Pernikahan itu seperti sebuah perjalanan panjang yang tidak pernah Anda tempuh sebelumnya. Anda memerlukan persiapan khusus jika Anda memutuskan dengan sepenuh hati bahwa Anda ingin mengambil jalan tersebut. Pernikahan itu tidak sesederhana kelihatannya. Persiapan wanita sebelum menikah ada tiga dan ketiga hal ini semuanya penting. Apa saja?

1. Persiapan menjadi seorang istri

pexels-photo-25015

Persiapan wanita sebelum menikah yang terutama dan terpenting adalah persiapan menjadi seorang istri. Begitu Anda menikah, Anda akan memasuki tahap kehidupan baru, yaitu kehidupan berumah tangga.

Anda akan menjalani kehidupan Anda dan menghabiskan kebanyakan waktu bersama suami, tak lagi bersama orang tua. Bukan lagi orang tua yang bertanggung jawab terhadap Anda, tetapi suami Anda.

Setelah menikah dengan kekasih Anda, maka Anda mengemban tugas baru, yakni sebagai seorang istri. Menjadi seorang anak berbeda dengan menjadi seorang istri. Tugas dan tanggung jawab seorang istri jauh lebih besar dan berat daripada seorang anak.

Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan diri menjadi seorang istri yang dapat diandalkan oleh suami.

2. Persiapan menjadi seorang ibu

newborn-baby-mother-adorable-38535

Selain menjadi seorang istri, persiapan wanita sebelum menikah selanjutnya adalah menjadi seorang ibu. Pada umumnya pasangan yang menikah bukan hanya ingin menghabiskan hidup bahagia bersama, tetapi juga mendapatkan anak untuk meneruskan garis keturunan.

Jika memang demikian, maka jika Anda memutuskan untuk menikah, Anda juga harus siap untuk menjadi ibu dari sang buah hati Anda kelak. Banyak sekali wanita yang menikah dalam usia sangat muda, namun belum siap menjadi ibu bagi anaknya, menyedihkan sekali bukan? Jangan sampai hal tersebut terjadi pada Anda.

Menjadi seorang ibu yang dapat memberikan kasih sayang sekaligus mendidik anaknya menjadi pribadi yang baik bukanlah perkara mudah. Ada pepatah yang mengatakan, “kehidupan tidak datang dengan sebuah buku petunjuk, tetapi datang dengan seorang ibu.”

3. Persiapan menjadi seorang menantu

family

Terakhir, persiapan wanita sebelum menikah yang tak kalah pentingnya adalah persiapan menjadi seorang menantu. Setelah bersatu dengan kekasih, maka ibunya adalah ibu Anda juga.

Jadi, Anda memiliki kewajiban untuk menyayangi, menghormati dan menghargainya layaknya ibu Anda sendiri.

Baca juga: Sedang Mempersiapkan Pernikahan? Jangan Sampai Melakukan 6 Kesalahan Fatal Berikut