Saat ini, tidak hanya produk yang memiliki daya jual bagi para konsumen, tetapi juga packaging atau kemasan. Beberapa orang bahkan membeli sebuah produk hanya karena packaging-nya. Anda pun pasti pernah punya pengalaman seperti itu, bukan? Ketika Anda melihat dua produk yang sama namun salah satunya memiliki kemasan yang lebih baik, pastinya produk dengan kemasan yang oke jadi pilihan Anda. Apa lagi ketika harganya tidak jauh berbeda. Terdengar susah? Tidak juga, karena empat langkah berikut ini akan membantu Anda menciptakan packaging yang efektif.

1. Harus fungsional

packaging_yang_efektif

Packaging yang baik tak hanya menarik perhatian, tetapi juga fungsional alias benar-benar cocok dengan produk Anda. Misalnya, produk Anda adalah parfum berbau bunga yang feminin, namun packaging yang digunakan justru terkesan maskulin dan terlalu kaku. Alhasil, kesan yang diberikan pun berbeda dan membuat orang yang suka bunga dan feminin jadi tak membelinya.

Fungsional juga berarti tidak menyusahkan para calon pembeli saat dibawa. Apa lagi ketika produk Anda berukuran kecil. Beberapa orang justru merasa tertipu ketika Anda menggunakan packaging yang berukuran terlalu besar untuk produk Anda. Pastinya Anda tak mau ini terjadi, bukan?

2. Informasi dalam packaging

packaging_yang_efektif

Selain fungsional, packaging produk Anda juga harus memiliki informasi yang memadai bagi para calon pembeli untuk mengetahui apa yang ada di dalamnya. Jangan sekadar cantik atau keren, informasi pun harus jelas dan bisa dipahami. Jangan menggunakan font atau jenis tulisan yang susah terbaca. Anda juga sebaiknya tak menggunakan kombinasi warna yang mematikan tulisan seperti background putih dengan warna pink pastel karena pasti akan susah dibaca.

3. Gunakan desain dan ilustrasi yang pas di product box

Product box yang menarik tak hanya dari bentuknya yang unik. Beberapa jenis yang simpel pun bisa tetap menarik perhatian selama Anda tak menggunakannya secara biasa saja. Beberapa perusahaan tetap memiliki packaging yang sederhana, namun dikombinasikan dengan ilustrasi dan desain yang menarik. Hal ini membuat product box bisa tampak indah dan setidaknya membuat orang menoleh ke produk Anda. Bagi Anda yang merasa tak bisa membuat desain atau ilustrasi menarik untuk product box, sebaiknya gunakan jasa desain atau mencari inspirasi dari website seperti Pinterest atau Instagram untuk membantu menciptakan packaging yang efektif.

Baca Juga : Alasan Kenapa Harus Cetak Kemasan di Uprint.id

4. Kualitas cetak dan material juga harus baik

packaging_yang_efektif

Tak hanya tiga hal di atas, kualitas cetak dan material dari packaging juga perlu diperhatikan. Pasalnya, ketika material kurang baik, maka bisa jadi terjadi malfungsi packaging. Misalnya, produk terlalu berat sehingga packaging jebol dan justru merusak isinya. Atau, packaging terlalu berat padahal produk sangat ringan sehingga bisa menipu para calon pembeli.

Selain material, kualitas cetak juga harus diperhatikan karena ketika warna meleset sedikit saja, hal tersebut bisa mengubah wajah produk Anda. Karena itu, Anda harus benar-benar menjaga kualitas packaging produk Anda sejak proses awal pembuatan desain hingga hasil jadinya.

Umumnya, konsumen akan menilai packaging sebuah produk sebelum melakukan pembelian, terlebih jika produk Anda masih relatif baru di pasaran. Karenanya, terapkan keempat tips di atas untuk menciptakan packaging yang tak hanya menarik, tapi juga fungsional dan tentunya packaging yang efektif.