Dehidrasi rentan terjadi setelah tidur semalaman. Banyak orang, yang mengkonsumsi kopi hitam setelah bangun tidur, dengan tujuan agar mendapatkan kesegaran kembali. Pasalnya, menurut penelitian kopi tidak baik diminum pada pagi hari. Terutama saat perut sedang kosong dan tubuh kekurangan cairan. Untuk itu, cobalah mengurangi konsumsi kopi hitam setelah bangun tidur. Bahkan Anda dapat menggantinya dengan aneka minuman seperti berikut ini.

Baca juga: Jenis Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Bersama Sangat Bermanfaat

1. Teh Jahe

minuman-sehat-01-teh-jahe

Jika Anda terbiasa dengan minum air hangat setelah bangun pagi, dapat mencoba teh jahe ini. Teh dengan campuran jahe ini merupakan minuman sehat yang dikonsumsi pagi hari. Mengkonsumsi minuman dengan campuran jahe akan dapat meredakan sakit dan nyeri pada otot. Sehingga hal ini dapat membantu Anda beraktivitas sepanjang hari. Jahe juga mampu menurunkan kadar gula darah serta dapat membantu tubuh mengatur respon insulin dengan lebih baik.

Anda dapat membuatnya dengan mudah yaitu dengan cara rebus air selama 5 menit, kemudian masukan parutan jahe yang sudah dicuci bersih. Setelah itu Anda boleh menyaringnya atau dibiarkan bercampur dengan teh. Jika ingin mendapatkan rasa kuat dari jahe, Anda dapat membiarkan ampas parutan jahe bercampur dengan teh.

2. Jus Lidah Buaya

minuman-sehat-02-jus-lidah-buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak kandungan bermanfaat bagi kulit. Namun tidak hanya itu saja, mengkonsumsi jus lidah buaya ternyata mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan. Seperti, sembelit, perut kembung, radang usus, hingga gangguan asam lambung. Bahkan, lidah buaya dapat menurunkan gula darah dan meredakan radang tenggorokan. Sebab, lidah buaya kaya akan zat gizi yang penting, seperti vitamin B, C, E, asam folat, dan vitamin B-12. Anda dapat mencampurkannya dengan air atau teh hangat untuk dikonsumsi di pagi hari.

3. Air Jeruk atau Lemon

minuman-sehat-03-air-jeruk

Segarkan tubuh dan pikiran dengan minum segelas air lemon atau jeruk hangat di pagi hari. Kandungan vitamin c yang terdapat dalam buah jeruk atau lemon dapat meningkatkan stamina tubuh sepanjang hari. Selain itu, jeruk atau lemon memiliki antioksidan dan mineral yang dapat membantu membersihkan racun dari dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat terlindungi dari beragam penyakit dan tidak mudah sakit.

Cara membuatnya mudah. Malam sebelum tidur Anda dapat membuat infused water dengan memasukkan irisan buah lemon ke dalam sebotol air putih, kemudian dinginkan di kulkas selama tidur. Jika ingin diminum hangat, peras air lemon ke dalam secangkir air hangat. Jika ingin terasa sedikit manis, Anda dapat menambahkan madu dalam minuman. Konon katanya, minum air jeruk atau lemon hangat di pagi hari, mampu menghilangkan lemak dan baik untuk diet. Jika Anda ingin diet, cobalah minim air jeruk atau lemon hangat ini di pagi hari.

4. Air Kelapa

minuman-sehat-04-air kelapa

Minum air kelapa di pagi hari dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah semalaman tidak makan dan minum. Dilansir dari laman Healthline, air kelapa kaya akan antioksidan untuk membuang racun dan menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh. Tidak hanya itu, air kelapa juga menjaga detak jantung tetap teratur dan melancarkan metabolisme tubuh. Dengan rutin minum air kelapa, dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, serta menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida (lemak jahat dalam tubuh). Semua manfaat ini akan lebih baik lagi jika minum air kelapa segar, bukan yang kemasan. Anda dapat membeli stok air kelapa segar dan kemudian simpan di kulkas untuk dinikmati setiap hari.

Baca juga : Kopi Tidak Sekedar Minuman, Ketahui 3 Filosofi Kopi Berikut yang Akan Membuat Kita Lebih…

5. Jus atau Smoothies

minuman-sehat-05-smoothies

Ternyata minum jus atau smoothies di pagi hari dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang berkurang atau hilang saat tidur. Minuman sehat ini dapat Anda buat dengan campuran ragam buah-buahan lainnya. Minuman ini juga dapat memberikan asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan sepanjang hari. Selain itu dengan minum jus atau smoothies ini Anda akan merasa kenyang seharian, sebab kandungan serat yang dihasilkan dari buah ini membantu menjaga kadar lapar dari dalam perut. Jika Anda ingin mendapatkan sensasi lebih kenyang ketika minum jus, cobalah untuk mencampurnya dengan beragam jenis sayuran.

Itulah minuman sehat agar hari Anda selalu bersemangat. Terutama jika berkegiatan di pagi hari. Selain beberapa minuman yang disebutkan di atas, Anda dapat juga minum air putih setelah bangun tidur. Mengkonsumsi air putih dapat membantu menjaga sistem pencernaan agar lebih sehat dan baik.