Menjelang Lebaran banyak orang berbondong-bondong membeli kebutuhan untuk Lebaran. Sayangnya kebanyakan orang membeli hingga melebihi batas pembelian, yang ada malah jadi boros bukannya hemat, padahal tadinya Anda sudah berencana untuk menghemat agar bisa menabung lebih banyak untuk keperluan sesudah lebaran. Lalu apa yang dapat dilakukan agar rencana untuk berhemat benar-benar bisa terlaksana?

cetak kartu lebaran

1. Belanja lebih awal

Belanjalah jauh-jauh hari sebelum Lebaran karena harga-harga barang biasanya melonjak drastis pada saat menjelang Lebaran. Tidak masalah jika Anda belum mendapatkan THR. Gunakanlah tabungan Anda terlebih dahulu untuk membeli.

2. Baju baru bukan kebutuhan utama saat Lebaran

Lebaran tidak identik dengan baju baru. Jangan hanya karena gengsi lalu Anda mengeluarkan uang untuk membeli baju baru yang sebenarnya tidak perlu. Anda bisa merayakan Lebaran dengan memakai baju lama yang masih terlihat bagus.

kartu lebaran

3. Pulang kampung tidak perlu setiap tahun

Anda tidak perlu pulang kampung setiap Lebaran. Saat ini sudah ada teknologi canggih yang memungkinkan Anda untuk saling mengucapkan selamat Lebaran, seperti WhatsApp, SMS, email bahkan konferensi. Jika Anda rindu dengan keluarga di kampung halaman, lebih baik Anda pulang pada saat hari biasa, jangan pada saat hari raya keagamaan.

4. Kerahkan kreativitas Anda jika ingin memberikan hadiah/bingkisan

bingkisan hadiah

Baik anak-anak maupun orang dewasa biasanya akan senang mendapatkan hadiah/bingkisan pada saat Lebaran. Yang Anda perlu tahu adalah hadiah itu tidak melulu harus diberikan dalam bentuk barang yang harganya mahal. Hadiah sederhana saja asalkan diberikan dengan kesungguhan hati sudah dapat membuat hati tersentuh. Tidak perlu Anda menghabiskan banyak uang untuk menunjukkan bahwa Anda peduli terhadap orang yang Anda berikan hadiah/bingkisan tersebut.

5. Melakukan kegiatan yang bermanfaat

Kegiatan bermanfaat yang dapat Anda lakukan untuk merayakan Lebaran misalnya saja dengan mengunjungi panti asuhan dan menyumbangkan barang-barang layak yang sudah tidak Anda pakai lagi. Kegiatan seperti ini tentunya sangat bermanfaat karena Anda berbagi dengan mereka yang membutuhkan dan Anda memberikan keceriaan kepada mereka dengan berbagi pada saat Lebaran. Inilah makna Lebaran sesungguhnya.

cetak kartu lebaran