Serunya Berwisata ke Green Canyon Indonesia

Keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia memang sudah banyak didengar oleh telinga dunia. Beberapa tempat menyajikan keindahan yang khas dan tidak dimiliki oleh negara lain, namun ada pula beberapa tempat di Indonesia yang tempat wisatanya memiliki kemiripan serupa dengan negara lain. Sebagai contoh adalah Green Canyon milik Indonesia yang menyerupai Grand Canyon di Amerika.

Green Canyon ini berada di Kabupaten Ciamis, kurang lebih 31 km dari Pangandaran. Cukang Taneuh yang memiliki arti jembatan tanah dalam Bahasa Sunda adalah nama yang lebih dahulu dikenal sebelum Green Canyon. Tempat ini disebut jembatan tanah karena terdapat jembatan terbuat dari tanah yang memiliki lebar sekitar tiga meter. Jembatan tersebut terletak di atas tebing kembar yang berada di tepi sungai.

Saat memarkir kendaraan di area kawasan wisata, kamu akan disuguhi deretan perahu yang berbaris cantik di tepian sungai yang populer dengan nama ketinting. Perahu inilah yang akan mengantarmu menikmati keindahan ngarai hijau dengan hanya membayar biaya sebesar Rp. 75.000 per orang. Terdapat sistem yang terorganisir untuk mendapatkan giliran menaiki perahu yaitu dengan diberi nomor sehingga kamu dapat menaiki perahu sesuai dengan nomor urut.

GreenCanyonPangandaran231368020196_preview

Menikmati pemandangan dengan menaiki ketinting merupakan pengalaman seru yang wajib dicoba. Ketinting membawa kamu menelusuri ngarai dengan airnya yang berwarna hijau ditambah dengan rimbunan pepohonan di samping kanan dan kiri sungai. Ketika berada di atas ketinting, jangan terkejut bila melihat pemandangan hewan liar seperti ular yang melompat ke dalam air.

Akan ada waktu ketika perahu mulai melambat dan memberikan waktu bagi kamu untuk menikmati tebing kembar yang tinggi, ditambah dengan stalagtit dan stalagmit serta air yang mengalir jernih berada tepat di depan mata. Suara air yang jatuh dari setiap sisi tebing membuat nuansa suara layaknya air terjun yang mengalir deras.

Cukang-Taneuh-Green-Canyon-Pangandaran-Indonesia-Rasa-Amerika

Jika mengunjungi tempat ini saat air sedang tidak pasang, maka kamu bisa menerobos masuk di sisi celah gua besar dan mengagumi setiap sisi tebing indahnya. Air yang mengalir dari tebing akan membuat pakaian basah, jadi tidak ada salahnya jika kamu sekalian berenang.

Meskipun banyak wisatawan yang telah silih berganti mengunjungi Green Canyon, tempat ini tetap memiliki keindahan alami yang sangat jauh dari kata kotor. Saat menikmati pemandangan Green Canyon kamu tidak akan menemukan pemandangan tidak sedap seperti bungkus makanan ringan, puntung rokok atau yang lainnya mengambang di aliran ngarai tersebut.

Jika kamu berada di kawasan Pangandaran, jangan lupa untuk mampir ke Green Canyon dan jadikan dirimu bahagia dengan penampakan alamnya yang eksotis. Tempat ini juga terbilang mudah dicapai dengan berbagai alat transportasi, jadi tidak alasan lagi untuk melewatkan cuilan surga di bumi ini bukan?

green-canyon-pangandaran

Keindahan-Green-Canyon-diapit-tebing-tinggi

Kegiatan Lain yang Bisa Dilakukan

Selain aktivitas menyusuri sungai di Green Canyon, ada beberapa aktivitas lain yang sayang sekali jika sampai terlewatkan. Beberapa aktivitas yang dapat dijadikan pelengkap liburan di kawasan Green Canyon adalah sebagai berikut:

Kuliner

Setelah menyusuri sungai di Green Canyon, pastinya akan membuat perut membutuhkan pasokan makanan untuk mengembalikan energi yang telah terkuras. Di depan pintu masuk kawasan wisata terdapat jajaran restoran yang menawarkan aneka menu seperti masakan Sunda dan makanan laut. Untuk kamu yang ingin masakan sederhana dengan harga bersahabat terdapat gerobak tukang bakso, bubur ayam, dan lainnya yang siap menyajikan menu khas nusantara.

Berbelanja

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu kawasan wisata tanpa membawa buah tangan. Di Green Canyon, tepatnya di area parkir, terdapat beberapa kios dan toko yang menjajakan dagangan mereka. Barang yang dijual di tempat ini juga beragam mulai dari topi dan kaos yang bergambar atau bertuliskan Green Canyon, gantungan kunci, sandal, dan aneka barang cantik lainnya tersedia. Harga yang ditawarkan juga tidak akan menguras isi dompet, jadi jika berkunjung ke Green Canyon jangan lupa untuk menyempatkan diri berbelanja souvenir sebagai kenang-kenangan.

Tak akan kehabisan kata jika membahas mengenai betapa indahnya alam Indonesia. Kunjungilah tempat wisata dengan keindahan luar biasa yang satu ini.

Share post:

Popular

Artikel Lainnya
Serupa

7 Cara Kreatif dan Romantis Bagi Kekasih yang Merayakan Tahun Baru di Rumah

Bagaimana kamu merayakan malam tahun baru? Apakah kamu pergi...

Memilih Jenis Tulisan yang Tepat untuk Logo

Logomu penting karena logo tersebut berbicara banyak mengenai bisnis...

Inspirasi Desain Angpao Wedding yang Dapat Digunakan

Angpao wedding, biasanya digunakan untuk diberikan kepada pengantin. Jika...

Plastik Snack Kekinian: Dibalik Kemewahan Kemasan

Snack telah menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup...