Kesehatan adalah harta paling berharga. Apa gunanya kekayaan dan hal-hal menyenangkan lainnya jika kamu tidak sehat? Kamu pastinya akan menjalani hidup dengan menderita. Banyak hal yang perlu kamu lakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Salah satunya adalah dengan menjaga pola makan. Inilah pola makan sehat yang harus kamu terapkan setiap hari jika kamu memang serius ingin sehat:

1. Jangan pernah melewatkan sarapan

pola makan sehat awali dengan sarapan

Penelitian telah membuktikan bahwa mereka yang menjalani hidup sehat dan tidak kelebihan berat badan adalah mereka yang selalu mengawali hari dengan sarapan yang cukup dan sehat. Seberapa pun sibuknya dirimu, pastikan kamu selalu menyisihkan waktu untuk sarapan. Sarapan adalah makanan terpenting dalam sehari. Jika kamu sarapan, kamu tidak akan terlalu cepat merasa lapar lagi hingga siang hari. Selain itu, kamu juga lebih bersemangat dan fokus dalam menjalani aktivitas.

Baca juga : Makan Sehat Saat Perayaan Lebaran? Bagaimana Caranya?

2. Makan dalam jumlah lebih sedikit namun sering

pola makan sehat - makan sedikit

Makan dalam porsi lebih sedikit daripada porsi normalmu yang biasa sangat dianjurkan. Saat manusia tak makan selama lebih dari tiga jam, hormon stres di dalam tubuh akan meningkat. Jadi, yang sebaiknya kamu lakukan adalah makan dalam porsi lebih kecil tetapi tingkatkan frekuensi makanmu menjadi lebih sering. Misalnya, dari makan hanya tiga kali sehari, kamu dapat mengubahnya menjadi lima kali sehari.

3. Tidak perlu menghitung jumlah kalori yang masuk ke tubuh

pola makan sehat - menghitung kalori

Pola makan sehat berikutnya yang juga penting untuk diterapkan adalah jangan menghitung jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Menghitung kalori hanya akan memenuhi pikiranmu saja. Jika memang kamu sudah lebih banyak mengkonsumsi makanan yang sehat daripada yang tidak sehat, maka tidak perlu ambil pusing soal kalori.

Baca juga: 8 Cemilan Sehat dan Enak yang Wajib Kamu Makan Setiap Hari

4. Hindari mengkonsumsi makanan yang sama setiap hari

pola makan sehat - makanan setiap hari

Orang memiliki kencenderungan untuk mudah bosan. Jika kamu makan makanan yang sama terus setiap hari, kamu juga akan merasa bosan, bukankah begitu? Konsumsi beragam makanan. Sumber protein, vitamin, serat tidak hanya berasal dari makanan itu-itu saja. Misalnya, jika hari ini kamu makan brokoli, besok kamu bisa makan kale atau sayur lainnya. Begitu juga dengan protein. Hari ini kamu makan telur lalu besok dada ayam.

5. Imbangi dengan banyak minum air putih

pola makan sehat - minum air putih

Jika kamu hanya mengonsumsi makanan sehat saja namun tidak memerhatikan seberapa banyak air putih yang masuk ke dalam tubuh, maka kesehatanmu tidak akan maksimal. Imbangi dengan banyak minum air putih setidaknya dua liter (kurang lebih delapan gelas) setiap harinya. Belum lagi jika kamu juga berolahraga, maka tubuh butuh air putih lebih banyak.

6. Tetap makan makanan kesukaanmu

pola makan sehat - makanan favorit

Jangan karena kamu ingin hidup sehat, lalu semua makanan kesukaanmu yang termasuk dalam kategori makanan tidak sehat tidak kamu konsumsi lagi. Tidak ada masalah dalam tetap mengkonsumsi apa yang kamu suka, selama kamu membatasi jumlahnya. Justru penting untuk tetap makan makanan favoritmu. Keseimbangan tubuh akan lebih terjaga dan kamu tidak akan merasa terbebani karena menjalankan pola makan sehat.

Hanya dengan mengubah pola makan, hidupmu dapat berubah drastis. Selama ada tekad, disiplin dan dedikasi, memiliki tubuh yang sehat bukanlah tidak mungkin. Terapkan pola makan sehat setiap hari agar hidupmu bahagia.