Sebagai seorang desainer web, bagaimana cara Anda mendapatkan banyak klien? Tentunya kepercayaan. Azas kepercayaan ini diperlukan hampir di segala bentuk hubungan, termasuk hubungan dengan klien. Klien yang percaya akan kemampuan Anda dalam mendesain pasti akan kembali lagi pada Anda ketika ia memerlukan jasa desain lagi kelak. Mendapatkan kepercayaan dari klien bisa dilakukan melalui desain yang Anda berikan. Oleh sebab itu, penting untuk membuat desain yang terbaik. Bukan hanya bagus dari segi tampilan, tapi ada banyak komponen dari desain yang bisa Anda pakai untuk membangun kepercayaan dari pelanggan. Begini 4 caranya membangun kepercayaan dan menjalin hubungan dari klien melalui desain.

1. Gambar

Gambar mampu menyampaikan konten visual lebih baik dari kata-kata. Faktanya, satu gambar dapat mewakili 1000 kata. Hanya dengan melihat gambar, orang bisa langsung paham tanpa harus membaca banyak kata. Oleh sebab itu, pemilihan gambar harus betul-betul diperhatikan. Untuk membangun kepercayaan pelanggan, ada beberapa kriteria yang harus Anda perhatikan ketika memilih gambar. Orang lebih suka melihat wajah dan penampilan fisik orang lain sehingga gambar dengan model talent di dalamnya adalah pilihan tepat. Pilih gambar yang merepresentasikan desain Anda dan juga jangan lupa menyertakan gambar produk yang Anda highlight. Jangan terlalu kompleks, yang simpel saja asal mudah dimengerti.

2. Teks dan Bahasa 

Desain tak hanya seputar grafik dan objek gambar, tapi pemakaian bahasa dan ejaan juga harus diperhatikan. Apalagi jika bahasa yang Anda gunakan bukan dari Bahasa Ibu, pastikan tata bahasanya benar dan tidak ada penulisan ejaan yang salah. Selain untuk menunjukkan profesionalitas Anda, hal ini juga akan membangun kepercayaan pelanggan. Pastikan teks Anda tidak menjiplak milik orang lain, tidak ada typo, serta informasi yang asal-asalan. Anda juga bisa menyertakan informasi kontak seperti alamat email, alamat fisik, dan nomor telepon untuk menunjukkan bahwa desain Anda murni dibuat oleh seseorang.

3. Warna 

Pembuatan desain untuk web juga harus memperhatikan pemilihan warna. Anda tidak bisa memainkan warna sesuka hati karena hal itu juga harus disesuaikan dengan konsep yang diminta oleh klien Anda. Masing-masing warna memiliki makna masing-masing, terutama untuk keperluan marketing. Warna memainkan peranan penting untuk menarik pengunjung website, oleh sebab itu Anda harus memberi perhatian khusus pada pemilihan warna. Biru adalah warna yang sering digunakan oleh pelaku bisnis online karena warna ini sendiri melambangkan kepercayaan. Baik pria maupun wanita, pada umumnya menyukai warna biru.

4. Testimoni

 

Testimoni selalu menjadi cara yang baik untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Pasang di situs atau blog Anda tentang testimoni para klien yang telah bekerja sama dengan Anda. Atau jika Anda seorang freelancer yang tergabung dalam platform situs tertentu, cantumkan testimoni di situ. Tentu saja untuk mendapatkan testimoni yang positif, Anda harus benar-benar memberikan produk yang memuaskan. Dengan melihat testimoni Anda, klien baru tentunya yakin dan percaya kalau Anda adalah orang yang tepat untuk memenuhi kebutuhan mereka melalui desain Anda.

Jadi, sudahkah Anda memperhatikan hal-hal di atas ketika membuat desain? Hal-hal di atas sangat perlu Anda cermati untuk membangun kepercayaan dari pelanggan melalui desain. Semakin Anda profesional membuat desain, maka semakin mudah untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan dan dengan menjalin hubungan yang baik dengan klien juga membuka kesempatan kerja sama yang lebih besar.