Salvador Dali merupakan salah satu pelukis surealis yang paling menonjol dan berpengaruh sepanjang waktu. Lahir di Spanyol pada tahun 1904, Dali mungkin paling dikenal karena karya agungnya, yaitu lukisan jam dinding meleleh, The Persistence of Memory. Melihat karya-karya surealisnya, kita bisa tahu bahwa dia menghasilkan gambar-gambar menyolok dan aneh. Sepanjang hidupnya Dali juga terkenal karena imajinasinya yang luar biasa dan gayanya yang eksentrik.

the persistence of memory

Jika kamu adalah seorang pecinta seni, tidakkah kamu penasaran akan apa yang tedapat di dalam Rumah dan Teater-Museum Salvador Dali? Jika kamu berencana untuk bepergian keliling Eropa dalam waktu dekat, pastikan bahwa Spanyol masuk dalam daftar; di negara Spanyol lah letak Rumah dan Teater-Museum Dali.

Rumah Salvador Dali – Port Lligat

Salvador Dali House

Jika kamu berminat mengunjungi Rumah Salvador Dali, kamu harus tahu bahwa reservasi (kamu harus memesan tiket sebelumnya) diwajibkan dan hanya kelompok-kelompok kecil (berjumlah hingga delapan orang per kelompok) yang diperbolehkan karena ukuran rumah dan kamar-kamarnya yang kecil. Rumah Salvador Dali dibuka untuk umum dari tanggal 12 Februari 2016 hingga 8 Januari 2017. Namun akan ada masa-masa di mana Rumahnya tutup. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tanggal dan jam buka, kamu bisa kunjungi situs www.salvador-dali.org.

Rumah Salvador Dali di Port Lligat, sebuah pedesaan kecil di Girona, merupakan sumber inspirasinya karena suasananya yang tenang dan damai. Rumah tersebut merupakan satu-satunya kediamannya setelah masa kanak-kanaknya, di mana dia menghabiskan kebanyakan waktunya untuk bekerja hingga tahun 1982, saat dia memutuskan untuk pindah ke Istana Pubol setelah kematian istrinya Gala.

Setelah tiba di Rumah Salvador Dali, kamu akan melihat uniknya bangunan tersebut. Rumahnya terdiri dari empat pondok di laut yang digabung bersama, sehingga memiliki struktur labirin. Untuk bisa mencapai semua kamar dan alam di sekitarnya, kamu harus menaiki pijakan yang tidak beraturan dan sempit.

Teater-Museum Dali

Dali Theatre Museum

Berlokasi di kota kelahirannya di Figueres, Teater-Museum Dali mempertunjukkan karya-karya Dali yang paling besar dan beragam. Di dalam museum kamu bisa melihat lukisan-lukisannya selama dekade-dekade karirnya, pahatan Dali, peralatan mekanik, benda-benda yang dibuat karena rasa penasaran dan imajinasinya, dan masih banyak lagi.

Di samping museum luar biasa itu terdapat teaternya. Kamu bisa melihat di gambar bahwa panggung teaternya dimahkotai oleh kubah geodesik kaca sebagai atapnya. Di bawah panggung adalah tempat di mana Dali dikubur.

Sebelum berkunjung, pastikan kamu telah mengetahui jadwal buka museum dan teaternya serta informasi penting lainnya, karena museumnya tidak dibuka untuk umum sepanjang tahun.

dali museum marilyn monroe

Baik Rumah Salvador Dali maupun Teater-Museum Dali merupakan harta berharga Surealisme. Jika kamu mengagumi sang jenius dan ikon dari Surealisme, maka mengunjungi kedua tempat di atas merupakan suatu keharusan.