Dari hari ke hari peminat traveling menggunakan pesawat selalu menjadi incaran, dengan cara mencari tiket pesawat murah. Mendengar sesuatu yang murah saja sudah pengen buru-buru dapatkan. Maka traveling saat ini sudah menjadi keharusan bagi sebagian orang bahkan menjadi salah satu kebutuhan penting setiap bulannya. Oleh sebab itu beberapa bulan lalu sempat diadakan travel fair yang menjadi surganya para traveler berburu tiket. Apakah Anda salah satunya? Selain mengunjungi travel fair Anda juga dapat melakukan beberapa hal ini untuk mencari dan mendapatkan tiket pesawat murah. Simak penjelasan berikut dan ikuti tipsnya.

1. Tentukan tujuan, periode, dan tanggal keberangkatan

tiket_pesawat_murah_04

Ini merupakan satu hal yang harus Anda lakukan sebelum memesan tiket pesawat. Pertama Anda harus menentukan kemana tujuan berlibur Anda, untuk perjalanan yang biasanya dipilih seperti Kuala Lumpur, Yogyakarta, Denpasar, dan Singapore harga yang ditawarkan masih bersifat fluktuatif. Apabila Anda menemukan harga yang sesuai dengan budget, disarankan untuk langsung membelinya karena harga bisa sewaktu-waktu berubah. Sebaliknya jika tujuanmu ke tempat yang jarang dilayani maskapai dengan harga kecil seperti Belitung, Banjarmasin, atau Aceh, biasanya menawarkan harga dengan sistem year-round-fare. Seperti halnya dengan maskapai yang melayani destinasi liburan harga sewaktu-waktu akan berubah tapi tidak sedrastis maskapai dengan destinasi liburan. Kecuali, pada saat hari libur panjang atau weekend.

2. Menggunakan sistem rombongan

Bagi Anda yang ingin bepergian dengan keluarga besar atau rombongan dapat menggunaan sistem rombongan seperti ini dan sangat membantu. Jika Anda memberitahukan kepada pihak maskapai atau travel berapa jumlah orang yang akan melakukan perjalanan, maka mereka akan menyediakan kursi di green zone untuk Anda sekeluarga, sesuai dengan pesanan Anda. Karena harga kursi pada area green zone berbeda dengan kursi reguler pada umumnya.

3. Perhatikan waktu terbaik saat membeli tiket

tiket_pesawat_murah_02

Sama halnya jika Anda berburu tiket kereta saat ingin libur lebaran alias mudik, pasti harus menunggu waktu yang tepat agar dapat tiket pesawat murah yang diinginkan. Begitu juga dengan mencari tiket pesawat murah, faktor keberuntungan masih berperan penting. Sekilas info waktu yang tepat untuk membeli tiket pesawat murah secara online adalah 42 sampai 50 hari sebelum keberangkatan. Dengan cara ini Anda dapat menghemat uang sekitar 29%. Tapi memesan cepat juga tidak disarankan, karena bisa jadi akan ada promo yang lebih menggiurkan dan menguntungkan.

Baca : Berencana Traveling? Pastikan Anda Membawa 4 Barang Penting Ini!

4. Mengikuti promo Final Call

tiket_pesawat_murah_05

Tawaran satu ini juga sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin bepergian dengan minimal pembelian 2 pax. Sangat disarankan untuk Anda yang ingin melakukan perjalanan dengan kapasitas orang banyak, seperti saat bepergian dengan keluarga atau dengan para sahabat. Sistem final call dapat menjadi solusi berikutnya, namun biasanya mereka para agen travel membuka promo dengan jadwal penerbangan jauh hari misalnya dua sampai tiga bulan kedepan. Cara mendapatkannya cukup mudah, Anda dapat bergabung di grup travel kemudian Anda dapat langsung informasi mengenai final call ke seluruh rute. Baik itu domestik maupun internasional.