Siapa sih yang enggak suka traveling? Traveling adalah kegiatan menyenangkan yang bisa membuat pikiran kamu segar. Enggak heran, banyak orang melakukan traveling buat menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari. Dengan ber-traveling, kamu bisa menjelajah tempat baru yang mungkin selama ini belum pernah kamu ketahui dan berbeda dengan lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Traveling bisa dilakukan bareng keluarga, teman, ataupun sendirian. Apakah kamu seorang solo traveler? Mungkin terlalu sering melakukan perjalanan seorang diri membuatmu mulai merasa bosan. Berikut tips agar solo traveling yang kamu lakukan lebih berkesan.

1. Bawa Barang Secukupnya

solo traveling 1
Ini penting buat diperhatikan. Terkadang ada orang yang membawa barang banyak, terutama pakaian buat berganti style fashion setiap mengunjungi tempat yang berbeda. Lebih baik bawa barang secukupnya. Kalau perlu, kamu cukup membawa satu tas ransel saja dan pastikan tas ranselmu muat menampung seluruh barang kebutuhanmu selama ber-traveling. Pilih barang yang multifungsi agar tas mu enggak makin berat. Terutama kalau kamu seorang wanita dan perlu yang namanya makeup, pilih produk serbaguna agar enggak makan tempat terlalu banyak di ranselmu. Pilih baju dengan bahan yang menyerap keringat jadi kamu enggak perlu ganti berkali-kali saat berkeringat. Ingat ya Brother and Sister, kamu bukan mau pindahan tapi hanya ber-traveling. Tas yang ringan akan sangat membantumu menjelajah tempat manapun tanpa sakit punggung.

2. Browsing Destinasi Wisata

solo traveling 4
Sebelum kamu berkunjung ke destinasi wisata, pastikan target destinasimu aman buat solo traveler, ya. Khususnya kalau kamu wanita. Kamu bisa mendapatkan info-info tersebut melalui internet. Bacalah pengalaman orang-orang yang sudah pernah berkunjung ke situ. Jangan lupa juga mengintip Instagram tentang destinasimu tadi. Di Instagram pastinya banyak orang yang meng-upload hasil jepretan mereka ketika berkunjung ke tempat tersebut. Kamu pun jadi tahu spot mana saja yang bagus buat ber-selfie.

3. Berinteraksi dengan Penduduk Lokal

solo traveling 5
Traveling kamu akan lebih seru kalau kamu juga menyempatkan diri buat mengobrol dengan penduduk lokal. Misalkan destinasi traveling kamu adalah pulau terpencil dengan masyarakat setempat yang bermata pencaharian sebagai nelayan, kamu bisa mencoba mengobrol santai dengan salah satu dari mereka. Tanyakan bagaimana proses mulai dari menangkap ikan, mengolah, dan menjual. Atau kamu juga bisa menanyakan tradisi lainnya dari masyarakat setempat. Berinteraksi dengan orang baru selain akan meningkatkan jiwa sosial, juga bisa menambah pengetahuan.

4. Percaya Diri dan Tidak Takut Mencoba Hal Baru

solo traveling 2
Melakukan solo traveling adalah salah satu cara jiwa menumbuhkan petualanganmu. Tantanglah dirimu untuk mencoba hal-hal baru. Misalnya jika selama ini kamu terbiasa ber-traveling dengan menginap di hotel, sesekali cobalah untuk menginap di rumah penduduk. Tentu saja sebelum ini kamu harus mengakrabkan diri terlebih dahulu dengan warga setempat. Dengan menginap di rumah penduduk, makan bersama, dan mencoba ikut melakukan aktivitas sehari-hari akan membuatmu mengenal mereka lebih dekat. Dan tentunya pengalaman seru ini bisa kamu ceritakan ke teman-teman kamu ketika pulang.

5. Jelajahi Tempat yang Belum Pernah Dikunjungi Turis

solo traveling 3
Kamu enggak mau kan sudah jauh-jauh menempuh perjalanan tapi hanya berkunjung di beberapa spot saja dari tempat wisata? Oleh sebab itu, kamu perlu menjelajah semua tempat yang ada. Misalkan kamu berkunjung di tempat wisata A, jangan hanya terpaku pada spot tertentu buat berfoto-foto. Alokasikan waktu secukupnya agar kamu bisa punya banyak waktu buat mengeksplorasi tempat-tempat lainnya. Kalau ingin mengambil foto boleh saja tapi jangan berlebihan karena ini hanya akan membuang-buang waktumu.

Menjadi seorang solo traveler adalah hal yang mengagumkan. Selain membuatmu menjadi pribadi yang lebih mandiri, berpetualang seorang diri akan menambah pengalaman yang sangat berharga dan bisa kamu ceritakan ke anak cucumu kelak. Tetap perhatikan tips-tips di atas ketika solo traveling, ya!

uprint percetakan online indonesia