan produkmu berkali-kali lipat dari presentasi sebelumnya!

1. Ciptakan Persona

meningkatkan angka penjualan dengan ciptakan persona

Ini adalah cara yang bagus untuk menjadi sedikit lebih imajinatif. Kamu tidak perlu menyajikan produk atau layanan yang kam tawarkan sebagai dirimu sendiri. Namun saat ini kami sedang tidak menyarankanmu untuk membuat teman khayalan. Kami menyarankan agar kamu menempatkan diri pada posisi klien potensial dan berpikir tentang siapa yang paling ingin mereka tangani ketika membeli produk atau layanan yang kamu tawarkan. Luangkan waktu dengan persona “pemilik bisnis yang sempurna”, dan kemudian masukkan ke dalam presentasimu.

Kiat untuk menciptakan persona yaitu kesan pertama selalu penting. Targetkan klien potensial dan kemudian analisis tentang diri mereka sehingga kamu dapat menciptakan “bisnis yang sempurna” untuk klien itu adalah latihan pikiran yang luar biasa untuk membantu lebih memahami target audiens dan lebih memahami keinginan dan kebutuhan mereka. Setelah kamu tahu siapa yang kamu hadapi, dan apa yang mereka inginkan, kini saatnya kamu meletakkan informasi ajaib tentang produkmu dengan pilihan kata yang tepat.

Meski imajinatif, namun jangan pula terlihat secara aneh. Kamu tentunya tidak ingin pelanggan berpikir bahwa mereka berurusan dengan seseorang yang tidak nyata. Meskipun, ada beberapa orang yang tampaknya memiliki sedikit keberhasilan dengan ini, namun belum tentu itu cocok untukmu. Maka tips pertama untuk meningkatkan angka penjualan lewat presentasi bisnismu, kamu harus mengenali persona yang paling tepat untuk menggambarkan bisnismu.

Baca juga: 4 Cara Menghasilkan Penjualan Pertama dalam Waktu 10 Hari

2. Temukan Kata Kunci Unggulan untuk Brand Bisnismu

meningkatkan angka penjualan dengan keyword

Kata kunci unggulan adalah ringkasan satu kalimat dari merk dagangmu. Ini adalah hal yang kamu sangat ingin orang mengingatnya, bahkan setelah mereka meninggalkan ruangan. Perlu dijelaskan apa ide yang kamu dapatkan, untuk siapa, dan mengapa itu bisa nampak hebat. Untuk memberikan contoh, berikut ini adalah kata kunci unggulan untuk produk Rubik’s Cube:

“Kotak teka-teki ukuran saku berwarna-warni untuk segala usia yang bisa diputar ke segala arah.”

Untuk benar-benar mendapat ide yang menarik, kamu mungkin perlu sedikit memaksimalkan fungsi kepala, tapi untungnya kamu memiliki banyak waktu untuk memulainya sebelum hari pemasaran tiba.

Baca juga: 6 Cara Cerdas Membagikan Brosur Agar Penjualan Meningkat

3. Jangan Pelit dalam Menjelaskan Secara Detail

meningkatkan angka penjualan dengan presentasi detail

Selama kamu masih hidup dan bernafas, mudah untuk melebih-lebihkan betapa mudahnya orang lain memahami. Sepertinya kamu mengeja kata yang sudah jelas, tetapi pastikan kamu juga menyertakan detail dasar dari proposal bisnismu, termasuk latar belakang bagaimana kamu memunculkannya dan pengetahuan khusus apapun yang kamu peroleh tentang cara mengembangkannya.

Cara yang baik untuk menguji ini adalah dengan mempraktekkan promosi merkmu pada teman atau anggota keluarga yang sama sekali tidak terlibat dalam pekerjaanmu. Jika setelah presentasimu, mereka tertarik untuk membeli produkmu, maka artinya kamu telah berhasil meningkatkan angka penjualan lewat kata-kata yang kamu gunakan.

Baca juga: Tips Jitu Meningkatkan Penjualan dengan Promosi

 4. Gunakan Kata-kata yang Penuh Semangat

meningkatkan angka penjualan dengan kata semangat

Sangatlah menggoda untuk menggunakan jargon bisnis atau perubahan gaya presentasi, terutama ketika kamu gugup. Tetapi kamu bisa membuat lebih banyak dampak pada calon pelanggan jika kamu dapat menggunakan bahasa yang jelas dan langsung untuk membuat merkmu terlihat menonjol dan berbeda lain daripada yang lain.

5. Ingat untuk Berhenti Sejenak

meningkatkan angka penjualan dengan berhenti sejenak

Banyak orang membuat kesalahan saat berbicara dengan kecepatan berpikir ketika mempresentasikannya. Menggunakan jeda di antara kalimat yang kamu ucapkan memungkinkan waktu bagi pendengar untuk mengambil dan memproses apa yang kamu katakan. Awalnya mungkin tidak terasa alami, tetapi ketika kamu sudah terbiasa, hal itu akan memberimu ruang bernapas ekstra yang juga sangat berharga.

