Bagi pengusaha pemula, membangun sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Banyak kendala yang dapat terjadi, seperti kurangnya modal usaha. Nah, untuk hal ini yang diperlukan adalah modal dari beberapa investor agar dapat menunjang bisnis Anda. Dengan tips jitu ini, Anda akan mudah mendapatkan dan mencari modal usaha dari beberapa investor. Berikut 6 tips jitu mendapatkan dan mencari modal dari investor.

1. Menyusun Laporan Neraca Menjadi Lebih Baik

modal_dari_investor_01

Sebelum menentukan siapa saja yang akan menjadi sasaran untuk investasi di perusahaan, sebaiknya Anda menyusun terlebih dahulu laporan neraca perusahaan. Selain untuk menambahkan poin di hadapan investor, Anda dapat meyakinkan investor untuk bergabung dengan harapan akan mendapatkan profit dari perusahaan.

2. Mengajukan Proposal

modal_dari_investor_02

Business kit seperti proposal sangatlah penting untuk meyakinkan investor bergabung dengan perusahaan Anda. Melalui proposal, investor dapat mengetahui perusahaan Anda dengan lebih jelas dan rinci. Anda juga dapat memberikan busisness kit kepada calon investor yang berisi kartu nama Anda, brosur perusahaan atau company profile.

Baca juga : 5 Alasan Pentingnya Amplop dan Kop Surat Pada Business Kit

3. Lakukanlah Presentasi yang Menarik dan Meyakinkan

modal_dari_investor_03

Presentasi merupakan penilaian yang utama dari investor kepada Anda. Nah, maksimalkan diri Anda pada saat presentasi, berikanlah penampilan yang meyakinkan dalam mendeskripsikan perusahaan. Buatlah slide yang simpel dan tidak terlalu banyak tulisan. Berikanlah titik fokus yang ingin Anda sampaikan ke investor, agar dapat tersampaikan dengan baik.

4. Menjelaskan Resiko dari Perusahaan Anda

modal_dari_investor_04

Setiap bisnis memiliki berbagai macam resiko, begitu juga dengan bisnis yang Anda dirikan. Mendeskripsikan kepada investor mengenai resiko-resiko yang dapat terjadi pada investor di perusahaan Anda. Jangan ada yang disembunyikan, jika Anda ingin mendapatkan modal dari investor.

5. Membuat Strategi Usaha yang Menarik

modal_dari_investor_05

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh calon investor adalah strategi usaha apa yang akan Anda lakukan setelah mendapatkan modal dari investor berupa dana usaha. Nah, sebelum pertanyaan itu diajukan lebih baik sudah mempersiapkannya terlebih dahulu agar saat diajukan pertanyaan serupa Anda dapat menjawab secara tepat dan yakin.

6. Mengikuti Kegiatan Pameran atau Bazzar

modal_dari_investor_06

Bagi setiap pengusaha harus memiliki strategi untuk kemajuan bisnis Anda, seperti dengan mengikuti kegiatan bazzar atau pameran. Dengan cara itu dapat membantu bisnis Anda dilirik oleh investor. Kegiatan pameran bisnis biasanya banyak para investor yang memang berniat untuk investasikan sebagian hartanya di beberapa bidang usaha. Untuk memudahkan para investor mengenal perusahaan, Anda dapat menggunakan banner atau x banner yang diletakan di depan stand bisnis Anda. Jika ingin calon investor mengetahui lebih dalam mengenai perusahaan Anda, dapat juga menggunakan brosur agar dapat dibaca secara jelas dan terperinci.

Baca juga : Ketahui Tips Penting Membuat Desain Banner yang Baik

Itulah 6 tips jitu bagi Anda pebisnis pemula untuk mendapatkan modal dari para investor. Perlengkapan pendukung juga harus dipersiapakan secara rapi dan menarik, seperti dari pemilihan desain dan struktur kalimat yang tepat dan mudah dipahami. Apalagi, jika desain tersebut Anda sendiri yang membuatnya, maka akan lebih berkesan.

Nah, saat ini tidak perlu repot-repot pergi ke percetakan bagi yang tidak memiliki waktu senggang, Anda dapat melakukan cetak business kit secara online di Uprint.id. Tinggal menentukan ukuran, jenis kertas, finishing, dan kemudian mengirimkan desain yang Anda inginkan. Terakhir, terima beres semuanya, pastikan desain dan warna yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan.