Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Menjadi pemilik bisnis secara radikal tentu saja berbeda daripada menjadi karyawan dalam bisnis yang dimiliki orang lain. Anda akan cenderung mengamati bisnis seperti elang, sering mengorbankan kebutuhan pribadi Anda dan menghabiskan begitu banyak waktu untuk berjalan dan merencanakan bisnis yang dapat membuat Anda melupakan tujuan dan rencana pribadi. Kali ini tim Uprint.id akan berbagi strategi sukses untuk para pemilik bisnis.

  1. Buat Daftar Rencana Apa yang Bekerja dan Apa yang Tidak

strategi sukses rencana

Penting bagi Anda untuk memahami kelemahan dan kesalahan sistem dalam bisnis yang Anda jalankan untuk menemukan solusi terbaik bagi mereka. Salah satu strategi sukses untuk pemilik bisnis yaitu sejak awal Anda harus siapkan mental dengan berani mempertahankan rencana yang bisa bekerja dengan baik, dan segera singkirkan rencana yang tidak menghasilkan keuntungan apapun, termasuk soal karyawan. Jangan mempertahankan karyawan yang kinerjanya tidak membawa kemajuan positif bagi bisnis Anda. Lakukan proses ini sejak tiga bulan pertama bisnsi Anda berjalan.

2. Pekerjakan Pemain yang Tepat

strategi sukses pekerjakan orang yang tepat

Mungkin bisnis akan membutuhkan reorganisasi, tetapi mendapatkan karyawan yang tepat di tim Anda akan memberi Anda kepercayaan diri dalam proses menjalankan bisnis. Hal ini bisa menjadi konsep yang menakutkan pada awalnya, tetapi lebih baik bagi Anda berdua sebagai pemilik dan karyawan tepercaya Anda. Memiliki karyawan yang dapat dipercaya dan ahli di bidangnya memungkinkan tim Anda tumbuh dengan pesat, dan memberi Anda kepercayaan diri untuk bergerak maju dan mungkin bahkan mengambil waktu liburan yang bermakna. Karyawan juga akan merasa menjadi bagian dari bisnis yang Anda jalankan dan membuat keputusan atas nama Anda. Ini adalah bagian penting dari setiap bisnis yang sukses.

Baca juga: Bisnis Anda Stagnan? Lakukan 4 Strategi Pemasaran Ampuh Ini!

3. Serahkan pada Ahlinya

strategi sukses serahkan pada ahli

Anda dapat tergoda untuk mencoba dan melakukannya sendiri. Tetapi penting untuk memahami bahwa ada banyak bantuan di luar sana. Mungkin Anda perlu bermitra dengan perusahaan akuntansi untuk memastikan pembukuan Anda dilakukan dengan benar. Anda mungkin memerlukan penasihat keuangan profesional untuk membantu hal-hal seperti perencanaan suksesi, perencanaan properti dan pajak. Mungkin outsourcing mempekerjakan perekrut akan membantu membebaskan sebagian dari waktu berharga Anda, atau mungkin departemen penjualan Anda membutuhkan pembinaan untuk menjadi lebih sukses. Penting untuk mengenali kemampuan unik Anda dan memungkinkan orang lain untuk membantu dengan hal-hal yang tidak dalam bidang keahlian Anda. Strategi sukses yang penting diingat oleh para pemilik bisnis yaitu  “tidak masalah untuk takut gagal, tetapi jangan gagal karena Anda takut meminta bantuan.”

4. Pergi pada Liburan Bermakna

strategi sukses pergi liburan

Meskipun Anda mungkin telah menjauh dari bisnis Anda untuk akhir pekan yang panjang, atau bahkan seminggu penuh, penting untuk pergi berlibur panjang yang bermakna setidaknya sekali setahun. Jika Anda memiliki karyawan, ahli, dan proses yang tepat, bisnis Anda akan berjalan lancar saat Anda pergi. Gunakan waktu ini untuk bersantai, refleksikan pencapaian Anda dan nikmati saja bagian non-bisnis dalam hidup Anda. Anda akan kembali merasa tenang dan siap untuk menang.

Baca juga: Ingin Sukses Membangun Identitas Merek Anda? Begini Caranya!

5. Memahami Biaya

strategi sukses menghitung biaya

Ingat bahwa mencapai tujuan selalu datang dengan harga. Baik itu biaya uang, waktu, hubungan atau kombinasi dari ketiganya, pastikan tujuan Anda sepadan dengan harga yang Anda bayar. Jika mencapai tujuan tidak sebanding dengan waktu, uang, atau hubungan Anda, Anda mungkin perlu mengevaluasi kembali.

