Menikah merupakan tujuan setiap orang, tapi terkadang ada beberapa kendala yang menjadikan pernikahan seakan sulit terjadi. Terutama dalam perihal budget yang Anda harus keluarkan. Buat Anda yang memiliki budget minim tapi ingin mengadakan acara pesta sesuai dengan konsepnya, ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1. Bentuklah Panita dari Sahabat atau Keluarga

menikah_01

Maksudnya di sini adalah, setiap acara pernikahan memiliki beberapa panitia yang bertujuan untuk melancarkan acara. Bagi Anda yang memiliki budget pernikahan minim usahakan mintalah bantuan kepada sahabat atau saudara untuk menjadi panitia dalam acara resepsi. Solusi yang satu ini dapat mengurangi budget yang seharusnya untuk menyewa W.O (Wedding Organizer).

2. Adakan Prewedding Gratis

menikah_02

Jika Anda memiliki teman atau saudara yang mengerti fotografi, Anda dapat meminta tolong kepada mereka untuk menjadi fotografer saat Anda melakukan foto prewedding. Dengan begitu, Anda sudah mengurangi budget untuk menggelar sesi foto prewedding, dan disarankan juga saat prewedding adakan senatural mungkin. Misalnya seperti saat Anda sedang berjalan-jalan santai dan menggunakan baju santai bisa dijadikan momen prewedding. Kenapa harus seperti itu? Sebab, saat santai tidak perlu beberapa aksesoris seperti kostum, atau properti lain yang biasa digunakan saat prewedding pada umumnya. Cukup menggunakan baju yang digunakan saat itu saja, pastikan juga baju yang digunakan bagus tidak lusuh agar hasil jepretannya menarik dan cantik.

3. Lebih Baik Menyewa daripada Menjahit

menikah_03

Biasanya setiap pengantin menginginkan semua serba baru seperti gaun pengantin juga harus baru. Padahal, untuk menghemat biaya pembuatan baju pengantin, lebih baik menyewa daripada menjahit sendiri karena harus mengeluarkan biaya yang agak mahal. Penyewaan baju pengantin dapat dilakukan menjadi satu paket antara pengantin dan keluarga.

Baca : Mau Cetak Undangan Pernikahan Murah, Berkualitas Dengan Desain Menarik? Di Uprint.id Saja!

4. Memilih Paket Pernikahan

menikah_04

Biasanya beberapa orang memilih menggunkan paket acara yang sudah lengkap dari penyewaan baju, tata rias, hingga dekorasi. Semuanya terkonsep menjadi satu paket dan budgetnya lumayan murah ketimbang kita menyewa dekorasi sendiri. Walau terkadang hasilnya tidak begitu sesuai dengan keinginan kita tapi lumayan untuk menekan budget pernikahan.

5. Meminta Bantuan Teman untuk Dokumentasi

menikah_05

Seperti yang dijelaskan pada point nomor 2 mengenai prewedding, ajaklah teman Anda untuk menjadi sesi dokumentasi dalam acara Anda. Ya setidaknya Anda tidak mengeluarkan budget mahal untuk yang satu ini.

Itulah beberapa tips yang bisa diaplikasikan jika Anda ingin mengadakan acara dengan budget minim tapi sesuai keinginan semua pasangan pengantin.