Saat menghadiri event networking, tentu Anda mendapatkan banyak sekali kontak (kartu nama) dari berbagai orang yang hadir dalam acara tersebut. Anda telah berhasil membangun percakapan yang tak bisa lagi dihitung jumlahnya dan kini waktu yang tepat untuk Anda melakukan follow up. Melakukan follow up kontak networking akan membantu Anda terhubung kembali dengan orang-orang penting yang Anda temui. Bingung bagaimana caranya? Simak informasi berikut!

1. Re-connect dengan surat

Mengingat kecanggihan teknologi saat ini, mendapatkan surat tulisan tangan bisa jadi hal yang mengejutkan namun tetap menyenangkan. Apabila Anda menuliskan surat tulisan tangan terhadap seseorang yang Anda temui di acara networking beberapa waktu lalu, hal itu akan menunjukkan ketulusan Anda. Membeli surat, menulis note, menemukan alamat pengiriman, membeli perangko, hingga berangkat menuju mailbox merupakan rangkaian kegiatan yang tidak biasa.

Apalagi kini facebook messenger atau e-mail sudah sangat sering dan lebih mudah untuk digunakan. Namun, cara ini akan membuat Anda tampak berbeda. Orang yang Anda kirimi surat juga akan melihat kesungguhan Anda dalam melakukan follow up dan kesempatan Anda untuk diingat dengan baik akan menjadi lebih besar. Itulah mengapa cara follow up satu ini merupakan salah satu cara paling ampuh membuka peluang dan membuat Anda memorable.

2. Kirimkan undangan

Jika Anda memiliki rencana mengikuti sebuah event yang menarik, Anda bisa melakukan follow up kontak dengan mengirimkan undangan event tersebut. Melalui cara ini, Anda telah memberikan nilai kepada orang tersebut dan membuka pintu untuk melanjutkan ataupun melakukan percakapan lebih banyak. Apabila Anda merupakan tipe orang yang suka dan sering menghadiri event, cara ini bisa menjadi pilihan yang paling mudah Anda lakukan dan memberikan hasil yang memuaskan.

3. Cobalah matchmaking

Menghubungkan dua orang via e-mail merupakan strategi sederhana namun juga sangat berguna. Hal ini dapat memberikan nilai kepada kedua belah pihak yang Anda hubungkan, dan keberadaan Anda sebagai penghubung akan sangat berarti. Dengan kata lain, Anda tak hanya membantu diri Anda sendiri, namun Anda juga menciptakan kesempatan bagi orang lain. Sebagai hasilnya, kemungkinan kedua belah pihak tersebut membantu Anda ke depannya akan lebih besar.

Baca Juga : Kartu Nama Memudahkan Segalanya

4. Berikan komen terhadap konten

Apabila Anda familiar dengan content creation, pasti Anda sangat mengerti perasaan senang ketika menerima pemikiran atau pandangan tulus seseorang terhadap pekerjaan yang sudah Anda lakukan. Komen semacam ini merupakan hal yang bisa dibilang sangat jarang ditemui, sehingga membuat keberadaannya jadi lebih berarti.

Karena itulah, Anda wajib meluangkan waktu untuk mencari sejumlah karya atau tulisan orang-orang penting yang Anda temui dalam event networking untuk melakukan follow up. Setelah membaca karya atau tulisan tersebut dengan saksama, kirimkanlah mereka e-mail yang isinya feedback positif dari Anda. Untuk memastikah bahwa percakapan yang berusaha Anda bangun berhasil, tutuplah e-mail Anda dengan mengutarakan pertanyaan perihal karya tersebut.

Jangan biarkan kartu nama yang Anda terima pada event networking beberapa waktu lalu terbuang percuma. Selalu ambil kesempatan dan peluang yang ada dengan follow up kontak tersebut dengan cara diatas. Good luck!