Apakah Anda baru saja lulus kuliah dan ingin mencari pekerjaan atau apakah Anda sedang ingin melamar sebuah pekerjaan baru? Saat melihat-lihat lowongan pekerjaan, mungkin Anda melihat ada beberapa perusahaan yang memberikan syarat bahwa surat lamaran kerja wajib ditulis dalam bahasa Inggris. Berikut kami berikan tips membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris yang baik:

1. Gunakan tata bahasa Inggris yang benar

Jika menurut Anda kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris tidak terlalu baik, Anda bisa meminta bantuan teman Anda yang sangat fasih dalam bahasa Inggris untuk membantu memeriksa surat lamaran kerja bahasa Inggris Anda. Atau, sewalah jasa seorang native speaker untuk membantu Anda.

Artikel Highlight : 50 Contoh Surat Lamaran Kerja yang di desain dengan baik

 

2. Periksa secara keseluruhan agar tidak ada sedikit pun kesalahan di dalam surat lamaran kerja

Setelah Anda selesai menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris, periksa sekali lagi apakah semua informasi yang terdapat di dalam surat sudah tepat semua sebelum Anda mengirimkan suratnya kepada perusahaan tujuan.


Unsur-unsur apa saja yang harus ada dalam surat lamaran kerja bahasa Inggris?

1. Pastikan tanggal surat dibuat dan nama serta alamat perusahaan ada di dalam surat

Informasi mengenai perusahaan yang dituju dan penulis surat lamaran kerja penting untuk disertakan di dalam surat. Dengan mengikutsertakan informasi perusahaan, Anda menunjukkan kepada perusahaan yang Anda lamar kalau Anda menggunakan waktu secara spesifik menuliskan detail perusahaan tersebut. Hal ini menunjukkan jika Anda memang berniat melamar kerja di perusahaan tersebut. Sebelum Anda memutuskan untuk melamar, ada baiknya Anda melakukan sedikit riset terlebih dahulu tentang perusahaan tersebut.

2. Sertakan pula nama serta detail kontak Anda

Informasi mengenai diri Anda tentunya juga sangat penting untuk memudahkan perusahaan menghubungi Anda jika mereka memang tertarik dengan Anda.

3. Awali surat dengan sapaan dan paragraf pembuka yang menarik

Perekrut menerima banyak sekali surat lamaran kerja. Tentunya mereka tak akan menghabiskan banyak waktu untuk membaca surat dengan saksama. Mereka hanya akan membaca sekilas surat-surat yang mereka terima, dan mereka pastinya membaca dari atas. Jadi, pastikan paragraf pembuka Anda menarik untuk mereka sehingga mereka memutuskan untuk terus membaca surat lamaran kerja Anda hingga selesai.

Awali dengan sapaan terlebih dahulu, begitu sopan santunnya. Lalu, mulailah sebuah paragraf pembuka yang menarik. Anda bisa memberitahukan perekrut betapa tertariknya Anda dengan posisi yang Anda lamar. Tuliskan secara singkat dan spesifik mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut.

4. Ceritakan keahlian-keahlian, pengalaman kerja, kelebihan dan kelemahan yang Anda miliki

Beritahu kepada perusahaan alasan mereka sebaiknya memilih Anda daripada para pelamar kerja yang lain. Ceritakan alasan-alasannya secara singkat saja namun jelas dan mudah dimengerti. Pada bagian inilah Anda perlu ‘menjual’ diri sendiri dan meyakinkan perekrut untuk melirik Anda.

5. Akhiri dengan paragraf penutup yang baik

Akhiri surat lamaran kerja dengan satu paragraf singkat saja. Paragraf penutup biasanya berisi keinginan Anda untuk berbincang-bincang dengan perekrut tentang posisi yang Anda lamar dan bagaimana perekrut bisa menghubungi Anda apabila mereka tertarik.


Berikut adalah contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris yang dapat Anda jadikan sebagai referensi:

contoh surat lamaran kerja bahasa inggris