Produk handmade sering kali dijadikan incaran para warga lokal sampai turis manca negara. Karena, mereka menyukai sesuatu hal yang memiliki karya seni. Tapi tak banyak juga orang-orang yang masih enggan memilih produk handmade dengan berbagai alasan salah satunya harga yang mahal. Pada dasarnya sesuatu yang dihasilkan dari karya tangan alias handmade lebih terasa karya seninya ketimbang produk yang dihasilkan dalam jumlah banyak dan beragam jenis. Sedangkan produk handmade hanya ada satu hingga tiga item saja. Itulah alasannya kenapa kebanyakan harga untuk produk handmade relatif agak mahal, karena proses dan bahan-bahan yang digunakan untuk menghasilkan satu produk juga sudah mahal.

Mahalnya produk handmade jika kita lihat dari cara pembuatannya kemudian bahan-bahan yang digunakan sudah otomatis masuknya murah, sebab jika Anda membuatnya sendiri di rumah belum tentu bisa sesuai dengan yang diinginkan. Anda dapat menemukan produk handmade di Indonesia dengan mudah dan cepat. Sebab berbagai barang produksi yang dijual kebanyakan produk rumahan yang benar-benar dibuat dengan hasil karya tangan.

produk_handmade_01

Produk handmade di Indonesia masih menjadi incaran turis asing dengan tujuan, untuk digunakan sendiri atau dipromosikan di negaranya. Biasanya produk-produk handmade berbentuk sandang seperti tas, baju, sepatu, topi, sampai dompet juga tersedia. Produk unggulan saat ini masih dari batik yaitu kain lurik. Lurik yang satu ini berasal dari Jawa Tengah dengan ciri khas bergaris-garis vertikal atau horizontal yang memiliki lambang kesederhanaan. Batik lurik ini biasanya memiliki warna-warna suram yang menonjolkan sisi kesederhanannya.

Baca juga : Serunya Berwisata ke Green Canyon Indonesia

produk_handmade_03

Perkembangan fashion dari zaman ke zaman semakin beragam, seperti halnya produk buatan tangan atau handmade yang semakin hari semakin berkembang. Salah satunya tas, yang menjadi hal pokok bagi wanita. Jika seseorang sudah tak lagi memikirkan mahalnya harga produk handmade berapapun akan dibelinya.

Selalu menjadi maskot diantara produk handmade lainnya adalah aksesoris. Benda yang satu ini sepertinya menjadi hal wajib yang harus digunakan oleh kaum hawa, untuk mempercantik penampilan mereka. Biasanya aksesoris ini terbuat dari batu-batuan alam atau hanya sekedar manik-manik biasa.

produk_handmade_05

Selama ini aksesoris dari rancangan tangan selalu menjadi pusat perhatian. Walau ukurannya kecil dan harganya mahal tapi mereka selalu menjadi incaran favorit tiap orang.

Membahas tentang produk handmade Indonesia, bagi Anda warga lokal jangan pernah malu untuk menggunakan produk dalam negeri. Sebab orang asing saja mengakui bahwa produk handmade Indonesia memiliki kualitas terbaik dan patut menjadi produk yang melanglang buana di negeri orang. Kenapa produk Indonesia banyak dicari turis asing? Sebab mereka sangat menghargai karya seni, itulah kenapa mereka selalu tertarik dengan produk handmade di Indonesia.