Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Lebaran adalah momen yang paling ditunggu dan dinantikan oleh umat muslim di dunia. Bukan hanya hidangan lebarannya saja yang dirindukan, melainkan momen berkumpul bersama keluarga menjadi hal yang paling dinanti. Ada banyak cara memanfaatkan momen lebaran bersama keluarga. Seperti berikut ini beberapa kegiatan untuk memanfaatkan momen lebaran.

1. Tradisi Sungkeman

lebaran-sungkeman

Lebaran selalu identik dengan momen saling memaafkan satu dengan yang lain. Ketika lebaran tiba, seluruh keluarga berkumpul di salah satu rumah keluarga yang dituakan. Misalnya di rumah orang tua, menjadi tempat utama kala berkumpul. Di saat inilah tradisi sungkeman atau minta maaf kepada orang tua berjalan dengan damai dan haru. Satu persatu anggota keluarga berjalan dan menghampiri orang tua untuk meminta maaf atas semua kesalahan yang pernah terjadi. Tradisi ini biasanya dilakukan setelah selesai menjalani sholat Idul Fitri. Tepatnya di pagi hari, setelah itu dilanjutkan dengan makan bersama dan kemudian berkeliling ke rumah tetangga dan kerabat sekitar.

Baca juga : Berikan Kartu Ucapan Lebaran Agar Momen Hari Raya Semakin Berkesan

2. Foto Bersama

Pada saat lebaran juga menjadi sebuah momen yang tidak terlupakan. Pasalnya semua keluarga berkumpul dan menjalin silaturahmi dengan sangat hangat. Momen ini tidak boleh dilewatkan atau disia-siakan. Sebab Anda dapat mengabadikan momen dengan cara melakukan foto bersama. Dengan begitu, Anda memiliki ragam kenangan dari tahun ke tahun. Tidak perlu foto di studio, mengambil sudut ruangan di rumah akan jauh lebih berkesan. Sebab memiliki kenangan yang beragam setiap tahunnya. Hal ini juga akan terasa berbeda saat adanya keluarga tambahan di dalam satu keluarga tersebut. Selain itu, Anda juga dapat mengabadikan momen dengan cara merekam semua kegiatan yang sedang terjadi saat itu. Setelah itu, Anda dapat membuat video dokumenter keluarga sendiri yang dapat disaksikan secara berulang.

3. Bernostalgia

lebaran-bernostalgia

Tidak sedikit keluarga yang menjadikan momen lebaran sebagai momen nostalgia. Terutama mereka yang sudah memiliki keluarga masing-masing dan tinggal di daerah lain. Maka saat lebaran inilah, menjadi waktu yang tepat untuk mengenang masa lalu bersama keluarga besar di hari raya. Suasana seperti ini juga akan sangat terasa saat kedua orang tua sudah mulai menua atau bahkan hanya tinggal kenangan. Anda dan saudara-saudara akan merasakan perbedaan yang cukup terasa di hari raya.

4. Makan Bersama

lebaran-makan-bersama

Biasanya momen makan bersama ini hanya dapat dijumpai pada waktu-waktu tertentu. Misalnya hanya saat makan malam, atau bahkan saat ada acara keluarga. Kegiatan yang satu ini sudah pasti sangat dinanti. Makan masakan khas hari raya hingga kue-kue yang disajikan saat hari raya tiba. Pada saat makan bersama ini, momen yang paling sering terjadi adalah saling bercerita kenangan kala itu saat masih berkumpul dengan keluarga dan belum memiliki keluarga sendiri. Bahkan, ada beberapa keluarga yang mengambil momen ini untuk menceritakan kebiasaan orang tua terdahulu saat menghadapi momen hari raya.

Baca juga : Tips Mendapat Tiket Mudik Murah Menjelang Hari Raya Lebaran

5. Jalan-jalan Bersama

lebaran-jalan-jalan-bersama

Selain melakukan aktivitas di dalam rumah, Anda dan keluarga dapat memanfaatkan momen dengan jalan-jalan bersama. Mendatangi rumah sanak keluarga lainnya atau hanya berjalan-jalan ke tempat wisata. Semua dapat dilakukan dan memanfaatkan hari libur lebaran bersama keluarga. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi makam leluhur untuk melakukan ziarah kubur dan mendoakan mereka yang telah tiada. Hal ini juga dapat mengembalikan memori akan hal di beberapa tahun silam.

Itulah momen lebaran bersama keluarga yang penuh haru dan tentunya sangat menyenangkan. Tidak banyak orang yang merayakan hari raya bersama keluarga. Oleh sebab itu, jika Anda masih memiliki keluarga, pastikan untuk tetap selalu menjalin silaturahmi meski setelah lebaran usai.