Membahas mengenai keuangan, merupakan hal yang agak sedikit sensitif. Bahkan yang sering menjadi topik utama saat membahas keuangan adalah rasa tidak puas dengan jumlah pendapatan. Selain itu, ada juga yang ‘bangkrut’ karena kesalahan dalam mengatur keuangan. Seperti berikut ini tanda keuangan bermasalah yang harus Anda ketahui sebelumnya dan segeralah mengatasinya.

1. Terlalu Mudah Mengeluarkan Uang

tanda-keuangan-bermasalah-01-mudah-mengeluarkan-uang

Jika Anda merasa sangat mudah mengeluarkan uang, jangan-jangan tanda keuangan bermasalah ini sedang dialami. Sebaiknya, bergegas mengatasinya dengan cara menahan diri ketika hendak membeli sesuatu. Anda dapat juga mengatasinya dengan membeli sesuai kebutuhan.

Baca juga : Cara Mengatur Keuangan, Meski dengan Gaji Kecil

2. Sering Terlambat Membayar Tagihan

tanda-keuangan-bermasalah-02-terlambat-membayar-tagihan

Siapa sangka, ternyata hal ini merupakan tanda keuangan bermasalah. Ketika Anda memilih untuk berlangganan sesuatu, sudah pasti memahami syarat dan ketentuan yang berlaku. Misalnya berlangganan kartu kredit, apabila Anda telat membayar tagihan maka akan bertambah juga bunganya. Semakin sering terlambat, maka uang Anda akan habis untuk membayar tagihan dan bunganya. Untuk itu, buatlah jadwal kapan akan membayar tagihan kartu kredit. Bahkan Anda dapat juga langsung menyisihkan uang ketika sudah mendapatkan gaji. Jika Anda tidak memerlukan kartu kredit, sebaiknya jangan menggunakannya. Cobalah untuk melangsungkan hidup dengan uang tabungan Anda.

3. Tidak Memiliki Tabungan

tanda-keuangan-bermasalah-03-tidka-punya-tabungan

Tanda keuangan bermasalah lainnya adalah tidak memiliki tabungan. Walaupun memiliki tabungan, namun jumlahnya tidak dapat mencukupi kebutuhan dadakan. Jika tidak memiliki tabungan, maka Anda termasuk orang yang belum mampu berpikir untuk masa depan. Sebab, kebutuhan dadakan membutuhkan dana dadakan juga. Bahkan, dana yang diperlukan tidak selalu sedikit. Ada juga kebutuhan dadakan yang memerlukan dana besar seperti berhubungan dengan kesehatan. Ini merupakan hal yang sebenarnya harus diprioritaskan.

4. Ketergantungan dengan Kartu Kredit

tanda-keuangan-bermasalah-04-ketergantungan-kartu-kredit

Kartu kredit memang memudahkan semua orang untuk melakukan segala hal. Namun, jika Anda sudah masuk ke dalam kategori ketergantungan kartu kredit maka itu merupakan tanda keuangan bermasalah. Jika Anda selalu mengandalkan keajaiban kartu kredit, maka pendapatan yang akan dikeluarkan semakin sedikit. Sebab, tanpa disadari penghasilan Anda terpotong untuk membayar tagihan kartu kredit tersebut. Untuk itu, cobalah jangan bergantung dengan kartu kredit. Anda harus pandai mengatur keuangan sendiri tanpa harus ada bantuan dari kartu kredit.

Baca juga : 6 Kebiasaan Mengatur Keuangan yang Harus Dilakukan Saat Pertama Kerja

5. Sering Berhutang

tanda-keuangan-bermasalah-05-sering-berhutang

Hal ini juga dapat menjadi tanda keuangan bermasalah. Semakin banyak Anda berhutang, maka akan semakin banyak beban yang harus dikeluarkan. Sebab, saat Anda terlalu sering berhutang, pendapatan akan tidak terlihat. Bahkan dapat dikatakan habis sia-sia. Oleh sebab itu, Anda harus menghindari berhutang dengan teman atau bahkan pihak lainnya seperti bank dan lain sebagainya.

Itulah tanda keuangan bermasalah yang harus segera disadari dan diatasi. Dengan begitu, keuangan Anda akan berangsur membaik, tanpa harus khawatir keuangan bermasalah kembali. Pastikan Anda yakin dengan kemampuan keuangan diri sendiri, dan menyadari kemampuan sebelum membeli sesuatu. Selain itu, jangan memaksa kehendak secara berlebihan. Sebab ini akan menjadi bomerang untuk diri Anda dalam bidang keuangan. Seberapa besar penghasilan Anda, yag dibutuhkan adalah tetaplah bersyukur dan teruslah merasa cukup dengan hasil bekerja. Menjaga diri agar tidak tergiur dengan penwaran menarik lainnya yang ditawarakn pihak tertentu. Melihat kemampuan diri merupakan hal yang paling utama. Jika Anda tidak mempu, sebaiknya urungkan niat untuk mengambil sesuatu. Meskipun itu adalah teman terdekat Anda yang menawarkan.