Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Teruntuk para fresh graduate yang akan mulai bekerja, sebaiknya mempersiapkan beberapa hal ini agar pekerjaan lebih lancar. Bahkan beberapa hal ini merupakan file penting bagi fresh graduate. Biasanya beberapa perusahan menginginkan ketika karyawan barunya terutama fresh graduate harus memiliki file atau berkas-berkas penting untuk mendukung kinerja. Berikut ini persiapan bagi fresh graduate yang harus diutamakan saat mulai bekerja.

1. Memperbaharui Data Diri atau Curriculum Vitae (CV)

jauh dari sukses 05

Sering-seringlah memperbarui CV, sebab beberapa perusahaan akan lebih tertarik dengan fresh graduate yang aktif memperbarui data diri mereka. Terutama CV online, cobalah menambahkan sesuatu yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para perusahaan pencari karyawan. Misalnya menambahkan project yang sedang dilakukan sambil menunggu pekerjaan datang, hingga menambahkan pengalaman berharga yang berkesan.

Baca juga : Ternyata 5 Hal Ini yang Harus Dipersiapkan Generasi Milenial Sebelum Berbisnis

2. Ijazah dan Transkip Kelulusan

persiapan bagi fresh graduate 01

Jangan menyepelekan file penting bagi fresh graduate yang satu ini. Ijazah dan transkip kelulusan sebaiknya disimpan sebaik mungkin agar tidak rusak. Bahkan Anda dapat melaminating berkas-berkas penting tersebut agar menjaga keaslian berkas tersebut. Sebab tinta pada kertas mudah sekali hilang. Ini merupakan persiapan bagi fresh graduate yang harus disiapkan saat mulai bekerja.

3. Rajinlah Membuka Situs Lowongan Kerja

persiapan bagi fresh graduate 02

Bagi para fresh graduate membuka situs lowongan kerja merupakan hal yang wajib dilakukan. Dengan begitu Anda akan menemukan banyak peluang mengenai lowongan kerja. Dari mulai yang sesuai dengan passion hingga yang tidak sesuai. Bahkan, dengan adanya situs dapat mempermudah pelamar kerja untuk melamar pekerjaan yang diinginkan tanpa harus mengunjungi perusahan satu persatu seperti beberapa belas tahun yang lalu.

4. Siap-siap Mencari Kos

persiapan bagi fresh graduate 03

Jangan lupa juga untuk siap-siap mencari kos. Bagi Anda yang merantau sebaiknya hal pertama dan harus dilakukan adalah mencari kos untuk tempat tinggal. Jika Anda memiliki saudara di perantauan, tidak ada salahnya untuk menumpang beberapa hari sampai sudah masuk bekerja. Namun pastikan Anda sudah benar-benar positif bekerja jika belum sebaiknya jangan nekat untuk ke daerah manapun. Sebab itu akan membuang uang dan waktu dengan sia-sia.

Baca juga : Bisnis yang Satu Ini Cocok Buat Kalian Si Hobi Belanja. Dijamin Balik Modal Lebih!

5. Bersiaplah Membuat Data Penting

cara membuat blog 01

Bagi fresh graduate tidak ada salahnya juga untuk membuat data penting lainnya seperti NPWP untuk melengkapi data diri tambahan. Dengan begitu persiapan bagi fresh graduate semakin lebih matang dan siap memulai bekerja.

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai bekerja. Bahkan persiapan bagi fresh graduate seperti di atas memang sangat dibutuhkan. Terutama bagi Anda yang ingin mencoba merantau dari daerah asal, demi menemukan sebuah pekerjaan yang lebih mantap.