Saat menjalin hubungan dengan seseorang, umumnya Anda berharap bahwa orang tersebut akan menjadi pasangan Anda hingga akhir hayat nanti. Namun, menjalin hubungan yang awet tidaklah semudah kelihatannya. Kabar baiknya, hal tersebut tidaklah mustahil diwujudkan selama Anda dan pasangan sama-sama memiliki komitmen dan berusaha sebaik mungkin. Beberapa tips berikut ini juga layak Anda coba demi mempertahankan hubungan yang awet dengan pasangan.

1. Komunikasi adalah Kunci

mempertahankan_hubungan_03

Tidak hanya berlaku pada pasangan yang sedang menjalani hubungan jarak jauh, komunikasi merupakan kunci penting dalam keharmonisan seluruh pasangan. Komunikasi yang lancar dan efektif dapat meminimalisir terjadinya konflik dan pertengkaran. Usahakan untuk berkomunikasi dengan pasangan Anda setiap hari walaupun itu hanya 1-2 menit. Manfaatkan waktu istirahat makan siang di kantor untuk menghubungi pasangan Anda.

Namun, perlu diingat pula bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik. Jangan pula terus-terusan menghubungi pasangan setiap waktu. Bukannya merasa diperhatikan, bisa-bisa pasangan Anda merasa terganggu dan terkekang. Untuk menghindari hal-hal semacam ini, coba diskusikan metode komunikasi seperti apa yang sekiranya paling efektif diterapkan dalam hubungan Anda dan pasangan.

2. Jangan Bandingkan Pasangan dengan Orang Lain

mempertahankan_hubungan_01

Di era media sosial seperti sekarang, di mana orang-orang mudah share tentang kehidupan pribadi, perasaan iri bisa lebih mudah merasuki diri. Jika hal ini telah terjadi, tanpa sadar Anda akan membanding-bandingkan hubungan Anda dan pasangan dengan hubungan orang lain.

Ya, rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau. Namun, Anda tidak pernah tahu hal-hal apa saja yang telah dialami pasangan tertentu, bukan? Karenanya, fokuslah saja untuk terus menjalani hubungan sebaik mungkin dengan pasangan. Hidup bukanlah kompetisi, jadi tidak ada yang perlu dibanding-bandingkan.

3. Saling Memberi Kejutan Menyenangkan

mempertahankan_hubungan_04

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam menjalin hubungan dengan seseorang, perasaan bosan pasti akan datang menghampiri, terutama jika hubungan tersebut telah berusia cukup lama. Jika tidak dihadapi dengan benar, perasaan bosan ini bisa menjadi penyebab terjadinya hal-hal yang mengancam keharmonisan hubungan Anda.

Untuk itu, coba berikan kejutan-kejutan kepada pasangan untuk menciptakan sparks di dalam hubungan. Bentuk kejutannya tidak harus yang mewah atau mahal. Sebagai contoh, Anda bisa memasak makanan favorit pasangan karena ia berhasil mencapai target di kantor atau membelikan suatu barang yang selama ini diidamkannya.

4. Abadikan Momen Berdua Sesering Mungkin

Sudah berapa lama Anda menjalin hubungan dengan pasangan? Tentunya ada banyak momen berkesan dan berharga yang telah dilalui bersama. Nah, pastikan Anda selalu sedia kamera agar bisa mengabadikan momen-momen tersebut, misalnya seperti hari ulang tahun, anniversary, atau liburan bersama.

Dari sekian banyak foto yang diambil, pilih beberapa untuk dijadikan photo book. Di kemudian hari, Anda bisa melihat foto-foto di dalam photo book untuk mengingatkan kembali tentang momen-momen spesial yang telah Anda lalui bersama pasangan. Hal ini dapat menjaga perasaan cinta terhadap pasangan agar terus menyala.

Sebagian besar pasangan pasti ingin memiliki dan mempertahankan hubungan yang awet, tetapi tidak semua berhasil mewujudkannya. Namun, tidak perlu khawatir karena keempat tips di atas akan membantu Anda untuk mempertahankan hubungan dengan pasangan. Semoga Anda dan pasangan bisa terus menghabiskan waktu bersama, ya!