6. Bangun bisnis Anda untuk bertahan

strategi sukses mempertahankan bisnisBerikut adalah beberapa poin penting untuk membangun bisnis yang bertahan:

  • Sabar. Memiliki kesabaran adalah salah satu saran paling langka dalam bisnis sekarang ini. Sebagai CEO generasi ketiga dari perusahaan Jerman Mennekes menyatakan: “kadang-kadang baik jika Anda tetap pada kompetensi inti Anda, dan kemudian suatu hari, jika Anda memiliki kesabaran, ada topik di mana Anda dapat tiba-tiba melompat.”
  • Selalu memilih keamanan dibandingkan pertumbuhan. Seperti Ulf Poppel, direktur pelaksana generasi ketiga BSW, sebuah perusahaan dengan 400 karyawan mengatakan: “Jika kami dapat memutuskan antara pertumbuhan 5 persen dan keamanan 100 persen, kami akan memilih keamanan.”
  • Persempit cakrawala Anda. Selalu pilih kedalaman lebih luas. Minimalkan persaingan dengan mempersempit ceruk bisnis Anda. Selalu berusaha untuk menjadi ahli mutlak di bidang Anda. Ketika Anda adalah yang terbaik di bidang Anda, tidak ada siapa pun yang akan mengalahkan Anda. Kita tahu semua orang selalu mengatakan kepada Anda bahwa mereka adalah yang terbaik di bidangnya, tetapi apakah mereka benar-benar seperti itu?
  • Fokus pada pasar yang tumbuh atau stabil. Jangan pernah memasuki pasar yang mengecil meskipun itu menarik sebagai prospek jangka pendek.
  • Lebih dari sekedar wilayah geografis Anda. Jika Anda dapat memperluas ke kota berikutnya, itu bagus. Jika Anda bisa go global, itu hebat.
  • Terus berinovasi.
  • Lakukan lebih banyak untuk pelanggan Anda daripada yang dilakukan pesaing Anda. Melakukan hal ekstra adalah hal yang penting dalam membangun merek agar tetap bertahan. Misalnya, seorang gadis berusia 10 tahun meminta orang untuk membantunya menemukan ponsel LG E400 yang hilang menyebarkan berita melalui media sosial. Ketika berita itu sampai ke LG, perusahaan itu mengejutkannya dengan LG Swift L3II yang baru.
  • Kelola bisnis Anda seolah-olah Anda mengharapkannya untuk hidup selamanya.

Baca juga: Gunakanlah 5 Strategi Bisnis Ini Untuk Menang dari Kompetitor

7. Belajar dari Pesaing Anda

strategi sukses belajar dari pesaing

Bisnis yang mau belajar dari setiap kompetisi yang mereka hadapi, pasti akan menjadi pemenangnya.. Setiap orang memiliki persaingan. Jika Anda belum menemukan milik Anda, itu berarti Anda belum melihat dengan cukup keras. Jangan dimatikan olehnya. Belajar dari itu. Pikirkan pesaing Anda sebagai seorang mentor bisnis. Adalah tugas Anda untuk menemukan apa yang dilakukan pesaing Anda dan mengapa mereka melakukannya. Tentu saja, kuncinya bukan menyalin, tetapi untuk meningkatkan.

Ada beberapa hal berharga yang dapat Anda pelajari dari pesaing:

  • Harga – Menetapkan harga yang tepat sesungguhnya sangat sulit. Tidak ada sains nyata untuk itu. Itu lebih seperti  kombinasi antara jala seni dan sains. Anda dapat belajar banyak dari struktur harga pesaing Anda. Jika Anda baru memiliki bisnis, ini memberi Anda gambaran singkat tentang berapa banyak biaya bisnis untuk produk atau layanan yang sebanding. Pemahaman seperti itu dapat menghemat banyak waktu.
  • Pemasaran – Cari tahu bagaimana mereka memasarkan layanan mereka. Pantau jaringan sosial, daftar untuk daftar email mereka, periksa di mana dan bagaimana mereka beriklan. Apakah mereka menawarkan webinar? Apakah mereka menghadiri pameran dagang dan seminar?
  • Kepuasan pelanggan – Pelanggan cepat berbagi yang baik, buruk, dan jelek. Anda dapat memantau jejaring sosial, forum, mesin pencari, meninjau situs, dll. Untuk mendapatkan ide yang baik bagaimana pelanggan berbicara tentang pesaing Anda. Jika pelanggan mengeluh, itu adalah kesempatan Anda untuk menjadi alternatif. Jika pelanggan menyukai mereka, Anda harus meningkatkan permainan Anda untuk membuat tanda.
  • Kesalahan – Setiap perusahaan membuat kesalahan. Mereka memberi Anda kesempatan untuk belajar dan semoga menghindarinya saat Anda menjalankan bisnis Anda sendiri.

Meskipun tidak ada metode konkret untuk mencapai kesuksesan sebagai pemilik bisnis, tujuh strategi sukses di atas dapat membantu membuat bisnis Anda berjalan sedikit lebih lancar. Bahkan bisa membuat Anda turun ke jalan menuju kesuksesan. Anda siap untuk sukses kan?