Banyak hal yang bisa Anda lakukan dalam melakukan promosi. Apa lagi di zaman sekarang media sosial jadi wadah promosi yang cukup menjanjikan. Namun, tak melulu harus media sosial, promosi melalui cara lama atau offline juga masih bisa diandalkan. Salah satunya adalah penggunaan stiker. Penggunaan stiker yang sudah dimulai sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu untuk beberapa alasan hingga kini masih bisa digunakan. Tidak percaya? Berikut informasi lengkap stiker masih efektif sebagai media promosi !
1. Stiker tak hanya hiasan
Saat ini, stiker tak hanya digunakan sebagai hiasan belaka. Manfaat stiker semakin berkembang seiring dengan kebutuhan pemakainya. Stiker dapat dimanfaatkan dengan menempelkannya di banyak media seperti pintu rumah, bemper mobil, hingga botol minum. Apa lagi jika banyak pelanggan Anda yang masih duduk dibangu sekolahan, promosi melalui stiker masih sangat bisa diandalkan.
2. Sebagai media sosial klasik
Jauh sebelum penggunaan internet yang masif seperti sekarang, stiker telah digunakan sebagai media sosial klasik yang dapat dimanfaatkan dengan baik. Stiker digunakan tidak hanya sebagai hiasan, namun juga dalam hal berkomunikasi. Di zaman dulu, stiker bahkan dapat membantu perusahaan menekan biaya iklan ataupun promosi mengingat stiker dapat dibeli dengan jumlah banyak dan harga yang murah.
3. Kekuatan word of mouth
Jika Anda berpikir bahwa promosi yang dilakukan secara offline tidaklah seefektif pemasaran yang dilakukan secara online, sepertinya Anda harus berpikir ulang. Faktanya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa 90% orang lebih percaya pada perkataan dari mulut atau rekomendasi dari orang lain. Sebanyak 90% word of mouth dari suatu brand juga dilakukan secara offline, bukan online. Jadi, peran stiker sebagai media promosi offline masih dapat digunakan dan cukup efektif, kan?
4. Bisa dijadikan hadiah biasa yang meningkatkan engagement
Stiker memang tidak akan serta merta memengaruhi pikiran pelanggan potensial Anda untuk menggunakan barang atau jasa yang Anda tawarkan. Namun, paling tidak awareness terhadap brand Anda akan terbangun dan engagement juga akan semakin meningkat. Hal ini karena Stiker hadiah seperti ini biasanya tidak akan langsung dibuang. Bisa jadi disimpan bahkan digunakan oleh si penerima. Di sini lah Anda akan mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan engagement.
5. Mudah diterapkan
Penggunaan stiker tentunya tidak Anda berikan dengan cuma-cuma. Di sana ada kegiatan promosi yang mungkin si penerima tidak sadari. Dibandingkan dengan media promosi yang lain, stiker merupakan media promosi yang terbilang sangat efektif soal biayanya. Anda bisa melakukan promosi atau iklan melalui stiker yang dapat dengan mudah dan murah dibeli. Menarik, bukan?
Meski mungkin terkesan “jadul” apabila dibandingkan dengan media sosial, stiker sebetulnya masih dapat menjadi media promosi yang relevan hingga sekarang. Terlebih kini Anda bisa dengan mudah melakukan custom stiker sesuai dengan kebutuhan brand. Jika masih bisa dimanfaatkan, kenapa diabaikan?