Baca juga: Ingin Sukses Membangun Identitas Merk Bisnis Anda? Begini Caranya!

6. Jangan Membaca dari Slide Presentasimu

meningkatkan angka penjualan tanpa lihat slide

Jika kamu menampilkan slide, kamu harus tahu apa peran slide tersebut di lapangan. Mereka ada di sana untuk mengilustrasikan kata-katamu, bukan bertindak sebagai kartu petunjuk. Jika kamu merasa gugup atau kehilangan kata-kata, mudah menggunakan frasa pada slide untuk menjaga alur pembicaraanmu agar tetap berjalan. Tetapi pengalaman dari berbagai sumber, pendengar tidak akan nyaman jika mereka membaca hal yang sama seperti yang mereka dengar.

Sebagai gantinya, coba gunakan slide sederhana yang berbasis gambar dan tidak lebih dari beberapa butir pendek. Kamu dapat menggunakannya sebagai tanda untuk mengingatkanmu tentang maksud presentasimu, daripada skrip untuk dibaca.

Baca juga: Pengertian Marketing yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis

7. Gunakan Antusiasme

meningkatkan angka penjualan dengan antusiasme

Idemu bagus, kan? Jadi jangan takut untuk berteriak dari atap rumah. Kamu tidak akan tampak arogan, sombong, atau kasar meskipun kamu menyanyikan pujian bagi diri sendiri di tengah lapangan. Pelanggan ingin tahu apa yang kamu tawarkan dan bagaimana hal itu dapat bermanfaat bagi mereka.

Jika kamu benar-benar percaya dengan apa yang kamu tawarkan dan keunggulannya, biarkan antusiasmemu terlahir secara spontan sehingga presentasi pemasaranmu akan semakin bersinar. Jangan pula menahan diri untuk menjelaskan mengapa kamu begitu bersemangat. Bukankah kamu hadir di tengah-tengah mereka untuk meningkatkan angka penjualan?

Baca juga: Lima Tips untuk Menjalankan Acara Perusahaan yang Sukses

8. Sampaikan Harga dengan Jelas

meningkatkan angka penjualan dengan harga jelas

Banyak penjual menjadikan harga sebagai privasi, padahal sesungguhnya psikologi angka adalah hal yang baik untuk meningkatkan angka penjualan. Coba jika kamu sebagai seorang pembeli dan masuk ke sebuah toko online yang menarik pemasarannya, namun kamu kesulitan mencari harga produknya? Apakah kamu akan tetap membeli produk tersebut? Biasanya dengan kasus seperti itu, hanya akan membuat calon klien potensial kebingungan lalu akhirnya meninggalkan web tanpa melakukan pembelian apapun.

Kamu perlu tahu bahwa copywriting sangat penting, tetapi begitu juga nomor (atau kata yang menunjukkan angka!). Pertimbangkan untuk menuliskan harga produk sebagai kata, bukan angka. Banyak orang secara insting malu ketika mereka melihat angka-angka muncul. Ini mungkin tidak berlaku untuk semua bisnis, tetapi untuk beberapa (seperti restoran), itu bisa menjadi elemen dekoratif yang juga berperan pada psikologis.

Baca juga: Aktivitas Weekend yang Dapat Memaksimalkan Keuanga

9. Dengarkan dan Terapi

meningkatkan angka penjualan dengan mendengarkan

Jika presentasimu berjalan dengan baik, maka audiens akan mengajukan beberapa pertanyaan terkait apa yang telah kamu sampaikan. Pastikan kamu menyisakan banyak waktu untuk membuka tanya jawab ketika merencanakan materi promosimu. Kamu juga perlu menyiapkan amunisi jawaban secara terbuka dan jujur ​​ketika banyak pertanyaan yang muncul.

Jika kamu tidak punya jawaban, lebih baik tidak menjawabnya secara gamblang. Lebih baik jika kamu mengatakan sesuatu seperti “Pertanyaan bagus! Saat ini saya tidak memiliki jawabannya, jadi biarkan saya mengirim email kepada bapak/ ibu untuk menindaklanjuti ketika saya sudah memeriksanya. ”

Setelah kamu menyampaikan presentasi bisnismu, jalin hubungan dengan audiens melalui kartu nama yang dirancang dengan indah dan elegan untuk mewakili merk dagangmu. Dengan ide-ide di atas, pastikan untuk mengambil pendekatan imajinatif  dan kreatif untuk memasarkan produk bisnismu dan kamu akan meningkatkan angka penjualan secara signifikan. Bahkan kamu mungkin terkejut atas apa yang kamu dapatkan kembali setelah melakukan 9 tips di atas!