Travelling dengan buah hati selalu menjadi hal yang dapat dikatakan tidak menyenangkan. Padahal, Anda dapat melakukan traveling seperti biasanya, walau dengan sang buah hati. Justru, akan banyak keseruan yang didapat jika Anda melakukan travelling dengan buah hati. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk travelling. Seperti berikut ini tips travelling dengan buah hati agar lebih menyenangkan.

1. Melakukan Rencana Lebih Awal

travelling-dengan-buah-hati-06

Travelling meski hanya sebentar, namun jika dilakukan dengan buah hati harus melakukan ragam rencana. Anda perlu merencanakan pemesanan tiket, akomodasi, dan mulai menentukan daftar aktivitas yang ingin dilakukan sejak awal. Siapkan pula rencana cadangan, guna mengantisipasi kemungkinan bila anak merengek atau malah tantrum di tengah perjalanan. Jika hal-hal itu terjadi, cobalah untuk tidak panik dan buatlah si kecil merasa aman dan nyaman. Sehingga momen-momen itu dapat terlewati dan si buah hati juga akan menikmati momen tersebut.

Baca juga : Cetak Buku Agenda Sesuai Desain dengan Mudah dan Cepat di Uprint.id

2. Menyiapkan Waktu Lebih

travelling-dengan-buah-hati-03

Selama liburan, akan banyak hal tak terduga yang akan ditemukan. Terutama jika si anak masih bayi. Ia bisa saja tiba-tiba merengek minta makan atau malah buang air besar. Anda tentu tidak ingin ketinggalan pesawat atau masuk tempat wisata. Jadi cobalah untuk melakukan alokasi waktu lebih sekitar 1-2 jam sebelum berangkat. Tidak hanya sebelum berangkat saja, tapi juga selama melakukan aktivitas wisata. Misalnya, saat pergi ke kebun binatang, orang dewasa umumnya hanya perlu 1 jam untuk eksplorasi, sedangkan anak-anak membutuhkan 2-3 jam lebih lama. Berikanlah waktu yang lebih untuk mereka beradaptasi dan melakukan kegiatan selama berwisata. Dalam hal ini, Anda sebagai orang tua harus pandai menurunkan ego untuk kenyamanan buah hati. Jangan selalu memaksakan kehendak Anda sendiri, sehingga akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi anak.

3. Buatlah Itinerary Sesuai dengan Jadwal si Anak

travelling-dengan-buah-hati-02

Kunci utama saat travelling dengan buah hati adalah menyesuaikan jadwal kegiatan rutinitas si kecil. Seperti jadwal makan, waktu tidur pagi, tidur siang, bermain, hingga waktu mereka tidur malam. Jadwal ini harus selalu tepat dilakukan, jika bergeser waktu sedikit mereka akan merasa tidak nyaman dan akhirnya resah atau rewel dalam perjalanan. Untuk itu, agar perjalanan semakin menyenangkan dan seru Anda harus menyesuaikannya dengan jadwal mereka. Selama ini jika dalam perjalan travelling buah hati lebih sering rewel, maka yang harus diperhatikan adalah rutinitasnya.

4. Persiapkan Bekal dan Perlengkapan

travelling-dengan-buah-hati-04

Pergi travelling dengan buah hati akan lebih nyaman jika Anda mempersiapkan perbekalan hingga perlengkapan yang diperlukan selama perjalanan. Hal ini sangat dianjurkan, terutama untuk Anda yang memiliki buah hati masih usia kurang atau lebih dari setahun. Jika perlu, berikan perlengkapan tidur seperti bantal yang nyaman, hingga selimut. Selain itu, gunakanlah gendongan yang nyaman untuk anak dan Anda selama dalam perjalanan. Jangan sampai gendongan yang digunakan membuat Anda dan anak merasa lelah dan tidak nyaman. Ini sering sekali diabaikan oleh para ibu yang hendak travelling dengan buah hati.

Baca juga : Solo Traveling Akan Aman Jika Melakukan Hal-hal Penting Seperti Ini. Terutama untuk Wanita!

5. Memilih Akomodasi Ramah Keluarga

travelling-dengan-buah-hati-05

Sebelum memutuskan untuk travelling dengan buah hati, Anda harus menyiapkan akomodasi yang ramah keluarga. Mulai dari penginapan, transportasi, hingga tempat wisata. Ini sangat diperlukan ketika Anda berlibur bersama buah hati. Selain itu, sebelum memilih hotel, perhatikan terlebih dahulu fasilitas yang ditawarkan. Beberapa hotel menawarkan fasilitas untuk keluarga, seperti arena bermain, kolam renang anak, ruang menyusui, dan lainnya. Sebaiknya pilih hotel berfasilitas lengkap, hal ini guna mengantisipasi jika anak sedang rewel atau gak bisa keluar hotel karena cuaca yang kurang mendukung. Nah, eksplorasi atau sekedar bersantai hotel bisa jadi alternatifnya.

Itulah beberapa tips travelling dengan buah hati yang dapat dijadikan panduan para ibu-ibu. Terutama ibu muda yang masih belum berpengalaman. Jika dalam waktu dekat ini ingin travelling dengan buah hati ada baiknya untuk menggunakan atau mempelajari tips liburan ini, agar semakin seru dan menyenangkan. Selamat berlibur moms!