Anda punya usaha atau keahlian yang ingin ditawarkan kepada target market? Biasanya akan ada waktu dimana Anda perlu membuat sebuah proposal yang mampu meyakinkan si penerima proposal tersebut. Sampul proposal, yang juga sering disebut cover proposal, dapat menjadi penentu langkah apa yang selanjutnya dilakukan oleh pembaca, yaitu apakah pembaca akan melanjutkan dengan membaca isi proposal atau malah meletakkannya begitu saja di atas meja.

Oleh karena itu, desain cover proposal Anda harus mampu memikat pembaca. Bagaimana caranya? Dengan membuat desainnya semenarik dan sekreatif mungkin. 12 contoh desain cover proposal yang kami sajikan ini mungkin bisa memberikan Anda inspirasi untuk menentukan desain cover proposal Anda sendiri:

Lihat  juga: Price List Cetak Proposal

1. Bagaimana kesan Anda terhadap desain cover proposal di bawah ini? Membuat Anda ingin mengetahui lebih lanjut kan?

Cover Proposal

2. Cover proposal dengan aksen geometris membuat sebuah tampilan yang beda dan modern. Model cover proposal ini cocok untuk perusahaan yang bergerak di bidang digital, desain, dan sejenisnya yang berhubungan erat dengan visual serta teknologi.

Cara Membuat Proposal (Cover yang menarik)

3. Penggunaan warna yang minimalis bukan menjadi masalah, malah membuat proposal yang satu ini terlihat elegan walaupun sederhana.

Contoh Cover Prosposal

4. Penggunaan image fotografi yang memukau juga dapat dijadikan alternatif yang menarik bagi cover proposal Anda. Tinggal tambahkan tipografi/font yang sesuai & voila! Tipe tata letak seperti ini cocok untuk perusahaan yang bergerak di bidang travel, fotografi, dan sejenisnya yang pada umumnya banyak menggunakan gambar-gambar indah.

desain Cover

5. Penggunaan warna yang kontras juga dapat memberikan kesan eye catching bagi pembaca Anda. Biasanya bagian warna yang lebih terang berfungsi sebagai highlight untuk bagian yang ingin Anda tonjolkan.

desain cover - Contoh Cover Proposal

6. Penggunaan pola/pattern abstrak juga bisa dijadikan pilihan. Dengan tata letak yang minimalis dan dominasi pola yang kuat, Anda bisa membuatnya menjadi beberapa seri. Bayangkan jika Anda datang ke suatu meeting presentasi di sebuah perusahaan dan saat dibagikan kepada audience Anda, setiap orang mendapatkan pola yang berbeda. Itu pasti akan mencuri perhatian mereka dan Anda pun mendapatkan nilai tambah.

Contoh cover proposal

Baca juga: Cetak Agenda yang Bisa Kamu Personalisasi di Uprint.id

7. Penggunaan white space, elemen garis, foto hitam putih dan aksen warna terang menjadikan cover proposal ini terkesan sederhana namun sangat profesional.

Desain Cover : Cara Membuat Prosposal yang bagus dan menyakinkan

8. Proposal yang ramah lingkungan. Ingin menunjukkan bahwa perusahaan Anda turut menjaga kelestarian alam? Gunakanlah recycle paper…dengan tekstur yang rustic serta paduan font hitam & tebal, maka cover proposal ini akan mencuri perhatian pembaca Anda dengan kesederhanaannya.

Contoh cover proposal ramah lingkungan

9. Tampilan cover proposal hitam-putih ini sangat bersahaja, tetapi juga sangat kuat. Dengan desain tata letak yang tepat, penggunaan warna yang sangat minimal bisa menciptakan pengaruh yang justru tidak kalah kuat bila dibandingkan dengan desain full color.

cover proposal hitam putih

10. Penggunaan fancy paper metalik untuk cover proposal Anda adalah pilihan yang tepat jika Anda memiliki target market kalangan atas (high end market). Dengan tipe bahan seperti ini, cover hanya butuh sentuhan yang sangat minimal berupa foil logo perusahaan Anda & sudah bisa tampak luar biasa.

Contoh cover proposal Fancy paper

11. Cover proposal juga dapat berbentuk seperti amplop. Mungkin modelnya dapat terbilang biasa, tetapi jika Anda perhatikan bahan yang dipakai untuk membuat amplop proposal inilah yang luar biasa. Tekstur kayu dengan foil tulisan dibagian depan membuat tampilannya sangat mewah sekaligus juga membumi. Apa kira-kira yang akan terlintas di pikiran pembaca Anda? Pastinya mereka akan berpikir bahwa perusahaan Anda tentu bukan perusahaan sembarangan.

Cover Proposal dalam bentuk Amplop

12. Dibawah ini adalah cover proposal yang berbentuk folder. Penggunaan fancy paper berwarna terang membuat cover proposal ini sangat eye catching dan dijamin pasti akan langsung menarik perhatian pembaca Anda.

Desain Cover Proposal Bentuk Folder

Artikel lain: 10 Contoh Kartu Nama Perusahaan Terkreatif dan Terunik